Tanaman Pilea peperomioides merupakan tanaman hias yang mudah dirawat dan tumbuh, entah itu Anda seorang pemula atau pun berpengalaman. Tanaman Pilea peperomioides juga sering disebut sebagai tanaman pancake (pancake plant), Chinese money plant, atau tanaman koin. Tanaman hias ini memiliki bentuk daun unik, bulat seperti koin—itulah mengapa disebut tanaman koin. Tanaman hias ini berasal dari provinsi Yunnan di Cina selatan, dan banyak tumbuh secara alami di sepanjang kaki pegunungan Himalaya. 


Dalam artikel ini, AlaCASA telah merangkum semua yang perlu Anda ketahui tentang karakteristik dan cara merawat tanaman Pilea peperomioides. Simak!


Karakteristik Tanaman Pilea peperomioides


photo by kulbir on pexels


pilea peperomioides terkenal berkat bentuk daunnya yang unik, hampir bulat sempurna seperti koin, yang menjulur di tangkai panjang berwarna hijau dari batang utama. daunnya yang berwarna hijau mengkilat ini bisa mencapai diameter lebih dari 15 sentimeter. tanaman pilea peperomioides memiliki bunga kecil berwarna putih—namun, sering kali tidak berbunga saat ditanam di dalam ruangan. sebagai tanaman hias, pilea peperomioides bisa tumbuh hingga tinggi 50 sentimeter. 


cara merawat tanaman pilea peperomioides


Photo by Karolina Grabowska on Pexels


1. Pencahayaan


Tanaman Pilea peperomioides dapat tumbuh subur di bawah naungan cahaya tidak langsung yang sedang-terang. Terlalu banyak paparan sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan daunnya terbakar. Sementara kurang mendapatkan sinar matahari dapat menghambat pertumbuhannya dan membuat daunnya menguning. Untuk itu, Anda bisa meletakkan tanaman hias ini sekitar 2 meter dari jendela yang ditutup gorden tipis atau vitrase. Supaya pertumbuhannya merata di semua sisi dan menciptakan tanaman berbentuk bulat yang indah, Anda bisa merotasi tanaman Pilea peperomioides Anda secara teratur. 


Namun daun yang menguning tidak selalu berarti kurang mendapatkan cahaya matahari, saat tanaman ingin menumbuhkan daun baru, daun yang lebih tua akan terkulai dan menguning. Itu adalah bagian dari proses penuaan alami karena tanaman menggunakan energi untuk menghasilkan pertumbuhan daun baru.


2. Kondisi tanah


Tanaman Chinese money plant menyukai kondisi tanah yang subur dan memiliki drainase yang baik. Anda bisa menggunakan campuran tanah berkualitas tinggi dengan gambut atau sabut, atau potting mix. Atau, gunakan perlite untuk meningkatkan drainase dan memastikan tanah tidak tergenang air, bersama dengan kompos tanaman hias. Sebagai pertimbangan, gunakan 2/3 kompos tanaman hias dan 1/3 perlite. 


3. Penyiraman


Tanaman hias berdaun hijau ini tidak membutuhkan banyak air, tetapi juga tidak boleh membiarkan tanahnya mengering sepenuhnya. Siram tanaman Pilea peperomioides secara teratur dengan air secukupnya. Biarkan tanaman agak mengering di antara penyiraman. 




Daun Pilea peperomioides akan mulai terkulai dan sedikit layu saat mengering, yang merupakan tanda bahwa sudah waktunya penyiraman. Atau, seperti banyak tanaman hias lainnya, Anda dapat memasukkan jari Anda ke dalam tanah untuk memeriksa apakah tanaman Anda sudah membutuhkan air atau belum. Jika tanah terasa sudah mengering sekitar 1 sentimeter ke dalam tanah, itu tanda waktunya penyiraman. 


4. Suhu dan kelembapan


Suhu dan kelembapan di dalam rumah umumnya cukup baik untuk pertumbuhan Chinese money plant. Akan tetapi, jauhkan tanaman hias ini dari tempat yang terlalu kering. Serta, hindari tempat dingin dibawah 10 derajat Celcius, yang dapat meningkatkan risiko embun beku.


5. Pemupukan


Seperti halnya banyak tanaman hias lainnya, tanaman Pilea peperomioides juga membutuhkan nutrisi dari pupuk tanaman. Anda bisa memberikan pupuk tanaman hias berkualitas baik, umumnya, satu bulan sekali. Untuk jumlah yang digunakan, ikuti petunjuk label produk. 



Apakah tanaman Pilea Peperomioides aman di sekitar hewan peliharaan? 


Chinese money plant tergolong tanaman hias yang ramah dan aman ketika berada di sekitar hewan peliharaan dan anak-anak. Namun, jika hewan peliharaan Anda terlalu tertarik untuk bermain-main dengan tanaman hias Anda, memindahkannya ke tempat baru yang lebih aman mungkin ide yang bagus untuk menghindari kerusakan pada tanamana hias.