IKEA kini sudah berusia 80 tahun sejak kehadirannya pada 26 Juli 1943 oleh pendirinya Ingvar Kamprad di Småland, Swedia. Keberadaan brand ini di tengah-tengah masyarakat dunia memberikan solusi untuk serangkaian perabot rumah tangga dengan memperhatikan desain demokratik.


Dari awal tahun 1995, IKEA menggunakan basis desain demokratik dalam setiap produk yang diproduksi. Kelima aspek yang termasuk dalam basis tersebut, bentuk yang menarik, fungsi yang baik, kualitas yang baik, namun dengan harga yang terjangkau dan terus menjaga keberlanjutan.




PR & Communication Manager IKEA Indonesia, Ririn Basuki menyampaikan perasaan senangnya dengan perayaan ke-80 tahun IKEA di dunia dan lebih dari 20 tahun di Indonesia yang sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.


Di Indonesia sendiri brand tersebut pertama kali hadir melalui IKEA Supply sejak 21 Agustus 1990. IKEA Supply bertujuan untuk menjalin kemitraan dengan mitra lokal yang memasok produk untuk brand kenamaan asal Swedia yang dimulai pada tahun 1992.




IKEA hadir pertama kali di Indonesia pada tahun 2014 yang berlokasi di Alam Sutera, Tangerang. Dengan membuka beberapa store selanjutnya di beberapa tempat seperti Sentul City, Jakarta Garden City, Kota Baru Parahyangan, Mall Taman Anggrek, Bali, Surabaya, dan di 19 gerai pick-up point yang tersebar di seluruh Indonesia.


Keberadaan IKEA di Indonesia memberikan dampak untuk mendorong pemberdayaan sumber daya dalam negeri, dengan terciptanya kesempatan kerja hingga pemanfaatan sumber daya alam berkelanjutan. Brand penyedia kebutuhan properti rumah tangga itu mendorong distribusi produk lokal dengan 460 toko yang tersebar di 62 negara di dunia, seperti produk rotan, anyaman, soft toys, matras, pecah belah dan lain-lain.




Komitmen IKEA melalui “Teras Indonesia” bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UMKM. Tujuan dari program ini adalah untuk mengangkat wirausahawan Indonesia agar dapat meningkatkan bisnis dan memberikan dampak yang berarti, serta melaksanakan kegiatan tanggung jawab sosial.


Nytillverkad menjadi koleksi dari IKEA yang paling ikonik, berasal dari desain ulang produk dengan gaya kontemporer serta tampilan dan corak yang lebih hidup dan ceria. Dalam penampilan Nytillverkad, akan terus diperbaharui sesuai dengan selera generasi masa kini dalam produk perabot, aksesori, dan tekstil.




Koleksi ‘Nytillverkad’ akan tersedia di semua toko IKEA di seluruh Indonesia dan secara online di ikea.co.id mulai tanggal 25 Juli 2023. Informasi lebih lanjut dari koleksi terbatas ini, dapat mengungjungi laman resmi IKEA Indonesia di www.ikea.co.id atau kanal resmi media sosia.


Pada kesempatan kali ini, brand asal Swedia itu berfokus pada penyimpanan barang di kamar tidur dan penyimpanan barang anak-anak. Berdasarkan kunjungan IKEA ke seluruh dunia, menemukan bahwa permasalahan yang dihadapi masyarakat adalah barang yang berserakan dan penataan ruang.




Duta Besar Swedia, Marina Berg mengungkapkan bahwa dalam ulang tahun IKEA ke-80 tahun ini, sebagai momen untuk memperkuat hubungan bilateral Swedia–Indonesia dalam cakupan bisnis untuk mempromosikan investasi dan ekspor Swedia ke Indonesia.


Sebagai merek yang terpercaya selama 80 tahun, IKEA menerapkan praktik bisnis yang etis, ramah lingkungan dan terpusat pada kebutuhan pelanggan melalui program garansi produk dan prinsip keberlanjutan. Bahkan, untuk produk METOD memiliki garansi sampai 25 tahun.




IKEA juga memiliki prinsip berkelanjutan, salah satu contohnya pada lampu bohlam LED, aneka kran air efisien, baterai yang dapat diisi ulang serta berbagai produk dengan tenaga surya. Namun, dalam perayaan ke 80 tahun ini merek industri ritel tersebut akan terus berinovasi, mengantisipasi tren masa depan, dan menguji cara kerja baru yang mencerminkan kebutuhan manusia dan beradaptasi sesuai dengan zamannya.


Sumber foto: AlaCASA
Teks oleh: Rafi Fadillah