Hunian pribadi yang digadang-gadang sebagai rumah termahal kedua di dunia setelah Istana Buckingham menurut Guinnes Book of World Records, berada di India. Raja bisnis Mumbai yang dianggap sebagai orang terkaya di India, Mukesh Ambani merupakan pemilik rumah mewah nan megah Antilia House.




Dibangun antara tahun 2006 dan 2010, rumah tersebut dilaporkan memakan biaya sebesar $1-2 miliar. Bangunan dengan luas 400.000 persegi ini terletak di salah satu perumahan dengan properti termahal di dunia yakni Altamount Road, Mumbai Selatan. Berikut beberapa fakta menarik lainnya tentang Antilia House.




Perancang desain arsitektur Antilia House

Antilia House dirancang oleh arsitek Perkins dan Will yang berasal dari Chicago dan Hirsch Bedner Associates. Pemilihan arsitek ini dilatarbelakangi oleh istri Mukesh Ambani, Nita Ambani yang terpesona dengan interior spa kontemporer Asia di sebuah hotel. Konstruksi dikerjakan oleh Leighton Holdings, perusahaan konstruksi asal Australia.




Inspirasi nama hingga desain Antilia House

Terdapat beberapa pendapat tentang inspirasi nama dan desain Antilia House, salah satunya dikatakan nama tersebut terinspirasi dari pulau mitos di lautan Atlantik. Pendapat lain yakni desain bangunan itu berasal dari konsep ilmu bangunan India Kuno atau disebut Vastu. Konsep ini memberikan denah keseluruhan dalam bentuk persegi, sesuai dengan bentuk geometris dasar dalam praktiknya. Dilansir Architectural Digest, rumah didesain sesuai dengan garis teratai dan matahari seperti kepercayaan orang India.




Fasilitas tak biasa yang dihadirkan hunian pribadi

Fasilitas yang jarang ditemukan dalam hunian pribadi, dihadirkan dalam Antilia House. Beberapa diantaranya bioskop pribadi canggih yang dapat menampung 50 orang, gym dengan standar profesional, kedai es krim serta ruangan khusus untuk menikmatinya, salon, dan kuil monumental dalam ruangan. Rumah ini juga menawarkan sejumlah kamar suite mewah untuk para tamu keluarga Ambani. Terdapat 600 anggota staff yang bekerja dalam merawat bangunan megah ini.







antilia house memiliki enam lantai khusus untuk parkiran mobil, garasinya mampu menampung hingga 168 mobil. pada lantai tujuh khusus digunakan untuk stasiun layanan atau bengkel mobil. dilengkapi juga dengan sembilan elevator berkecepatan tinggi yang ditempatkan dalam lantai berbeda. tidak tanggung-tanggung, rumah ini juga menyediakan tiga helipad.




Bangunan dirancang tahan bencana gempa 

Memiliki 27 lantai, Antilia House memiliki ketinggian bangunannya hingga 173 meter. Dirancang dengan konsep langit-langit yang ekstra tinggi atau high ceiling, bangunan ini dikatakan mampu bertahan dari gempa hingga berkekuatan delapan skala richter.




memiliki ruangan anti panas dengan salju buatan

cuaca panas india tidak mengganggu keluarga ambani dalam aktivitasnya, antilia house memiliki ruangan salju buatan. ruangan tersebut menggunakan dinding khusus yang mengeluarkan kepingan-kepingan salju buatan manusia layaknya saat musim salju sungguhan.






Sumber gambar: Smart Architects, Architectural Digest, Facebook/Antilia House
Teks oleh: Desvita Aulia R.