Kaktus mini termasuk sukulen berukuran kecil yang terkenal mudah dirawat dan memiliki tampilan yang mencolok, cocok untuk mempercantik dan menambah sentuhan alami di sudut dalam rumah Anda. Kaktus mini umumnya dapat tumbuh sekitar 3 hingga 10 sentimeter. Sama seperti jenis kaktus besar, kaktus mini juga mampu beradaptasi dengan baik di lingkungan kering dengan sedikit air. 

Jika Anda tertarik untuk memiliki tanaman mini berduri ini di rumah, berikut ini CASA sudah merangkum cara menanam kaktus mini yang bisa menjadi aksen dekoratif menarik di dalam rumah Anda!


Cara Menanam Kaktus Mini


1. Memilih Jenis Kaktus Mini yang Tepat


Scott Webb/Pexels


Anda dapat membeli bibit atau benih kaktus mini, lalu mulai menanam dan merawatnya di dalam pot. Tetapi biasanya, Anda dapat membeli kaktus mini yang sudah tumbuh sekitar 5 sampai 7 sentimeter. Kemudian, Anda hanya tinggal perlu memindahkannya ke dalam pot hias yang lebih dekoratif. 

Ada banyak jenis kaktus mini yang bisa Anda pilih. Ini termasuk Echinocactus Grusonii, Echinofossulocactus, Haworthia Attenuata, Cephalocereus Senilis, Melocactus Azureus, Opuntia Microdasys, dan Gymnocalycium. Beberapa jenis kaktus mini tersebut memiliki hanya duri yang padat, sementara jenis kaktus mini lainnya memiliki bunga yang indah dan berwarna-warni.


2. Memilih Pot untuk Kaktus Mini


Polina Silivanova/Unsplash


Meskipun tanaman kaktus dapat tumbuh dengan baik di kondisi yang ekstrem, tetapi Anda tetap perlu memastikan lingkungan hidup yang baik dan ideal untuk kaktus. Salah satunya yaitu dengan memilih pot yang tepat untuk kaktus mini. Pilihlah pot yang sedikit lebih besar dari akar kaktus—tetapi, jangan terlalu besar—sehingga kaktus dapat tumbuh subur dengan baik. 

Selain itu, pastikan pot memiliki minimal 1 lubang drainase untuk mencegah terjadinya genangan air, yang dapat menyebabkan pembusukan akar dan kaktus mati. 


3. Penanaman


Sven Brandsma/Unsplash


Jika Anda memilih untuk menanam kaktus mini dari bibit atau benih, Anda perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan untuk penanaman. 


Alat & Bahan: 


Bibit kaktus mini 

Pot untuk menanam kaktus mini, bisa yang terbuat dari plastik atau terakota. 

Kompos yang tidak dikeringkan (free-draining compost) atau kompos kaktus

Vermikulit

Sendok dan pinset

Kerikil


Cara menanam kaktus mini:


1. Siapkan pot dan isi dengan tanah dan kompos kaktus sampai hampir memenuhi pot. Ratakan bagian permukaannya dengan cara menekan-nekannya secara perlahan menggunakan sendok. 

2. Taburkan bibit kaktus di atas permukaannya. 

3. Taburkan vermikulit di atasnya sampai memenuhi seluruh permukaan kompos. Tutupi dengan plastik bening untuk menjaga kelembapan tanah, dan letakkan di tempat yang hangat dan terkena sinar matahari yang cukup, di dekat jendela, misalnya. 

4. Buka plastik bening penutupnya saat Anda ingin menyirami bibit kaktus. Pastikan Anda menyiram bibit kaktus secara teratur untuk menjaganya tetap lembap. 



5. Dalam beberapa minggu, bibit kaktus akan mulai tumbuh. 

6. Setelah terlihat sudah tumbuh, Anda bisa memindahkan tanaman kaktus mini ke dalam pot yang sedikit lebih besar dan memiliki lubang drainase yang baik. 

7. Gunakan sendok dan pinset untuk memindahkan kaktus ke pot lain yang sudah diisi dengan kompos berpasir. Pindahkan dan letakkan kaktus mini dengan hati-hati. 

8. Tambahkan dan susun kerikil di sekeliling kaktus.

9. Simpan di tempat yang terkena sinar matahari dan siram secara teratur. 


Sementara itu, Jika Anda memilih untuk menanam kaktus mini dari bibit kaktus yang sudah tumbuh. Anda hanya perlu memindahkannya ke pot lain. 

Cara menanam kaktus mini dari bibit kaktus yang sudah tumbuh, yakni cukup memindahkan tanaman kaktus mini ke dalam pot yang sedikit lebih besar dan memiliki lubang drainase yang baik. Gunakan sendok dan pinset untuk memindahkan kaktus ke pot lain yang sudah diisi dengan tanah dan kompos berpasir. Pindahkan dan letakkan kaktus mini dengan hati-hati. Tambahkan dan susun kerikil di sekeliling kaktus. Simpan di tempat yang terkena sinar matahari dan sirami secara teratur, sekitar dua sampai tiga minggu sekali. 


Cara Merawat Kaktus Mini


1. Pencahayaan


Milada Vigerova/Unsplash


Karena termasuk tanaman gurun, tanaman kaktus mini dapat tumbuh subur di tempat yang banyak mendapatkan sinar matahari. Tanaman ini membutuhkan setidaknya empat sampai enam jam sinar matahari yang terang setiap harinya. Anda bisa meletakkan pot tanaman ini di dekat jendela yang mendapatkan banyak sinar matahari atau gunakan lampu pertumbuhan tanaman. 


2. Penyiraman


Kaktus tidak dapat tumbuh di tanah yang terlalu lembap apalagi hingga menggenang, karena bisa menyebabkan busuk akar dan kaktus mati. Sebaliknya, kurangnya penyiraman juga bisa membuat kaktus tampak layu, menguning, dan perlahan mati. Maka dari itu, tanaman kaktus tetap membutuhkan penyiraman secara teratur dan tidak berlebihan atau kekurangan agar dapat tumbuh subur. Kebanyakan kaktus hanya perlu disiram setiap dua hingga tiga minggu sekali, biarkan tanah mengering sepenuhnya di antara penyiraman. 


3. Pemupukan


Lisa Simenz Vera/Unsplash


Sama seperti tanaman hias lainnya, tanaman kaktus juga membutuhkan pemupukkan secara rutin. Gunakan pupuk kaktus encer yang dilarutkan dalam air. Beri pupuk setiap 60-90 hari sekali. 


4. Suhu dan Kelembapan


Kaktus mini lebih menyukai suhu antara 21-29 derajat celcius pada siang hari dan sedikit lebih dingin pada malam hari. Seperti yang diketahui, tanaman kaktus dapat tumbuh subur dalam kondisi kering, jadi hindari menempatkan tanaman kaktus di tempat dengan kelembapan tinggi. Sirkulasi udara yang baik juga dapat bermanfaat untuk pertumbuhan kaktus. 


Kaktus terkenal sebagai tanaman hias yang sangat tangguh, dan masalah paling umum yang sering dialami kaktus adalah infeksi bakteri atau jamur akibat penyiraman yang berlebihan. Namun, beberapa hama juga dapat mengganggu pertumbuhan kaktus, yang paling umum adalah kutu putih. Hama ini dapat dibasmi dengan pestisida atau dengan menggunakan campuran air dan sabun pembersih cuci piring. Setelah disemprot, sikat kaktus secara perlahan sampai bintik-bintik putih menghilang. 


Itulah semua yang perlu Anda ketahui tentang cara menanam kaktus mini, sekaligus cara merawat kaktus mini. Menanam kaktus ini di dalam pot yang diletakkan di dalam rumah dapat menambah sentuhan alami dan menjadi aksen dekoratif yang menarik. Dengan penanaman dan perawatan yang tepat, kaktus mini dapat tumbuh subur di dalam rumah Anda.