Setelah absen selama 3 tahun akibat pandemi, produk lokal Indonesia hadir kembali di NY NOW Summer Market 2023 yang dikenal sebagai ajang berskala internasional menampilkan beragam produk artisan kriya, home decor, aksesoris, pakaian, perhiasan dan lain-lain.


Ikut serta dalam NY NOW 2023 diharapkan meningkatkan awareness serta kualitas akan produk lokal indonesia di pasar Amerika Serikat yang dikenal sebagai negara tujuan ekspor terbesar produk ekonomi kreatif. Tahun ini merupakan kelima kalinya Pavilion Indonesia hadir di pameran dagang kriya business-to-business dengan jumlah pengunjung capai 10.000 orang.



Kemlu


Pavilion Indonesia merupakan kolaborasi antara Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Konsulat Jenderal RI New York, Bank Indonesia (BI), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan Bank Rakyat Indonesia (BRI). Produk lokal di Pavilion Indonesia tercatat meraih sukses dengan transaksi setelah pameran mencapai 5,5 miliyar rupiah dengan potensi transaksi sekitar 1,6 juta USD selama satu tahun ke depan.




Produk lokal yang ditampilkan adalah hasil kurasi yang melibatkan Diana Nazir dari Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) dan Damayanti Budiratri Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII) serta kurator internasional Jennifer Isaacson dari Cultural Revival.


Lalu, 11 produk lokal apa sajakah yang akhirnya berhasil mencuri perhatian dan mewakili Indonesia di ajang internasional ini?


1. Djalin





2. Kayou






3. Indo Risakti





4. Sunansand





5. Damdam Ceramics







6. Kirapassa





7. La Vida HOME





8. Palemcraft 





9. Mendong Jaya




10. Boolao 





11. Earthsensial




Berkaca terhadap kesuksesan dalam kesempatan kali ini, turut menyuntikkan rasa optimis akan potensi UMKM Indonesia di pasar internasional. Momen krusial ini diharapkan mampu membuktikan kualitas produk kriya Indonesia sekaligus mengajak warga lokal untuk terus eksplorasi serta memanfaatkan bahan baku lokal hingga memberikan sumbangan besar terhadap ekonomi nasional dan devisa negara.


Bahkan semakin memperbanyak kesempatan UMKM Indonesia untuk berpartisipasi di pasar internasional seperti halnya Djalin yang akan hadir pula di Maison et Objet 2023 Paris, sebuah pameran furnitur yang kerap dijadikan sebagai pusat tren di industri furnitur.


Foto teaser: Indorisakti