Berkebun bunga di daerah yang memiliki cuaca panas dan curah hujan yang cukup tinggi dapat menjadi tantangan tersendiri. Di musim panas, beberapa jenis bunga mungkin akan layu dan mati, sedangkan beberapa jenis bunga lainnya mungkin tidak akan tumbuh subur di musim hujan. Namun, ada beberapa jenis bunga yang dikenal tahan terhadap cuaca panas dan hujan. Berikut ini beberapa jenis bunga yang tahan panas dan hujan, untuk memastikan taman bunga di rumah Anda tetap cantik sepanjang tahun.


1. Marigold

jenis bunga yang tahan panas dan hujan

Jacinto Diego / Unsplash


Bunga marigold terkenal karena kemampuannya untuk tumbuh subur di berbagai cuaca; panas dan hujan. Serta, dikenal sebagai jenis bunga yang mudah dirawat dan ramah untuk pemula. 

Bunga marigold, atau yang lebih dikenal sebagai bunga gemitir atau gumitir, memiliki bentuk bunga bulat yang mirip seperti pom-pom. Bunga tangguh ini mekar dalam berbagai warna, tetapi umumnya mekar dalam nuansa warna kuning atau oranye. Keindahan marigold membuatnya menjadi jenis bunga populer untuk mempercantik taman rumah Anda sepanjang tahun. 


2. Zinnia

jenis bunga yang tahan panas dan hujan

Pisauikan / Unsplash


Bunga zinnia, atau dikenal juga sebagai bunga kertas, adalah jenis bunga yang dapat tumbuh dengan baik di berbagai kondisi cuaca. Hanya saja, tetap selalu pastikan pot bunga zinnia memiliki drainase yang baik untuk mencegahnya busuk akar. 

Disebut bunga kertas karena tekstur kelopak bunga zinnia yang mirip dengan kertas. Bunga zinnia memiliki beragam warna seperti oranye, merah muda, ungu, merah, putih, dan kuning. Kelopak bunga zinnia saling tersusun melingkar dan menumpuk satu sama lain, dengan serbuk sari berwarna kuning di bagian tengahnya. 

Keragaman warna dan keunikan bentuk bunganya, serta ketahanannya terhadap berbagai cuaca, membuatnya bisa menjadi pilihan jenis bunga untuk mempercantik taman rumah Anda!


3. Lantana

jenis bunga yang tahan panas dan hujan

RDNE Stock project / Pexels


Lantana adalah jenis bunga yang cocok untuk iklim tropis, seperti di Indonesia, karena dapat tumbuh subur di cuaca panas dan hujan. Lantana memiliki bunga kecil dan bergerombol yang tumbuh dengan beragam warna seperti putih, kuning, oranye, pink, merah, dan ungu. Lantana bisa menambah warna ke dalam taman rumah Anda sepanjang tahun, selama mendapatkan perawatan yang baik. 


4. Bougainvillea

jenis bunga yang tahan panas dan hujan



Julia Volk / Pexels


Bougainvillea dikenal memiliki warna bunga yang cerah dan mencolok, seperti merah, putih, peach, ungu, kuning, oranye, dan pink. Bunga bougainvillea akan mekar dengan cantik pada musim panas, tetapi masih bisa menghasilkan sedikit bunga pada musim hujan. 

Bougainvillea termasuk jenis bunga yang tumbuh subur di lingkungan panas dan tahan kekeringan dengan sedikit air. Namun, jenis bunga ini masih mampu menoleransi curah hujan ringan hingga sedang. Tak heran jika bougainvillea masuk ke dalam daftar jenis bunga yang tahan panas dan hujan, yang bisa memberi kontras warna yang menarik dan mempercantik taman rumah Anda. 


5. Cosmos


Yoksel Zok / Unsplash


Cosmos adalah jenis bunga tropis yang tahan terhadap cuaca panas dan hujan. Bunga cosmos mekar dengan sangat cantik dalam berbagai warna seperti putih, merah muda, merah, dan ungu. Bunganya tersusun atas beberapa helai kelopak bunga dengan pusat mahkota bunganya yang berwarna kuning. 

Meskipun bunga cosmos lebih menyukai sinar matahari penuh, tetapi jenis bunga ini tetap dapat tumbuh subur di musim hujan, memastikan taman bunga di rumah Anda tetap cantik sepanjang tahun!


6. Vinca

jenis bunga yang tahan panas dan hujan

Alex Krugla / Pexels


Vinca, atau dikenal juga sebagai periwinkle, adalah jenis bunga tangguh yang tahan terhadap kekeringan dan hujan lebat. Vinca memiliki daun mengkilap dan bentuk bunga seperti bintang yang mekar dalam berbagai warna bunga seperti putih, ungu, merah, biru, dan merah muda. 

Keindahan bunga vinca ditambah perawatan rendah dan jenis bunga yang tahan panas dan hujan, menjadikannya pilihan ideal untuk mempercantik taman rumah Anda. 



Itulah beberapa jenis bunga yang tahan panas dan hujan. Bunga-bunga di atas tidak hanya tahan di berbagai kondisi cuaca, tetapi juga memiliki visual yang cantik dan warna mencolok, yang bisa membuat taman rumah Anda tetap terlihat cantik sepanjang tahun.