Bahan katun polyester dikenal sebagai jenis bahan yang banyak digunakan untuk membuat pakaian seperti gamis, kemeja, hijab, dan lainnya. Namun kini, bahan katun polyester untuk furnitur juga mulai banyak dilirik. Bahan katun polyester ini banyak digunakan sebagai material kain sofa, cover sofa, gorden, dan sprei/bed cover

Di bawah ini, CASA telah merangkum semua yang perlu Anda ketahui tentang bahan katun polyester untuk furnitur, termasuk kelebihannya. Simak!


Jenis Bahan Katun Polyester untuk Furnitur


Bahan katun polyester merupakan salah satu jenis bahan kain umum, yang sering dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, khususnya pakaian. Bahan katun polyester ini terbuat dari perpaduan bahan kapas dan serat polyester, yang menjadikannya jenis bahan berkualitas dengan banyak kelebihan. 

Namun, bahan katun polyester juga sering digunakan sebagai material kain sofa, cover sofa, gorden, dan sprei/bed cover. Jenis bahan ini terkenal tidak mudah meresap air, tidak mudah kusut, tidak panas, mudah dirawat, memiliki ketahanan yang tinggi terhadap noda, dan tahan lama. 

Selain itu, bahan katun polyester untuk furnitur juga memiliki tekstur yang halus dan lembut. Serta, memiliki sirkulasi udara yang bagus untuk menjaga sofa atau kasur tetap terasa sejuk dan tidak lembap, sekaligus memiliki sifat anti alergi khususnya untuk Anda yang sensitif pada material bulu atau kulit. Pilihan warna yang tersedia juga beraneka ragam, sehingga Anda bisa leluasa memilih warna sesuai dengan preferensi pribadi dan gaya interior rumah Anda. 


Kelebihan Bahan Katun Polyester untuk furnitur

Ada beberapa kelebihan bahan katun polyester untuk furnitur, yaitu:

1. Tidak mudah kusut


Tidak seperti bahan katun pada umumnya, bahan katun polyester memiliki karakteristik kain yang tak mudah kusut atau lecek saat digunakan. Bahan ini diyakini bisa menahan kerutan yang terjadi karena penggunaan, sehingga bentuknya tetap terlihat bagus meski sering digunakan. Bahan ini juga bisa dihaluskan tanpa membutuhkan penggunaan setrika, sehingga lebih praktis dan mudah perawatannya.


2. Material ringan


Bahan kain polyester mempunyai tekstur kain yang lebih halus dan ringan, sehingga bisa memberikan rasa hangat ketika digunakan. Namun, meski sangat ringan, bahan kain polyester dikenal memiliki ketahanan yang tinggi berkat serat yang dimilikinya. Bahan yang ringan membuat bahan polyester ini pun lebih mudah kering saat dijemur.


3. Tahan lama dan Awet


Kelebihan bahan katun polyester untuk furnitur berikutnya yaitu dikenal tahan lama dan awet, meskipun sering digunakan. Hal itu karena, setiap serat kain pada bahan polyester saling terjalin dan mengikat kuat, sehingga tidak mudah robek atau meregang saat digunakan. 


4. Perawatan yang mudah




Sudah bukan rahasia lagi jika kain polyester merupakan salah satu jenis bahan yang sangat mudah dirawat. Bahan jenis ini bisa dicuci secara manual dengan tangan maupun dengan menggunakan mesin cuci.

Untuk pengeringannya pun hanya perlu dijemur atau diangin-anginkan. Namun, Anda disarankan untuk menjemur furnitur dengan bahan polyester di tempat yang teduh untuk menghindari warna kain yang memudar. 


5. Bentuk kain yang tak mudah berubah


Seperti yang dijelaskan sebelumnya, setiap serat dalam kain polyester saling terjalin kuat dan erat sehingga tidak mudah robek, renggang, atau berlubang saat digunakan. Itu artinya, Anda bisa menjaga tampilan furnitur dari kain polyester untuk jangka waktu yang lama. 


6. Tidak mudah rusak


Bahan polyester juga diklaim lebih tahan akan kuman, bakteri, atau bahan kimia dari produk pencucian sehingga dijamin tak akan mudah rusak. 


7. Sifat bahan yang lentur


Satu lagi kelebihan bahan katun polyester untuk furnitur yaitu memiliki sifat yang lentur. Meski bersifat lentur, bahan ini tetap akan kembali pada bentuk semula, sehingga tak mudah melar dan mengubah tampilannya. 



Itulah beberapa kelebihan bahan katun polyester untuk furnitur yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!




(Teks: Calvin)