Elizabeth line di London merupakan sebuah terowongan yang membentang dari Reading dan Heathrow ke Essex dan London bagian tenggara, dengan panjang total 62 mil dan mampu melayani 700.000 penumpang per hari.

Proyek ini telah memenangkan RIBA Stirling Prize 2024 sebagai bangunan baru terbaik di Inggris.




Elizabeth Line dianggap sebagai pencapaian luar biasa dalam kolaborasi arsitektural, yang melibatkan beberapa arsitek seperti Grimshaw, Maynard, Equation, dan AtkinsRéalis.

Desain pada terowongan ini menonjolkan kesan modern yang memberikan kesan seperti memasuki portal ke masa depan.

Penggunaan warna netral yang dipadukan dengan pencahayaan lembut membuat terowongan ini seolah menyatu dengan harmonis.




Desain yang sederhana namun elegan ini menciptakan suasana yang nyaman bagi para penumpang, sekaligus memperkuat kesan modern dan efisien dari keseluruhan infrastruktur.

Elizabeth dikenal dengan desainnya yang ramah pengguna dan menawarkan akses bebas anak tangga untuk perjalanan menuju ke peron.

Grimshaw, Maynard, Equation, dan AtkinsRéalis merancang kerangka desain yang konsisten untuk seluruh proyek.






Desain yang saling menyatu ini semakin terasa menarik seiring penumpang menjelajahi area yang lebih jauh dari pintu masuk stasiun.

Elizabeth Line menajdi bagian infrastruktur yang tidak hanya untuk sistem transportasi tetapi juga menyoroti peran desain dalam meningkatkan kualitas hidup sehari-hari.

Karya ini merupakan penghargaan keempat yang didapat oleh Grimshaw untuk Stirling Prize, proyek sebelumnya Eden di Cornwall, stasiun Amsterdam Bijlmer ArenA di Amsterdam dan stasiun London Bridge.



Sumber Foto: Hufton + Crow.
Teks Oleh: Asnaura