Pendiri perusahaan Hafele, Adolf Hafele dan Herman Funk mulanya mendirikan sebuah toko khusus untuk tukang kayu yang disebut “Produk untuk Industri Perangkat Keras dan Alat”. Toko kecil yang menjadi perusahaan global itu didirikan pada 1 Desember 1923 di Nagoid, Jerman.




Hafele berkembang menjadi perusahaan unggul di bidang manufaktur untuk rumah dan proyek di seluruh dunia. Perusahaan kenamaan asal Jerman itu merupakan salah satu produsen terkemuka di dunia untuk perlengkapan furnitur, arsitektural, peralatan rumah, dapur, dan sanitasi.




Hafele telah mengembangkan produk hingga ke 150 negara, termasuk Indonesia. Di Indonesia perusahaan manufaktur itu hadir pada tahun 1995, kini berpusat di Taman Tekno, BSD. Hafele Indonesia kini telah membuka cabang di 6 wilayah, yakni Bali, Jepara, Samarinda, Pekanbaru, Batam, dan Tangerang Selatan.




Di tahun 2023 menjadi peristiwa penting dalam sejarah Hafele karena tahun ini merupakan anniversary ke-100 tahun. Tonggak sejarah ini menjadi pencapaian besar bagi Hafele untuk menjadi andalan para konsumen dan partner di seluruh dunia, termasuk Indonesia.






Hafele terus melakukan inovasi dalam sejarah 100 tahun pertama agar dapat memaksimalkan produk untuk pelanggan. Perayaan 100 tahun ini Hafele mengusung tema berjudul Maximising The Value of Space, Together. Tujuan utama dari tema ini tak hanya bagaimana ruang dapat dimaksimalkan tetapi mengembangkan teknologi agar penggunanya mendapat kualitas hidup lebih baik, keamanan, dan kenyamanan.




Hafele terus berinovasi dengan passion untuk menciptakan perangkat arsitektural yang inovatif untuk mengubah rumah dan tempat kerja Anda menjadi tempat yang dapat menciptakan sesuatu, menjelajah, dan merasakan nilai dari sebuah ruangan. 


Sumber foto: Hafele
Penulis: Rafi Fadillah