Memiliki taman indoor dapat menjadi cara yang bagus untuk menghadirkan sentuhan alam ke dalam rumah. Itu juga dapat memperindah ruangan, meningkatkan suasana hati, dan meningkatkan kualitas udara. Berikut ini, CASA mempunyai beberapa ide taman kecil di dalam rumah, yang bisa jadi inspirasi untuk Anda terapkan pada hunian dengan lahan terbatas. 


1. Membuat Taman Vertikal


gassien.com


Bagi yang memiliki rumah mungil, taman vertikal bisa menjadi solusi untuk menghadirkan sentuhan hijau ke dalam rumah. Anda tetap bisa memiliki taman kecil di dalam rumah dengan memanfaatkan ketersediaan lahan yang ada, tanpa perlu merevonasi rumah. 

Anda bisa memasang grid kotak persegi atau teralis untuk taman vertikal pada dinding, lalu susun atau gantung tanaman pada grid. Penggunaan grid kotak persegi seperti ini bisa memudahkan Anda dalam menyusun tanaman hias agar terlihat lebih rapi. Anda juga bisa menggunakan wall shelf atau rak vertikal untuk menata pot tanaman hias Anda di dalam ruangan.



Ksenia Chernaya / Pexels


2. Memasang Pot Tanaman Gantung


blueblom.com


Memasang pot tanaman gantung di dalam rumah juga bisa menjadi cara yang ideal untuk menciptakan taman kecil yang teduh dan rimbun. Kehadiran pot tanaman gantung di dalam rumah juga dapat menambah daya tarik ruangan di rumah Anda. Gunakan gantungan pot macramé untuk membuatnya terlihat lebih menarik dan unik. 


3. Taman Kecil di Bawah Tangga


Arsitek: Flavia Torres Arquitetura & Marina Portolano / Fotografer: Maira Acayaba


Anda bisa memanfaatkan lahan terbatas di bawah tangga untuk dibuat menjadi taman kecil di dalam rumah. Keberadaan taman kecil di bawah tangga membuat area bawah tangga terlihat lebih menarik, tampak lebih asri, sekaligus menjadi sistem sirkulasi udara alami bagi hunian


4. Taman Kecil di Area Void Rumah


Arsitek: IZ Architects / Fotografer: Nguyen Cuong


Anda bisa memanfaatkan area void—ruang kosong antara lantai atas dan bawah—di dalam rumah untuk dijadikan taman indoor. Area void ini biasanya memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan alami yang baik, sehingga cocok dimanfaatkan untuk taman di dalam rumah.


5. Taman Indoor di Sudut Ruangan


Desainer Interior & Fotografer: Hilton Carter


Cara paling gampang untuk menghadirkan sentuhan alami ke dalam rumah dengan ketersediaan lahan yang terbatas adalah dengan memanfaatkan sudut ruangan. Anda bisa menjajarkan beberapa tanaman hias dengan berbagai ukuran di lantai atau menggantungnya—atau mungkin menggabungkan keduanya—di salah satu sudut ruangan. 




6. Taman Kecil di Atas Meja


Anda bisa memanfaatkan permukaan datar seperti meja kabinet untuk menempatkan pot tanaman hias indoor Anda, yang bisa menambah sentuhan hijau dan fresh ke dalam rumah tanpa perlu ruang yang banyak. Anda bisa menempatkan pot tanaman hias kecil, seperti kaktus, sukulen, dan herbs. Beri tatakan di bawah pot untuk untuk menampung kelebihan air yang bisa merusak furnitur. 


7. Taman Kecil di Ambang Jendela


Muhammed Zeki Aygur / Pexels


Anda bisa mempertimbangkan untuk meletakkan tanaman hias di ambang jendela, yang menyediakan pencahayaan alami yang baik untuk pertumbuhannya. Anda bisa memilih tanaman hias indoor yang kuat dan mudah dirawat seperti Prayer Plant, Aglaonema, Calathea, Peace lily, kaktus dan sukulen. 


8. Taman Kecil di Tengah Rumah


Arsitek: 07BEACH / Fotografer: Yosuke Ohtake


Anda bisa memanfaatkan sedikit area di tengah rumah untuk dibuat menjadi taman kecil di dalam ruangan. Kehadiran taman kecil di tengah rumah ini bisa berfungsi sebagai aksen yang menonjol di dalam rumah serta membuat rumah menjadi lebih homey.


9. Taman Inner Court


Arsitek: 6717 Studio / Fotografer: Hiroyuki Oki


Secara umum, inner court adalah area terbuka dengan ukuran yang tidak terlalu besar yang berada di tengah rumah. Anda bisa menggunakan space kecil di dalam rumah ini untuk dibuat menjadi taman. Ini akan berguna sebagai tempat bertukarnya udara, sehingga ruangan di dalam rumah akan terasa lebih sejuk. Selain itu, efek hijau pada taman dapat dilihat langsung dari dalam ruangan, yang bisa memberikan efek rileks dan menenangkan. 


10. Taman Gantung di Dalam Rumah


Arsitek: Atelier NgNg / Fotografer: Quang Dam


Ini adalah cara paling unik dan menarik untuk menghadirkan sentuhan hijau ke dalam rumah. Anda bisa membuat taman gantung di dalam rumah. Bukan hanya dengan menggantung tanaman gantung di ceiling rumah, tetapi membuat balkon di lantai dua yang menghadap ke dalam rumah untuk dibuat menjadi taman gantung di dalam rumah. Anda bisa meletakkan pohon dan tanaman hijau lainnya di balkon ini. 



Itulah 10 ide taman kecil di dalam rumah, yang bisa jadi inspirasi untuk Anda terapkan pada hunian. Menciptakan taman kecil di dalam rumah adalah cara yang bagus untuk menghadirkan sentuhan alam di dalam ruangan, meskipun Anda memiliki ruang yang terbatas.