Mendekorasi rumah dengan bunga merupakan salah satu cara yang bagus untuk menghadirkan sentuhan alam dan kesegaran ke dalam rumah secara praktis, sekaligus membuatnya terasa lebih hidup. Tapi tak bisa dipungkiri, bunga segar memiliki umur yang terbatas, hanya sekitar 3-4 hari atau paling lama satu minggu. 

Namun, ada alternatif dekorasi dari bunga yang bisa bertahan lebih lama, bahkan hingga 3 tahun jika dirawat dengan baik, yaitu dekorasi kreatif menggunakan bunga kering. Ini merupakan cara unik dan menarik untuk membawa sentuhan alam ke dalam rumah Anda.

Berikut ini beberapa ide hiasan dari bunga kering untuk mempercantik rumah Anda. Simak!


1. Hiasan Dinding dari Bunga Kering


rawpixel / freepik

salah satu cara paling gampang dan unik untuk memanfaatkan bunga kering sebagai dekorasi kreatif, yaitu menjadikannya sebagai hiasan dinding. hiasan dinding yang terbuat dari bunga kering bisa menjadi dekorasi yang sempurna untuk ruangan mana pun di rumah anda. 

anda bisa berkreasi dengan bunga kering untuk hiasan dinding. misalnya, anda bisa menempelkan beberapa bunga kering satu per satu ke dinding menggunakan washi tape. atau, menggantungkan serangkaian atau beberapa bunga kering menggunakan seutas tali pada dinding. 


2. bunga kering dalam bingkai


paul raeside / homesandgardens.com

bunga kering yang dibingkai bisa menjadi dekorasi yang sangat indah, unik, dan sophisticated. gunakan berbagai jenis bunga kering yang ditempelkan pada bingkai dengan ukuran dan bentuk yang sama, lalu tata bingkai secara sejajar dan simetris. itu akan menghasilkan visual hiasan dari bunga kering yang benar-benar sangat menawan!


3. wreath dari bunga kering


laura / frombritainwithlove.com

wreath merupakan sebuah karangan bunga melingkar yang biasa diletakkan di depan pintu masuk, yang seringkali menjadi salah satu dekorasi utama natal. tetapi kini, anda bisa menghias pintu masuk rumah atau dinding rumah dengan wreath sepanjang tahun menggunakan bunga kering. anda bisa menggantung wreath bunga kering dengan berbagai ukuran berbeda pada dinding menggunakan washi tape




4. vas bunga kering


cottonbro studio / pexels

salah satu cara paling klasik dan sederhana untuk memajang bunga kering sebagai hiasan, yaitu meletakkannya dalam vas bunga yang unik. anda dapat bermain-main dengan penataannya. misalnya, menempatkan bunga yang lebih tinggi di belakang dan yang lebih pendek di depan untuk meningkatkan visual secara keseluruhannya. atau, anda juga bisa memajang vas bunga kering berukuran besar sebagai focal point di dalam ruangan. 


5. vas bunga kering satu tangkai


Skylar Kang / Pexels

Mendekorasi ruangan dengan bunga kering tidak melulu harus sebuah karangan bunga yang besar, satu tangkai bunga kering juga bisa menjadi dekorasi yang sangat indah. Anda bisa menggunakan clear vase (atau model vas apapun yang Anda inginkan) lalu letakkan satu tangkai bunga kering di dalamnya. 



Itulah beberapa ide hiasan dari bunga kering untuk mempercantik rumah Anda. Hiasan dari bunga kering bisa menghadirkan sentuhan alam, pesona vintage, dan memberikan keindahan yang tak lekang oleh waktu ke dalam rumah Anda. Hiasan ini dapat bertahan bertahun-tahun jika dirawat dengan baik.