Lampung adalah provinsi di ujung selatan Pulau Sumatra yang diberkahi dengan pesona baharinya yang luar biasa. Terdapat banyak wisata pantai Lampung yang sepertinya akan sayang sekali untuk dilewatkan saat berkesempatan berkunjung ke sana. Pantai memang seringkali dijadikan pilihan tempat berwisata, karena keindahannya dan dinilai bisa memberikan efek relaksasi yang efektif. 

Jika Anda berencana untuk berlibur ke Lampung, berikut ini beberapa wisata pantai Lampung yang menarik untuk dikunjungi. Ini daftarnya!


1. Pantai Piabung


Pantai Piabung termasuk tempat wisata pantai di Lampung yang masih tersembunyi dan belum banyak diketahui orang. Pantai indah yang masih terjaga kealamian dan kejernihannya ini terletak di Desa Sukabanjar, Kota Agung Timur, Lampung. 

Selain bisa menikmati keindahan pantainya, di sini Anda juga bisa melihat sunset jika cuaca sedang cerah dan memancing. 

Untuk datang ke Pantai Piabung, Anda tidak perlu merogoh kocek yang dalam karena harga tiket masuknya yang terbilang cukup murah, hanya Rp.15.000,- untuk pengendara motor dan Rp.25.000,- untuk pengendara mobil. 


2. Pantai Klara


(photo by @santiagotigo / @amomentphotos on instagram)


jika anda berencana berlibur ke pantai bersama keluarga, pantai klara yang terletak di daerah gebang, kabupaten pesawaran, lampung ini adalah pilihan tempat wisata yang tepat. pasalnya, ombak dan air di pantai klara cukup tenang dan dangkal sehingga aman untuk mengajak anak-anak berenang atau bermain air di pinggir pantai. 

perpaduan pasir putih dan airnya yang jernih membuat panorama pantai ini terlihat sangat indah dan menakjubkan, sekaligus bisa memberikan efek relaksasi yang baik. 

di tempat wisata ini, anda juga bisa menyewa kano, perahu, dan gubuk untuk menikmati keindahan pantai, serta bermain watersport dan snorkeling. 

untuk menikmati keindahan pantai klara, anda dikenakan biaya tiket masuk sebesar rp.15.000,- untuk motor dan rp.25.000,- untuk mobil. 


3. pantai tanjung setia


(photo by nauval mega @nauvalmega on instagram)


pantai tanjung setia adalah salah satu tempat wisata pantai di lampung yang tidak pernah sepi pengunjung, baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara. pantai ini terkenal dengan ketinggian ombaknya yang bagus untuk berselancar. keindahan bawah airnya juga tidak kalah menakjubkan untuk ber-snorkeling. 

untuk anda yang datang dari luar kota lampung atau hanya ingin menghabiskan waktu berlibur di pantai tanjung setia, anda bisa menginap di hotel sekitar pantai. 

untuk menikmati keindahan pantai tanjung setia yang terletak di desa tanjung setia, kabupaten lampung barat, anda dikenakan biaya tiket masuk sebesar rp.10.000,- saja. 


4. pantai gigi hiu


(photo by @bagasfeka on instagram)


nama pantai gigi hiu diambil lantaran adanya fenomena alam yang unik. pantai ini memiliki hamparan bebatuan karang yang tersebar dan menjulang tinggi secara alami di sepanjang pantai, yang tampak seperti gigi hiu. 

keindahan dan keeksotisan pantai gigi hiu sudah terkenal hingga ke mancanegara. namun, di pantai ini anda tidak diperuntukkan untuk berenang karena memang kondisi alamnya yang kurang mendukung keselamatan berenang dan ombaknya yang cukup berbahaya. 

akan tetapi, di pantai gigi hiu anda bisa menikmati panorama pantainya yang sangat menakjubkan, sambil menikmati suara deburan ombak memecah batu karang yang terasa sangat menenangkan dan menyegarkan. sebelum pulang, jangan lupa untuk mengabadikan setiap keindahan pantai gigi hiu dalam sebuah foto dan video. tapi, anda tetap harus berhati-hati, karena batuan karang yang terkena deburan ombak bisa sangat licin dan membahayakan keselamatan anda. 

pantai gigi hiu terletak di desa kelumbayan, kabupaten tanggamus, lampung. untuk menikmati keindahan pantai gigi hiu, anda dikenakan biaya tiket masuk sebesar rp.20.000,- per orang untuk wisatawan domestik dan rp.40.000,- untuk wisatawan mancanegara. 


5. pantai pasir putih


(photo by @deniseparamita on instagram)


sesuai dengan namanya, wisata pantai di lampung ini memang memiliki hamparan pasir putih di sepanjang pantainya. kombinasi pasir putih dan birunya air laut membuat panorama di pantai pasir putih ini terlihat sangat menakjubkan. pantai pasir putih terletak di desa tarahan, kabupaten lampung selatan. 

di tempat ini, anda bisa bersantai menikmati keindahan panorama pantai, berjalan-jalan di pinggir pantai sambil hunting foto, berenang, snorkeling, bermain kano, atau menikmati sunset di sore hari yang sangat cantik. 

jika anda ingin lebih menjelajahi pantai ini, anda bisa menyewa perahu nelayan untuk berlayar di sekitar pantai pasir putih.

bila anda tertarik untuk berlibur ke pantai pasir putih, anda dikenakan biaya tiket masuk sebesar rp.20.000,- per orang. 


6. pantai sari ringgung


(photo by achmad ihksan @isun26 on instagram)


pantai sari ringgung berlokasi di desa sidodadi, kabupaten pesawaran, lampung, jadi destinasi wisata pantai lampung berikutnya yang tidak boleh anda lewatkan. 

di pantai sari ringgung terdapat banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan, seperti watersports, bermain kano, bermain air di pinggir pantai, snorkeling, mengunjungi masjid terapung, duduk bersantai di tengah lautan, atau berswafoto di ayunan tepian pantai dan pasir timbul dengan panorama alam yang sangat menawan—salah satu spot selfie yang bagus. 

tempat wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas lainnya, seperti area bermain bagi anak-anak, cafe, dan rumah makan untuk menikmati sajian kuliner lezat pinggir pantai. 



tiket masuk pantai pasir putih terbilang cukup murah, hanya rp.20.000,- per orang. 


7. pantai tirtayasa


pantai tirtayasa masih berada di garis pantai yang sama dan berlokasi cukup dekat dengan pantai pasir putih, tepatnya di dusun way tataan, kelurahan sukamaju, kecamatan teluk betung timur, lampung. 

pantai tirtayasa tergolong masih sepi sehingga cocok untuk anda yang ingin healing dan mencari ketenangan. sama seperti pantai pasir putih, pantai tirtayasa juga memiliki pasir putih dengan hamparan lautan berwarna biru yang sangat menawan. 

di pantai ini, anda bisa melakukan sejumlah aktivitas menyenangkan seperti bermain banana boat, jet ski, berenang, berkeliling sekitar pantai dengan perahu, dan memancing. anda juga bisa bersantai di gazebo yang terletak di sepanjang pinggir pantai sambil menikmati indahnya pemandangan pantai.

untuk menikmati keindahan pantai tirtayasa, anda dikenakan biaya rp.15.000,- untuk biaya tiket masuk. 


8. pantai mutun


(photo by joni pranata @jp.joni on instagram)


bersama pantai pasir putih dan pantai tirtayasa, pantai mutun juga berada di garis pantai yang sama. pantai mutun termasuk wisata pantai di lampung yang belum terlalu banyak terekspos, jadi suaranya belum ramai dan tenang. walaupun begitu, anda bisa menikmati banyak aktivitas seru yang cukup lengkap, mulai dari berenang, menyewa perahu, bermain kano, parasailing, banana boat, berenang, snorkeling, seluncuran langsung ke laut, dan outbound

bila anda tertarik untuk berlibur ke pantai mutun yang berlokasi di desa sukajaya, kabupaten pesawaran, lampung ini, anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar rp.25.000,- per orang ditambah tarif parkir sebesar rp.10.000,- untuk motor dan rp.30.000,- untuk mobil. 


9. pantai labuhan jukung


(photo by jojo hutagalung @jojo_hutagalung on instagram)


wisata pantai di lampung berikutnya berada di pekon kampung jawa, kecamatan pesisir tengah, kabupaten pesisir barat, yang terkenal dengan nama pantai labuhan jukung. 

pasir putih berpadu dengan jernihnya air laut berwarna biru membuat pemandangan di pantai labuhan jukung tampak sangat indah dan menawan. ombaknya yang cukup tinggi sangat cocok bagus untuk berselancar. 

selain berselancar, anda juga bisa menyusuri sepanjang pantai sambil menikmati sisa hempasan ombak yang menyentuh kaki, berswafoto, dan menikmati sunset di sore hari. 

untuk menikmati keindahan pantai labuhan jukung, anda tidak akan dikenakan biaya tiket masuk, namun dikenakan tarif parkir sebesar rp.5000,- untuk motor dan rp.10.000,- untuk mobil. 


10. pulau kelagian kecil


(photo by achmad ihksan @isun26 on instagram)


untuk bisa menjangkau wisata pantai di lampung ini, maka anda perlu menaiki perahu melalui pelabuhan ketapang selama 20 menit, barulah anda sampai ke pulau kelagian kecil yang memiliki pemandangan alam sangat indah dengan pasir putihnya yang bersih dan airnya yang jernih. 

pulau kelagian kecil juga memiliki keindahan bawah laut yang tidak kalah menawan untuk ber-snorkeling. sayangnya, fasilitas di pulau ini masih belum cukup memadai, sehingga usahakan untuk membawa perlengkapan dan perbekalan sendiri. 


11. pantai walur


(Photo by Dwi Rino @akunrino on Instagram)


Satu lagi tempat wisata pantai di Lampung yang bisa Anda kunjungi untuk berlibur bersama keluarga, yaitu Pantai Walur. Pantai Walur terletak di Desa Walur, Kecamatan di Pesisir Tengah, Kabupaten Lampung Barat. Pantai ini menawarkan pesona keindahan pasir putih dan birunya air laut yang jernih. Serta, pemandangan hijau yang berasal dari padang rumput dan pohon kelapa yang tumbuh subur di sekitar pantai. Anda juga bisa menyalurkan hobi memancing di Pantai Walur ini, karena ada banyak jenis ikan di sana yang bisa dipancing. 

Anda juga bisa berswafoto di Pantai Walur karena banyak spot foto yang sangat Instagramable, terlebih saat sunset di sore hari. 

Untuk menikmati keindahan Pantai Walur, Anda tidak akan dikenakan biaya tiket masuk, alias gratis. Hanya saja, Anda tetap perlu membayar tarif parkir sebesar Rp.2000,- untuk motor dan Rp.5000,- untuk mobil. 



Itulah beberapa tempat wisata pantai Lampung yang bisa Anda kunjungi saat berlibur ke provinsi Lampung. Selamat berlibur!




Penulis: Calvin