Cowema Studio berhasil meraih juara pertama sebagai kategori "Finished Project Interior" dan membawa pulang berbagai reward seperti piagam, uang penghargaan sebesar Rp40.000.000, dan berbagai reward lainnya. Kemenangan yang penuh suka cita ini diumumkan pada akhir November 2023 lalu pada awarding night di Hotel The West In Jakarta Java Ballroom.





telah mencapai kali ketiga penyelenggaraannya, daikin design award 2023 berusaha untuk membuka ruang bagi para pegiat arsitektur dan desain interior untuk berbagi visi yang sama, yaitu mementingkan kenyamanan bagi sebuah hunian dan tidak hanya terpaku pada aspek estetika. 




biro desain asal jakarta ini membuktikannya lewat desain rumah yang dibangun dengan kesan klasik dan elegan, namun tetap berkesinambungan dengan iklim tropis yang ada di indonesia.


terletak di kawasan kelapa gading, jakarta utara, rumah tersebut telah memiliki kesan yang kuat pada tampilan luarnya. dengan mengkombinasikan warna pada beberapa letak bangunan mulai dari dinding, jendela, pintu, hingga atap, menciptakan kesan dari sebuah hunian dengan tiga lantai yang elegan di tengah iklim tropis. 




bagian tata ruang dengan konsep tropical classic dimanifestasikan dengan desain yang elegance, clean, detail, dan classic. terdapat juga perpaduan yang sempurna antara penggunaan kayu pada ceiling, material brass sebagai aksen, dan pola khusus yang dibuat pada karpet.




menariknya, kesan klasik yang dihadirkan dalam nuansa desain rumah ini terdapat pada tatanan void yang membuat cahaya masuk secara alami, sehingga menonjolkan nuansa sebuah hunian tropis. 


lebih dari sekedar pemilihan furnitur dan elemen yang dekoratif, keseluruhan ruang tak lepas dari pemilihan warna, sirkulasi vertikal, penggunaan tangga putar, hingga panel profil. 




"memperkuatnya sebagai sebuah rumah yang tak hanya menciptakan ruang yang estetis, namun juga memperhatikan keberlanjutan dan keseimbangan dengan alam tropis," ujar welly kusumo, principal architect dari cowema studio yang menjadi mastermind di balik penataan interior rumah ini.


biro desain yang berlokasi di sekitar kebon jeruk, jakarta barat ini berkomitmen untuk mengembangkan karya arsitektur dengan tata interior tropis. komitmen ini diwujudkan dengan penyelarasan harmonis antara gaya modern dan klasik dengan memanfaatkan kekayaan material lokal pada tiap karyanya, sehingga rumah dengan tiga lantai ini pun menjadi salah satu bukti komitmen mereka.






untuk membuat setiap desain dapat menceritakan kehangatan tropis dan keindahan desain residensial yang tak lekang waktu tentunya terdapat berbagai tantangan, salah satunya pada sistem udara yang harus digunakan agar tidak mengganggu desain interiornya.


sebagai sebuah unit dengan sistem indoor dan outdoor, tentunya perhatian akan hal ini harus secara menyeluruh dilakukan. hal ini pun yang membuat mereka memutuskan untuk menggunakan gabungan dari dua sistem solusi tata udara dari daikin, yakni vrv home series dan multi nx.




terdapat perpaduan antara keunikan dan kesederhanaan, keduanya memiliki keunggulan sebagai sistem penyejuk ruang yang hanya memerlukan satu unit outdoor untuk dapat tergabung dengan beberapa unit indoor lainnya.


penggunaan yang multifungsi ini tentunya memberi keuntungan pada pemanfaatan ruang pada luar rumah yang lebih kecil, sehingga penataannya dapat diatur secara apik. dengan rancangan penataan yang tepat, keindahan dan kerapian ruang pun menjadi sorotan utama dalam hal ini.




mengoptimalkan keunggulan ini, biro desain ini menerapkan ac box trox yang tampilannya menyerupai garis hitam dan sistem ac yang berada di dalam ceiling serta dapat dikoneksikan dengan supply dan return. nuansa ruang pun terasa lebih elegan dengan ditambahkannya aksen pewarnaan pada ventilasi ac.


untuk memanfaatkan keunggulan ac daikin vrv home series, cowema studio pun mencoba untuk menggabungkannya dengan elemen dekoratif pada ruang. terdapat sistem duct yang bersembunyi di antara panel kayu di langit-langit, membuat ruangan terasa lebih sejuk dan nyaman tanpa khawatir mendapat gangguan dari tata letak ac yang digunakan. 




sementara di bagian lain, gabungan antara boxtrox dan barisol lamp yang meningkatkan kesan elegan ruang dengan pencahayaan dengan kesan putih teduh. mereka dengan terampil memilah detail ruang untuk pemeliharaan sistem ac yang digunakan nantinya. ac daikin dengan pemipaan yang diletakkan pada bagian dalam langit-langit pun terkamuflase sempurna dalam bentuk sebuah kabinet pada ruang.


menciptakan sebuah harmonisasi antara keindahan, kenyamanan, hingga kesehatan pengguna merupakan dedikasi dari karya biro desain ini. melalui sirkulasi tata udara yang baik ini lah, membuat mereka berhasil memperoleh penghargaan tersebut. 




"apresiasi pada karya ini menjadi penyemangat bagi kami untuk terus berinovasi dan mengembangkan arsitektur dan interior tropis. memperkuat posisi cowema studio sebagai pemain utama dalam industri ini," tambah welly.




Teks oleh Nisrina Zahrani