Berkebun sayuran sendiri di rumah bisa memberikan banyak manfaat, itu termasuk lebih hemat, sehat, dan praktis, sekaligus bisa membantu mengurangi stres. Jangan khawatir jika Anda belum berpengalaman atau masih pemula dalam berkebun sayuran, karena beberapa jenis tanaman sayuran ini sangat mudah ditanam sendiri di rumah. Berikut ini 9 tanaman sayuran yang mudah dirawat dan ditanam di rumah. 


1. Wortel


Freepik


Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang paling mudah diolah atau dicampurkan ke dalam berbagai hidangan, menjadikannya pilihan tanaman sayuran yang tepat untuk kebun sayur di pekarangan rumah Anda. Wortel termasuk tanaman sayuran yang mudah ditanam di rumah. Wortel dapat ditanam di tanah apapun, tetapi lebih menyukai tanah yang gembur dan berpasir untuk perkembangan akar yang baik. 

Anda bisa menanam wortel dari benih. Caranya, tabur benih wortel langsung di tanah yang lokasinya mendapatkan paparan sinar matahari penuh, dan beri jarak untuk memastikan ada cukup ruang untuk tumbuh. Jaga kelembapan tanah selama masa perkecambahan. Pastikan Anda melakukan penyiraman secara teratur agar wortel dapat tumbuh subur. Tanaman wortel membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk matang dan siap panen, sekitar 2 hingga 3 bulan. 


2. Tomat


Robert So / Pexels


Tomat adalah salah satu tanaman sayuran yang mudah ditanam di rumah, tetapi mungkin sedikit lebih sulit dirawat daripada jenis tanaman sayuran lainnya, terutama bagi pemula. Pasalnya, tomat membutuhkan banyak sinar matahari (setidaknya 8 jam per hari), kelembapan yang konsisten, dan penyiraman teratur, agar dapat tumbuh subur. Karena termasuk tanaman rambat, tomat juga membutuhkan tiang pancang agar bisa tumbuh dengan baik.

Anda bisa menanam jenis tomat ceri yang diketahui paling mudah ditanam dan cocok ditumbuhkan di dalam wadah untuk diletakkan di teras atau lahan sempit lainnya. Tomat ceri dapat tumbuh di hampir semua jenis tanah, tetapi lebih menyukai tanah gembur dan memiliki drainase baik. Anda dapat menanamnya dari benih atau bisa membeli tanaman muda dari pembibitan lalu dipindahkan langsung ke tanah atau pot. 

Pilihlah lokasi yang cerah dan gunakan tiang penyangga untuk mendukung pertumbuhannya. Penyiraman teratur diperlukan untuk menjaga tanah tetap lembap dan cukup basah, tetapi tidak sampai menggenang, untuk mencegahnya busuk akar dan mati. Tomat membutuhkan waktu sekitar 2 bulan untuk matang dan siap dipanen, tergantung dari varietasnya. 


3. Selada


Viviane Pasta / Unsplash


Selada merupakan pilihan tanaman sayuran bagus lainnya untuk ditanam di kebun rumah. Ini juga termasuk tanaman sayuran yang mudah dirawat, tidak terkecuali bagi pemula. Selada dapat tumbuh subur di berbagai kondisi, tetapi umumnya lebih menyukai suhu sejuk dengan pencahayaan yang cukup untuk pertumbuhan yang optimal. 

Anda bisa menanam benih selada langsung di tanah, di dalam pot atau polybag, ataupun secara hidroponik. Benih daun selada harus disemai terlebih dahulu selama beberapa hari sebelum dipindahkan ke polybag atau wadah yang lebih besar. Pastikan tanah memiliki drainase yang baik. Lakukan penyiraman secara rutin setiap hari pada pagi dan sore hari, atau sesuaikan dengan kondisi tanah dan intensitas cahaya matahari. 

Dengan siklus pertumbuhan yang relatif singkat sekitar 4 hingga 6 minggu, Anda dapat memanen daun selada untuk dinikmati sebagai campuran salad atau diolah menjadi hidangan lezat lainnya. 


4. Lobak


Lobak termasuk tanaman sayuran yang mudah ditanam dan cepat tumbuh, bahkan dapat dipanen dalam waktu satu bulan. Lobak tumbuh subur di cuaca yang sejuk dan dapat menolerir pencahayaan rendah. Tanaman sayuran ini juga tidak membutuhkan banyak ruang, sehingga cocok ditanam di dalam pot atau lahan sempit. Tabur benih di tanah yang memiliki drainase baik dan jaga agar tetap lembap dengan penyiraman teratur. 


5. Bayam


rhs.org.uk


Selain selada, bayam juga termasuk sayuran berdaun hijau yang mudah ditanam di rumah. Tanaman sayuran ini dapat tumbuh subur di cuaca yang sejuk. Bayam dapat dipanen sebagai daun muda atau dibiarkan tumbuh hingga matang sepenuhnya. 



Anda bisa menanam benih selada langsung di tanah atau di dalam pot atau polybag. Benih bayam harus disemai terlebih dahulu selama beberapa hari sebelum dipindahkan ke polybag atau wadah yang lebih besar. Pastikan tanah memiliki drainase yang baik dan jaga agar tetap lembap dengan melakukan penyiraman secara rutin. 


6. Mentimun


rootsplants.co.uk


Mentimun adalah tanaman sayuran mudah ditanam di rumah, dan juga termasuk tanaman yang mudah dirawat. Tetapi, karena termasuk tanaman merambat, mentimun membutuhkan cukup banyak ruang untuk tumbuh. Anda disarankan untuk membuat teralis atau tiang penyangga untuk membantunya tumbuh merambat dengan baik (dan tetap terlihat rapi).

Sebelum menanam mentimun, sebaiknya semai benih mentimun terlebih dahulu di dalam polybag kecil. Setelah terjadi perkecambahan, Anda bisa memindahkan mentimun ke pot atau polybag yang lebih besar. 

Lakukan penyiraman secara teratur untuk menjaga tanahnya tetap lembap, tapi tidak menggenang. Letakkan tanaman ini di tempat yang mendapatkan banyak sinar matahari, dan pasang tiang penyangga sebagai tempat rambatan agar timun tumbuh dengan baik. Setelah enam minggu dan warnanya sudah hijau seluruhnya, mentimun sudah siap dipanen. 


7. Kentang


Kentang termasuk tanaman sayuran yang mudah ditanam di rumah, asalkan tanaman ini mendapatkan sinar matahari penuh (setidaknya 6 jam per hari) dan disiram secara teratur. Anda dapat menanam kentang dari benih langsung di tanah (disarankan) atau di dalam wadah. Pastikan saja tanahnya memiliki drainase yang baik dan gembur. 


8. Kangkung


Kangkung adalah tanaman sayuran mudah dirawat dan cepat panen. Anda dapat memanen kangkung sekitar 3 sampai 4 minggu setelah penanaman. Supaya kangkung tumbuh dengan subur, Anda perlu memastikan tanah dalam kondisi lembap dan mendapatkan sinar matahari penuh. Anda juga harus memerhatikan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman kangkung. Jika menemukan gulma atau tanaman liar lainnya, pastikan Anda langsung mencabutnya. 


9. Pakcoy


sarabackmo.com


Jika Anda memiliki pekarangan rumah yang tidak terlalu luas, menanam sayuran pakcoy bisa menjadi pilihan yang tepat! Ini juga termasuk tanaman sayuran mudah dirawat. Anda bisa menanam sayuran pakcoy di dalam pot atau polybag. Pastikan tanaman sayuran mendapatkan sinar matahari langsung sekitar 3-5 jam per harinya, untuk membantu pertumbuhannya agar lebih subur. Setelah 45 hingga 50 hari setelah ditanam, atau setelah daunnya berwarna hijau segar, Anda bisa mulai memanen pakcoy. 



Itulah sembilan tanaman sayuran mudah dirawat dan ditanam di rumah. Memulai kebun sayur Anda sendiri di rumah dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk menikmati sayuran segar dan penuh nutrisi, sekaligus menghemat uang belanja secara keseluruhan. Selamat berkebun!