Membuat taman kering di dalam rumah bisa menjadi salah satu cara yang bagus untuk menghadirkan sentuhan alam ke dalam rumah. Dan, itu juga bisa memperindah ruangan sekaligus meningkatkan kualitas udara di dalam rumah. 

Sesuai namanya, taman kering tidak terlalu bergantung pada banyak air untuk bertahan hidup, sehingga biasanya menggunakan jenis tanaman hias yang tahan kekeringan untuk mengurangi ketergantungan pada penyiraman. Kebanyakan taman kering juga sering kali menggunakan batu kerikil untuk menutupi permukaan tanah yang bertujuan untuk mencegah tanah cepat kering sekaligus membuatnya tampak lebih bersih dan menarik. Berikut ini lima ide menghadirkan taman kering di dalam rumah. 


1. Taman Kering di Bawah Tangga


@threecarchitects


Anda bisa memanfaatkan lahan terbatas di bawah tangga untuk dibuat menjadi taman kering di dalam rumah. Anda bisa memilih tanaman hias pakis yang memang terkenal dapat bertahan hidup di dalam ruangan dan cukup tahan kekeringan. Dengan tambahan batu kerikil atau mulsa dari kerikil, taman kering di bawah tangga di dalam rumah Anda akan terlihat lebih menarik sekaligus bisa menjadi sistem sirkulasi udara alami bagi hunian. 


2. Taman Zen


Photo: everydayinspo.com


Desain taman zen menggunakan pasir kerikil sebagai penutup tanah dengan penempatan batu-batu besar di beberapa titik dan beberapa tanaman hijau di sekitarnya. Anda bisa menggunakan pohon bonsai atau tanaman hias yang tidak terlalu besar lainnya untuk mempercantik taman zen. Desain taman kering di dalam rumah seperti ini bisa Anda terapkan di area void atau manapun di dalam rumah yang Anda inginkan. 


3. Taman Kering di Belakang Rumah


Arsitek: Duy Le Architects / Fotografer: Trieu Chien


Anda bisa memanfaatkan area belakang rumah untuk dibuat menjadi taman kering sebagai tempat bersantai. Hadirkan jalan setapak dari papan kayu dan tambahkan batu kerikil di sekelilingnya untuk menciptakan jalur berjalan yang lebih menarik di taman. Lengkapi taman kering ini dengan hammock atau ayunan untuk bersantai. Pada bagian atasnya, gunakan atap kaca anti panas yang bisa memasukan cahaya alami sekaligus menjaga suhu di dalam rumah. 




4. Taman Kaktus


Fotografer: Roger Davies / midcenturymodern.la


Anda bisa menciptakan pemandangan gurun mini di dalam rumah dengan taman kaktus. Seperti yang diketahui, kaktus dapat tumbuh subur di kondisi kering dan sedikit air, menjadikannya pilihan tanaman yang cocok untuk taman kering di dalam rumah. Anda bisa memanfaatkan sudut rumah, area void, bawah tangga, atau area tengah rumah untuk dibuat menjadi taman kaktus. Gabungkan berbagai jenis kaktus dengan berbagai ukuran, seperti kaktus tong dan kaktus koboi. Jika Anda menanam kaktus langsung di tanah, lapisi tanah dengan pasir atau kerikil untuk tampilan alami. Atau, Anda juga bisa menyusun beberapa pot kaktus dengan berbagai ukuran di sudut dalam rumah. 


5. Taman Kering Vertikal


Ciptakan taman kering vertikal dengan menggunakan pot tanaman yang dipasang di dinding atau digantung di ceiling. Pilih tanaman yang tahan kekeringan seperti sukulen dan kaktus, sedum, lidah mertua mini, dan peperomia hope, sehingga Anda tidak perlu terlalu sering melakukan penyiraman. Saat melakukan penyiraman, semprotkan air sedikit demi sedikit langsung ke tanah, untuk mencegah terbentuknya genangan air. 

Anda bisa memasang grid kotak persegi atau teralis untuk taman vertikal pada dinding, lalu susun atau gantung tanaman pada grid. Atau, cukup gantungkan pot tanaman di ceiling untuk menciptakan taman kering vertikal. Anda juga bisa menggunakan wall shelf atau rak vertikal untuk menata pot tanaman hias Anda di dalam ruangan. Gunakan berbagai ukuran, bentuk, dan warna tanaman hias untuk menciptakan daya tarik visual ke dalam rumah Anda. 



Itulah lima ide taman kering di dalam rumah, yang bisa menjadi cara bagus untuk menghadirkan nuansa alam di dalam ruangan tanpa perlu bergantung pada banyak air dan perawatan terus-menerus.