Indonesia menjadi ciri khas dari karya Rons Studio seorang konsultan arsitek yang dibangun oleh Ronald Suhartono lulusan Universitas Petra Surabaya.

Memulai perjalanan karir melalui Rons Studio sejak Maret 2023 yang berhasil dikenal dengan kekuatan karakter pada karya yang dirancangnya.

Pada tahun ini Rons Studio mengikuti Daikin Proshop Designer Award, sebuah kompetisi ajang tahunan yang menampilkan karya dengan kesatuan penataan interior yang memberikan kenyamanan pada ruang hunian.


Tahun ini DAIKIN berkolaborasi dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta dan Jawa Barat serta Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta, mengusung tema RE:IMAGINE.

Dengan konsep dan daya tarik yang unik, Rons Studio berhasil meraih kemenangan pertama dengan karya Kanade By The Zora dalam kategori Konseptual Residential, membawa reward piagam dan uang perhargaan sebesar Rp30.000.000.00. Kemenangannya ini diumumkan pada akhir bulan November lalu di Awarding Night di Hottel The West In Jakarta Java Ballroom.




1. Melahirkan konsep klasik dan modern


Dalam rancangan karya arsitektur konteksnya, Rons Studio memadukan konsep klasik dan modern dengan mengeksplorasi warna dan penggunaan aksesori karya tangan lokal yang digunakan agar memberikan kesan tradisional elegan pada setiap ruang.




2. Memperhatikan Penataan Interior 


Tidak hanya memperhatikan penataan interior, Rons Studio tidak melupakan penataan pengudaraan untuk menambah kenyamanan hunian pada karyanya ini.

Memperhatikan luas bidang bangunan tiga lantai seluas 358 meter persegi dengan luas tanah 200 meter persegi, Rons Studio memilih menggunakan sistem ventilasi VAM yang dapat memberikan kesejukan dengan mendorong udara bersih ke dalam ruangan dan membuah udara kotor di dalam ruangan. Penataan udara pada karya ini menerapkan penggunaan AC Daikin VRV Home Series.




Pada area dapur dengan penggunaan Kitchen cassette pada bagian langit-lagit, selain memberikan kesan nyaman dan indah. AC series ini juga memiliki fitur yang dapat menyaring udara kotor dan lemak minyak di udara ketika proses memasak.






Memperhatikan desain pada setiap penataannya, VRV Home Series memiliki sistem kerja hanya dengan satu unit outdoor yang dapat terhubung dengan beberapa unit indoor. Ini mengurangi kebutuhan ruang untuk meletakkan Outdoor dan memberikan nilai estetikan tambahan pada interior ruangan.






outdoor vrv home series diletakkan pada area daag atap bagian belakang, agar tidak mengganggu tampilan fasad pada bangunan.


3. sistem reiri smart home


mengiringi bangunan klasik yang modern ini, rons studio menggunakan sistem reiri smart home pada ac daikin vrv home series yang digunakannya, fitur dari sebuah aplikasi khusus yang dapat memastikan penghuni memiliki kendali pada setiap perangkat rumah, termasuk ac yang terhubung di rumah.




Sumber Foto: Rons Sudio 
Teks oleh: Asnaura