Ketika mendesain sebuah kamar mandi, sangatlah penting untuk menyeimbangkan antara kegunaan dan keindahan. Semua orang menginginkan kamar mandi yang cantik, namun, sebagai ruangan yang setiap hari kita gunakan, kegunaan kamar mandi juga perlu dipertimbangkan matang-matang pula.

Jadi, bukanlah sebuah kejutan apabila banyak orang yang melakukan kesalahan saat mendesain kamar mandi. Kesalahan-kesalahan ini tidak hanya membuat kamar mandi Anda menjadi tidak nyaman saat digunakan, namun kesalahan ini dapat merugikan Anda juga dalam jangka panjang.

Berikut adalah lima kesalahan dalam mendesain kamar mandi yang sudah CASA rangkum untuk Anda.


1. Kurangnya tempat penyimpanan

5 kesalahan desain kamar mandi yang harus anda hindari!

Amity Worrel


Dengan berbagai produk skincare yang semakin banyak dan lengkap, Anda harus mulai memasukkan jumlah tempat penyimpanan dalam rancangan desain kamar mandi Anda.

Terdapat banyak cara berbeda untuk menggabungkan tempat penyimpanan ke dalam space kamar mandi Anda. Kabinet obat adalah cara yang baik untuk menyimpang barang-barang esensial yang Anda gunakan sehari-hari, seperti produk skincare, sikat gigi, dan lain lain.

Bagaimanapun Anda memutuskan untuk mengatur kamar mandi Anda, ingatlah bahwa ruang penyimpanan Anda harusmudah dan nyaman untuk diakses.


2. Terlalu mengikuti tren

5 kesalahan desain kamar mandi yang harus anda hindari!

Martins Camisuli Architects


Dalam era sosial media sekarang ini, terdapat ribuan tren menarik yang rasanya selalu berubah setiap waktu. Meskipun rasanya sulit untuk tidak mengikuti tren terbaru, dalam hal kamar mandi Anda, pilihan yang terbaik kemungkinan adalah untuk tidak mengikuti tren tersebut.

Renovasi kamar mandi membutuhkan biaya yang besar, jadi jika menyangkut hal-hal fundamental seperti layout, lantai, shower atau bathtub, dan dinding, pilihan yang terbaik adalah untuk memilih sesuatu yang mencerminkan selera Anda.


3. Kurangnya lighting

5 kesalahan desain kamar mandi yang harus anda hindari!

Pixabay

Banyak orang mengabaikan betapa pentingnya lighting yang tepat, padahal, lighting dapat sangat mempengaruhi aspek kegunaan dan suasana kamar mandi. Kurangnya lighting tidak hanya membuat berkegiatan di kamar mandi lebih sulit, namun juga dapat membuat ruangan terasa muram dan lebih kecil dari aslinya.


4. Menggunakan bahan dengan perawatan tinggi

5 kesalahan desain kamar mandi yang harus anda hindari!

Factory Tile Depot


Salah satu kesalahan umum dalam mendesain kamar mandi yang sering dilakukan orang-orang adalah menggunakan material yang membutuhkan perawatan khusus tanpa menyadari atau mengabaikan langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga keindahannya.

Melakukan riset sebelum memilih finish dan bahan untuk kamar mandi Anda akan menguntungkan Anda dalam jangka panjang. Pastikan untuk mempertimbangkan gaya hidup Anda juga, karena hal terakhir yang Anda inginkan adalah kamar mandi yang indah, namun tidak nyaman untuk Anda gunakan.




5. Kurangnya ventilasi

5 kesalahan desain kamar mandi yang harus anda hindari!

A. Naber Design

Terakhir, ventilasi yang kurang adalah kesalahan desain besar yang harus Anda hindari di kamar mandi Anda, karena kamar mandi sangat rentan terhadap kelembaban, dan tanpa ventilasi yang memadai, hal ini dapat menyebabkan masalah jamur dan lumut.

Jika Anda melihat tanda-tanda jamur atau lumut di kamar mandi Anda, maka memastikan ruangan Anda memiliki ventilasi yang mencukupi adalah langkah pertama yang utama.


Sumber teaser: Maite Granda
Teks oleh: Gabrielle Patrick J.