Arsitek AR13 merancang ruang kerja unik yang berlokasi di Vadodara, India. Tujuan utama dari arsitektur ruang kerja ini untuk menciptakan studio terbuka yang disesuaikan dengan kebutuhan dan aktivitas tim.





Struktur bangunan dibuat dengan blok yang disusun sejajar sehingga menciptakan taman di bagian selatan bangunan. Sudut area bangunan dimanfaatkan sebagai garasi fungsional agar dapat mengoptimalkan ruangan yang tersedia.





Ruangan dibagi menjadi beberapa tempat berbeda, seperti ruang tunggu, ruang pertemuan, dan tempat bekerja. Bagian dalam bangunan dibuat memanjang yang terhubung dengan dapur, perpustakaan, dan toilet.





Material bangunan ini terdiri dari kayu, beton, baja, dan batu kota. Kota stones (batu kota) adalah jenis batu kapur dengan bulir yang lebih halus. Batu ini banyak ditemukan di kota Ramganj Mandi, India.







Bangunan ruang kerja ini memiliki perpaduan yang unik dari material yang digunakan. Tim arsitek AR13 yang berbasis di Vadodara, India ini memanfaatkan kayu pinus yang dibuat kepingan untuk beberapa bagian furnitur agar terlihat natural. Kepingan tersebut seperti pada langit-langit ruangan studio dan fasad garasi.





Bagian yang mencolok lainnya pada lantai di area dapur menggunakan lempengan kayu tadi untuk bagian lantai dengan alur berbentuk segitiga. Desain bangunan ini dirancang untuk mengkombinasikan cahaya dan bayangan. Sedangkan, pencahayaan buatan digunakan untuk memperlihatkan komposisi material.


Sumber foto: Vinay Panjwani/designboom
Penulis: Rafi Fadillah