Harper’s BAZAAR Indonesia kembali hadirkan kompetisi tahunannya yaitu ANFA 2023, sebuah ajang pencarian desainer muda bertalenta. ANFA (Asia Newgen Fashion Award) adalah ajang kompetisi yang digagas oleh Harper’s BAZAAR di kawasan Asia Tenggara (Thailand, Indonesia, Malaysia, dan Singapura), dengan tujuan untuk menemukan dan mewadahi desainer-desainer muda berbakat di negara masing-masing agar nantinya dapat menjadi desainer profesional dan diakui.




anfa telah melahirkan sejumlah nama besar di industri fashion indonesia sejak kehadirannya pada tahun 2013, seperti peggy hartanto, sheila agatha wijaya (sean & sheila), dan masih banyak lainnya hingga di tahun ini kembali mencetak desainer muda berbakat. 


“newgen fashion award biasanya memilih 10 finalis, tetapi kali ini juri mendapatkan 12 finalis karena standarnya terpenuhi.” - ria lirungan, editor-in-chief harper’s bazaar indonesia 



ria lirungan/editor-in-chief harper’s bazaar indonesia


melalui grand final, ada 12 finalis yang masing-masing memperagai lima looks busana dan dipajangkan melalui fashion show di lamoda, plaza indonesia pada selasa, 4 april 2023. 12 finalis ini telah melewati masa seleksi penjurian semifinal hingga penjurian final babak pertama, sebelum tampil di grand final






dengan tema sustainability  yang diangkat, setiap finalis membawakan rancangan koleksi yang berbeda, menyesuaikan dengan karakteristik masing-masing finalis. tahun ini anfa 2023 melahirkan tiga pemenang sebagai desainer muda berbakat, dua orang pemenang utama, yaitu daciadhia phoebehana dan geralda almira pribadi, serta satu pemenang pilihan plaza indonesia, maysa mojahed ali naji.





Sumber Foto: Harper’s BAZAAR Indonesia
Teks Oleh: Putri Rahma Safhira