Meskipun jarang diperhatikan, tapi atap termasuk bagian eksterior rumah yang juga jadi hal pertama yang akan dilihat orang. Model atap rumah ikut memainkan peranan penting, baik itu untuk struktur rumah maupun estetika eksterior rumah. 


Dalam artikel ini, AlaCASA akan mengeksplorasi beberapa model atap rumah paling populer dan menarik yang dapat meningkatkan tampilan keseluruhan rumah. Serta, membantu Anda memilih model atap rumah terbaik untuk hunian. Simak!


1. Atap Pelana (Gable Roof)


photo: ka house (@kahouse_id) / arsitek: mande austriono (@mondododo @dformco) / kontraktor: amin (@aminconstruction)


atap pelana, atau dikenal juga dengan atap gable, termasuk salah satu model atap rumah paling populer. sesuai namanya, atap pelana adalah model atap rumah yang bentuknya mirip seperti pelana kuda. model atap gable ini terdiri dari dua sisi miring yang ditopang dengan dinding segitiga. 


dengan bentuk segitiganya yang menciptakan landasan curam, memungkinkan air hujan meluncur bebas ke bawah tanpa hambatan, sehingga bisa mencegah kebocoran di dalam rumah. ditambah, ini juga termasuk model atap rumah yang versatile untuk banyak desain rumah. 


2. atap hip (hip roof)


photo: mario wibowo photography (@mariowibowo_) / arsitek: pranala associates (@pranala.associates)


bersama atap pelana, atap hip (hip roof) juga termasuk salah satu model atap rumah lainnya yang cukup populer. model atap rumah ini memiliki empat sisi miring yang terdiri dari dari dua sisi segitiga dan dua sisi trapesium sama kaki, di mana keempatnya saling menyatu membentuk bubungan di atasnya.


bentuk atap hip sering disebut lebih bergaya dan modern, yang tak hanya memberikan nilai estetika tetapi fungsionalitas. atap hip dikenal mampu memberikan perlindungan maksimal dari kondisi cuaca ekstrim, seperti dapat menahan angin kencang dan hujan yang sangat lebat. ini dapat semakin menonjolkan sisi trendi dan elegan dari rumah anda!


3. atap gambler (gambler roof)


photo: matthew digati (@matthewdigati) / buffalo homes (@buffalohomes)


model atap rumah gambler biasa muncul di rumah-rumah kolonial belanda atau farmhouse. atap gambler memiliki empat sisi simetris dengan dua lereng di setiap sisi atapnya. lereng atas biasanya lebih landai, sementara lereng yang lebih rendah memiliki kemiringan yang lebih curam. menggunakan bentuk atap gambler pada hunian bisa menguatkan nuansa pendesaan sekaligus memberikan tampilan yang lebih elegan. bentuk atap yang seperti ini memungkinkan pemilik rumah untuk mendapatkan ruang tambahan di dalam rumah. 


4. atap datar (flat roof)


photo by fomstock.com on pexels


pada rumah-rumah bergaya modern, minimalis, dan kontemporer, atap datar (flat roof) adalah pilihan model atap rumah yang paling populer. atap flat mampu menghadirkan tampilan eksterior rumah yang sleek dan seamless. dengan menggunakan atap datar, itu menyediakan banyak ruang untuk rooftop garden atau panel surya di bagian atas. untuk rumah di daerah dengan curah hujan tinggi, sebaiknya hindari model atap datar seperti ini yang rentan menciptakan genangan air dan rawan kebocoran. 


5. atap mansard (mansard roof)


photo: matthew digati (@matthewdigati) / buffalo homes (@buffalohomes)




model atap mansard (mansard roof) sangat populer selama berabad-abad di eropa, terutama di prancis. atap mansard memiliki empat sisi dengan kemiringan sangat curam, yang bertemu untuk membentuk area datar di tengahnya. sekilas, tampilannya hampir mirip dengan atap gambler, namun yang membedakan dengan atap mansard adalah lerengnya yang jauh lebih curam. 


dengan atap mansard, menawarkan lebih banyak ruang ekstra di dalam rumah. itu juga bisa meningkatkan estetika hunian, membuat desain atap rumah tampak lebih berbeda, menonjol, dan unik. 


6. atap skillion (skillion roof)


photo: hiroyuki oki / arsitek: 6717 studio


atap skillion, atau disebut juga atap sandar, merupakan model atap miring hanya ke satu arah. itu menciptakan bentuk atap dengan sudut yang dramatis dan tampilan eksterior rumah kontemporer yang lebih bold. atap skillion juga terkadang menggabungkan dua sudut miring yang berbeda untuk tampilan yang lebih unik. bentuknya yang curam memungkinkan air mengalir dengan mudah, sehingga jadi pilihan desain atap rumah terbaik untuk hunian di daerah dengan curah hujan tinggi. 


rumah rancangan 6717 studio menggabungkan dua sudut miring yang mengarah ke tengah rumah, yang berfungsi untuk mengalirkan air hujan ke taman tengah di antara rumah.


7. atap dormer (dormer roof)


Photo: Matthew Digati (@matthewdigati) / Buffalo Homes (@buffalohomes)


Satu lagi model atap rumah yang bisa jadi pilihan terbaik untuk hunian Anda, yaitu atap dormer (dormer roof). Sederhananya, atap dormer adalah model atap rumah dengan jendela yang memanjang keluar dari sisi atap yang miring. Bagian jendela dormer biasanya ditutup dengan atapnya sendiri yang dapat berbentuk miring, melengkung, atau flat. 


Atap dormer dapat berfungsi secara struktural maupun fungsional. Menggunakan atap dormer untuk desain atap rumah Anda memungkinkan cahaya alami dan aliran udara masuk ke area atas rumah. Dormer juga bisa Anda manfaatkan sebagai ruang tambahan untuk loteng, kamar tidur loteng, atau ruangan lainnya. Sekaligus, meningkatkan estetika eksterior rumah. 





Teaser photo: Andhy Prayitno / M W Associate (@andhyprayitno @mariowibowo_) / Arsitek: PSA Studio (@psastudi )