Salah satu elemen menarik dalam sebuah interior yang dapat mempengaruhi kenyamanan hunian yakni aroma ruangan. Tak bisa dipungkiri bahwa aroma ruangan yang dihadirkan cukup memberikan impak terhadap suasana ruangan hingga suasana hati atau mood pemilik rumah.




Pada akhir bulan Februari 2024, CASATalk by CASA menyelenggarakan intimate event yang menghadirkan sebuah talkshow, di Casa Cuomo Ristorante & Lounge, Gunawarman. Bertajuk Aromas of Mindfulness: Enhancing Well-being through Home Fragrance, talkshow kali ini diisi oleh tiga pembicara expert dalam dunia desain.




Deretan pembicara memberikan insight design yang inspiring yaitu Cristina Rebollini selaku Export Manager Dr. Vranjes Firenze, Nabila Cahaya Wulandari sebagai Co-founder of Interra, Raisa Benaya Ranti, Managing Content of CASA, serta dibawakan oleh MC Ario Astungkoro.




Talkshow yang dikemas dengan casual ini, para pembicara memberikan tips dalam menciptakan lingkungan aroma terapi yang nyaman dan konsep integrasi yang harmonis dari aroma dalam sebuah desain interior.




casatalk mengundang interra sebagai perusahaan di bidang kontraktor interior yang berikan inspirasi dalam menyeimbangkan desain interior apik dengan kenyamanan. tak hanya itu, sebagai elemen pendukung hunian bernuansa comfortable living, casatalk turut mengundang dr. vranjes firenze sebagai produk pewangi rumah yang mendukung kenyamanan serta estetika dalam ruangan.




Acara yang diramaikan oleh para design enthusiast dan komunitas CASA atau CASA Friends ini ditutup dengan workshop menarik bertemakan Floral.

Ini dia tips CASA dalam menciptakan lingkungan bernuansa comfortable living dengan pemilihan aroma terapi yang menyelimuti kenyamanan sebuah hunian.

Integrasi aroma yang harmonis dalam sebuah desain interior

Pilihan aroma yang tepat dapat memberikan kesetaraan yang harmonis dalam desain interior rumah. Dalam segi interior, Nabila Cahaya menjelaskan bahwa pemilihan dekorasi, tata letak dan ruangan yang seimbang dapat menciptakan lingkungan yang nyaman dan menyenangkan dengan pemilihan wewangian yang harmonis.



Pentingnya ruang terbuka dan sirkulasi udara dalam rumah

Keefektivitasan aroma dipengaruhi oleh sirkulasi udara yang baik dalalm sebuah hunian. Sirkulasi udara yang berkualitas serta porsi ruang terbuka yang baik dapat meningkatkan efektivitas aroma yang dihadirkan. Keterhubungan antar-ruangan dengan area yang luas juga dapat berikan lingkungan yang sehat dan menyegarkan.

Ciptakan prinsip mindfulness melalui aroma

Pemilihan aroma ruangan yang harmonis dengan desain interior akan membawa hal-hal baik untuk pemilik rumah. Nabila Cahaya menambahkan bahwa aroma dapat dijadikan alat untuk mempraktikan mindfulness, meningkatkan kesadaran diri, menghadirkan momen kecil dalam keseharian, dan bring the memory.




Pengaruh mood terhadap pemilihan aroma dalam rumah

Sebagai elemen penting dalam sebuah desain interior, pilihan aroma juga dapat memengaruhi mood saat berada dalam hunian tersebut. Raisa Benaya selaku Managing Content of CASA, aroma dapat memengaruhi suasana hati atau mood seseorang. Oleh karena itu, penting menyesuaikan aroma dengan selera dan kebutuhan individual untuk menciptakan lingkungan yang sejahtera.




Menyeimbangkan tata letak furnitur untuk membentuk segitiga (The triangle rule)

Memastikan tata letak yang seimbang dengan mengelompokkan furnitur yang berbeda ukuran sehingga membentuk segitiga, juga berikan impak terhadap keefektifan sebuah aroma. Raisa Benaya menambahkan model triangle rule dapat diterapkan dalam rak, console table, dan pastinya dalam dekorasi furnitur.

Penempatan aroma diffuser pada sebuah rak pajangan, letakkan furnitur dalam pola zig-zag untuk memastikan keseimbangan tata letak secara keseluruhan. The triangle rule ini tak hanya untuk furnitur dekorasi kecil, melainkan berlaku juga untuk furnitur dekorasi dengan ukuran besar.




Pemilihan aroma yang sesuai dengan jenis ruangan

Sebelum menentukan pilihan pengharum ruangan yang akan digunakan, pastikan telah disesuaikan dengan jenis ruangan yang dimiliki. Dr. Vranjes Firenze menghadirkan berbagai jenis pewangi ruangan buatan Kota Florence, Italia, bekerja dengan 2000 pilihan essences dari kelas dunia.




Bentuk kemasan botol yang digunakan terinspirasi dari siluet Kubah Brunelleschi dan terbuat dari kaca Florentine. Interpretasi siluet Kubah Brunelleschi dalam pengharum ini membawa kesan Kota Florence di Italia dalam aromanya. Bentuknya yang khas dapat membuat interior berkesan unik. Cristina Rebollini selaku Export Manager Dr. Vranjes Firenze mengatakan bahan baku terbaik yang diambil dari alam, menjadikan produk ini berbeda dengan lainnya.






menentukan pilihan aroma menurut dr. vranjes firenze, yaitu perhatikan jenis ruangan yang akan diberi pewangi dengan memilih ukuran dan jumlah botol yang sesuai, mengetahui dimensi ruangan yang akan digunakan, dan mengidentifikasi essences yang tepat sesuai selera.






Jenis-jenis varian pewangi ruangan terbaik yang ditawarkan oleh Dr. Vranjes Firenze memiliki kandungan dan ciri khas tersendiri. Beberapa diantaranya yaitu Rosso Nobile, Ambra, Oud Nobile, Milano, dan Ginger Lime. Sebagian besar aroma terinspirasi dari alam voluptuous Florentine.

Pengharum ruangan Dr. Vranjes Firenze dapat ditemukan dalam Seibu Department Store di Mall Grand Indonesia, Jakarta dan Galeries Lafayette di Mall Pacific Place, Jakarta.




Lokakarya: Memadukan Jenis Bunga yang Harmonis Melalui Seni Merangkai Bunga

Di akhir acara, para design enthusiast dan CASA Friends berpeluang untuk mengikuti workshop menarik yaitu merangkai beberapa jenis bunga menjadi sebuah bucket yang dipandu langsung oleh Kitty Manu yang merupakan seorang Art & Crafter.




Uniknya lagi, bunga yang digunakan merupakan bunga asli yang membuat para tamu undangan semakin antusias mengikuti workshop tersebut. Kitty mengatakan tidak ada teknik khusus dalam merangkainya, hanya dengan sesuka hati.




setelah menjadi sebuah rangkaian bucket bunga yang cantik, para tamu dapat menyemprotkannya dengan aroma khas dari pewangi dr. vranjes firenze sesuai dengan seleranya. hasil karyanya pun dapat di bawa pulang oleh masing-masing tamu.




Selama acara berlangsung, para tamu undangan dapat menikmati makan siang dari Casa Cuomo Ristorante & Lounge dengan pilihan hidangan Zuppa Funghi Con Crostini, Pasta Papardelle Con Guanciale Alla Genovese Napoletana. Sebagai hidangan penutup menyajikan Tiramisu dan Iced Water serta Mocktail dari Dr. Vranjes Firenze.






Tak ketinggalan, acara ini juga didukung oleh dekorasi floral cantik dari Sai Florist yang memberikan kesan romantis dan hangat dalam ruangan. Sai Florist menawarkan beberapa jenis bucket bunga yang cocok dijadikan sebagai table decor menarik dan tidak biasa.




Selain mendapat inspirasi mengenai comfortable living dengan home fragrance serta melakukan rangkaian kegiatan acara lainnya, CASA memberikan bingkisan berupa goodie bag spesial dari produk Dr. Vranjes Firenze dan CASA by CASA Annual Printed Edition untuk dibawa sebagai buah tangan para tamu.






Sumber foto: Pandu / CASA
Teks oleh: Desvita Aulia R.