Arsitek Trewhela Williams telah merancang desain rumah minimalis di Elizabeth Mews, London. Berbeda dari yang lainnya, bangunan ini mengubah garasi yang kurang bermanfaat dan terisolasi menjadi ruangan yang dapat difungsikan.


Lokasi rumah yang berada di dekat taman konservasi Belsize memiliki ciri arsitektur khas Victoria dan Edwardian, terkhusus bangunan yang menghadap ke jalan. Dari gaya arsitektur tersebut perancang mengubah pintu garasi yang sudah tua menjadi bersirip kayu ek.







Tampilan rumah yang lebih terbuka dengan bagian pintu yang menghadap ke jalan. Desain baru ini memungkinkan cahaya alami masuk ke dalam interior rumah. Ciri khas rancangan ini ketika orang berjalan di depan rumah akan melihat sirip kayu ek yang seolah berkibar.


Trewhela Williams mendapatkan inspirasi ini dari pahatan kayu berlapis milik artis Donald Judd dengan susunan bidang, volume, dan bentuk tepian. Bentuk kayu ek ini menunjukkan kesederhanaan pahatan dengan detail kaca tanpa bingkai. Penempatan kaca yang tepat di belakang sirip tengah kayu ek memiliki fungsi tersendiri.







Fungsi kaca pada bagian tengah sebagai jendela jika dimiringkan dan sebagai ventilasi untuk kenyamanan ruang tamu. Jendela tersebut juga dapat berputar ke dalam dengan tujuan agar kucing keluarga dapat masuk dan keluar dengan bebas.


Desain ini juga mengusung gaya mews dengan beberapa pembaharuan yang menambah daya tarik visual, meningkatkan keamanan, dan membuat halaman depan rumah lebih cerah. Tujuan proyek ini juga agar menginspirasi tetangga lain untuk mengubah garasi mereka agar tampilan dari jalanan lebih berbeda.








Desain interior rumah ini berfokus pada tata letak, cahaya alami yang masuk serta gaya minimalis dengan warna yang dipilih dengan cermat. Dapur memiliki warna dasar yang tepat untuk gaya ini, sepanjang sembilan meter persegi menunjukkan kedalaman dari properti. Bergaya minimalis interior dibuat lebih harmonis untuk menciptakan suasana yang tenang.


Pintu pivot dengan bingkai minimalis dibuat dari lantai hingga ke langit-langit rumah, untuk transisi antara interior dan halaman yang lebih mulus. Pintu ini difungsikan untuk menarik cahaya matahari ke belakang rumah agar membuat bagian dalam rumah lebih cerah.







Sumber foto: Lorenzo Zandri/archdaily.com
Penulis: Rafi Fadillah