Staycation di villa kini jadi pilihan liburan yang awam semenjak pandemi. Khusus villa di Indonesia, kerap kali mengusung desain bangunan modern dengan sentuhan etnis yang unik hanya ditemukan di Indonesia. Ditambah pula dengan lingkungan alam yang eksotis, semakin menambah selling point yang mengundang wisatawan lokal dan internasional untuk tinggal di beragam villa populer di Indonesia.




bersama desainer interior hidajat endramukti, alacasa mengupas 4 tips desain untuk membangun desain kamar villa yang nyaman dan menggoda tamu untuk betah staycation di villa tersebut. mari simak tips desain kamar villa bernilai unik indonesia sembari melihat penerapannya di villa wilson garapan hidajat endramukti dan one architect yang berlokasi di bali, indonesia.


1. exposed sloped ceiling

memanfaatkan desain bangunan dengan atap pelana, kamar tidur menerapkan sloped ceiling yang mengekspos struktur ceiling di kamar. dengan demikian memberikan kesan ruang yang tinggi dan lega.




2. hadirkan poster bed

jenis tempat tidur dengan box frame seperti ini menciptakan ilusi serasa dirangkul saat berbaring di kamar villa. selain itu, kehadiran ruang kotak semu dari tempat tidur meminimalisir rasa overwhelm secara volume ruang saat berada di kamar dengan tinggi lebih dari standar tinggi kamar biasanya.




baca juga, private villa untuk honeymoon di bali: villa abia




3. kamar villa menghadap outdoor

selain untuk membangun sirkulasi udara segar, menyuguhkan visual area outdoor dari dalam ruangan mampu mengurangi stres bagi user. ini dikarenakan, cortisol atau hormon stres di tubuh manusia akan tereduksi saat terekspos lingkungan alam. selain itu, ruang alam juga bisa meningkatkan level endorphin dan memproduksi dopamine yang membantu ciptakan perasaan bahagia bagi manusia.




4. best selling point villa indonesia = sentuhan etnis

motif eksotis yang dimiliki beragam budaya di indonesia merupakan hal yang menjadi elemen penarik perhatian serta unik bisa dinikmati saat menginap di villa di indonesia. walaupun demikian, demi memancarkan kesan elegan, sebaiknya cukup kombinasikan 3 - 4 jenis benda berkarakter sama agar elemen dekorasi tidak terkesan berlebihan. misalnya saja, gunakan bantal dengan alas 3 - 4 motif eksotis yang berbeda namun masih dalam palet warna serupa untuk menghias sofa.




Baca juga, 21 Inspirasi Rumah Tropis Gaya Villa Bali, Liburan di Rumah!


Ulasan lebih lengkap mengenai Villa Wilson ciptaan Hidajat Endramukti ini dapat ditemukan di buku CASA by AlaCASA edisi 2022 Chill


Sumber foto: Hidajat Endramukti