Konser yang spektakuler berhasil disuguhkan oleh band rock U2 yang tampil memukau di MSG Sphere, Las Vegas, Amerika Serikat pada Jumat, 29 September 2023 lalu. Tampil dengan membawakan beberapa lagu hits mereka, sekaligus memberikan penghormatan kepada sejarah musik modern. Selama konser berlangsung, penonton dibuat kagum oleh penampilan Bono dan kawan-kawan.


Kemegahan dan visual di Las Vegas Sphere yang berbentuk kubah dibalut dengan lebih dari satu juta Light Emitting Diode (LED) serta panggung yang menyerupai sebuah meja putar berukuran raksasa yang menyala dengan lampu-lampu indah, di desain oleh Brian Eno dan diwujudkan oleh studio arsitektur Inggris, Stufish, melengkapi penampilan U2 hingga membuat penonton terpukau.



MSG Sphere Las Vegas dibuka dengan konser U2

1. Bekerjasama dengan Desainer Devlin

Pertunjukan perdana mereka merupakan bagian dari residensi berkelanjutan yang menampilkan layar keseluruhan yang diambil alih oleh karya seni visual yang mengeksplorasi keunikan tempat tersebut, dipilih bekerjasama dengan desainer latar, Devlin. Seluruh layar diambil alih oleh gambar matahari terbit di atas gurun Nevada yang disimulasikan oleh komputer.


Komisi baru dari Devlin menutup pertunjukan. 


Terdapat sekitar 160.000 speaker yang tersembunyi di balik layar LED dengan 268. 435. 456 piksel yang setara dengan 72 televisi High Definition (HD), menyiarkan musik yang menggelegar. Merupakan sebuah gagasan dari Dolan, ketua eksekutif Madison Square Garden sekaligus pemilik New York Knicks and Rangers. Dolan membuat sketsa gambar pertama tempat tersebut di sebuah kertas catatan buku.


2. Dirancang oleh Arsitektur Populus

Tempat ini dirancang oleh studio arsitektur Populous dan selesai pada bulan Juli 2023 lalu dengan biaya konstruksi lebih dari $2,3 miliar, tempat ini akan dibuka untuk umum selama tiga bulan mendatang. Selain itu, eksteriornya dilengkapi 1,2 juta LED seukuran keping hoki yang dapat diprogram untuk memberikan citra dinamis dalam skala masif.


Eksteriornya sendiri akan menyala setiap siang dan malam dengan animasi dan citra lainnya, terkadang menampilkan musim-musim yang indah. Bahkan, bisa berubah menjadi labu raksasa saat Halloween dan bola salju raksasa saat Natal.






MSG Sphere di malam hari yang bisa berubah-ubah dengan berbagai animasi

3. Bola Terbesar di Dunia

The Sphere merupakan sebuah bola setinggi 366 kaki (111 meter) dan selebar 516 kaki (157 meter), berhasil mengambil pusat panggung sebagai struktur bola terbesar di dunia. Ketika malam tiba, akan bersinar seperti tampilan Bumi dari luar angkasa. Dengan layar di dalam yang berdiri setinggi 76 meter dan melingkari penonton lebih dari 180 derajat, dapat menciptakan tontonan yang mengesankan.


Salah satu fitur paling menonjol adalah teaternya yang berbentuk bola dengan kapasitas mencapai 18.000 kursi dengan layar LED yang membentuk dinding lengkung, akan membuat pengunjung tenggelam dalam dunia visual yang disajikan. MSG Sphere telah membuktikan dirinya sebagai pusat hiburan yang inovatif serta bisa menciptakan pengalaman yang tidak akan terlupakan.



Video karya seni John Gerrard yang ditampilkan selama lokasi syuting menjadi viral secara online

4. Kolaborasi Dua Perusahaan

Bukan hanya untuk pertunjukan konser musik, Sphere Entertaiment Co. juga telah merencanakan berbagai acara lainnya untuk dapat memenuhi minat masyarakat. Merupakan proyek kolaborasi Antara Sphere Entertaiment Co. dan Madison Square Garden Entertaiment, mereka telah menciptakan landmark dengan nuansa yang hanya bisa dirasakan di sana.


Tidak hanya band legendaris U2 yang unjuk diri di sana. DJ Pauli Lovejoy juga ikut unjuk diri dengan penampilan DJnya yang memukau, sambil berdiri di dalam miniatur mobil yang dihiasi oleh lampu dan memberikan kesan glamour.



Penampilan Pauli Lovejoy yang nyentrik




Teks oleh: Nisrina Zahrani