Kamar tidur bergaya boho, kependekan dari bohemian, adalah tentang memadukan berbagai tekstur, pola, dan warna untuk menciptakan tampilan eklektik dan eksentrik. 


Meskipun tidak ada aturan khusus dalam mendekorasi kamar tidur bergaya Boho, tetapi gaya bohemian identik dengan warna-warna cerah. Seringkali, warna pink, gold, biru, hijau, dan jingga, yang dipadukan dengan barang-barang unik dan penuh warna sebagai bagian dari dekorasi. 


Namun saat ini, dekorasi interior bergaya boho sering dipadukan dengan gaya populer seperti Skandinavia atau minimalis, menggunakan palet warna netral dan pilihan dekor dan furnitur yang lebih sederhana. Itu menciptakan variasi gaya bohemian yang dikenal dengan modern boho atau urban boho. Modern boho mengadopsi elemen-elemen gaya bohemian yang paling menonjol, seperti rotan, kayu, macrame, dan pola etnik pada bantal dan karpet. Serta unsur hijau dari tanaman indoor. 


Berikut ini beberapa tips mendekorasi gaya modern boho untuk kamar tidur yang bisa Anda jadikan inspirasi. 


1. Beri Aksen Kayu dan Rotan


(photo by sara combs / @saracombs on instagram)


skema warna serba putih pada dinding kamar tidur yang dipadukan dengan rona hangat alami dari aksen kayu adalah salah satu lambang bohemianisme. mulai dari dipan tempat tidur, wall shelf, nakas, hingga batang gorden. letakkan benches bergaya etnik di depan tempat tidur. gunakan juga marcrame pillow dan lampu gantung rotan untuk menambah kesan boho di dalam kamar tidur. 


2. beri sentuhan warna hijau


(photo by @polyandbark on instagram)


selain aksen kayu, unsur hijau dari tanaman indoor juga merupakan lambang bohemianisme. anda bisa memberikan sentuhan warna hijau melalui tanaman indoor berbagai bentuk, ukuran, dan tinggi. tanaman hijau bertindak sebagai 

pop up color di dalam skema warna netral dan juga bekerja sangat baik untuk membersihkan udara, yang bisa membantu anda tidur lebih nyenyak.


3. tetap pada skema warna netral dan alam


(photo & design by abby saylor armbruster / abbysaylor.com)

 

pada kamar tidur bergaya modern boho, skema warna sangat bergantung pada rona warna netral yang terinspirasi dari alam, misalnya, cokelat tanah, sage green, mustard, taupes, dan banyak lagi. gunakan warna putih pada dinding kamar tidur, itu akan memudahkan anda untuk membuat palet warna impian anda.




4. layering tekstil 


(photo by sara ligorria-tramp/ design by emily henderson design)


layering tekstil adalah salah satu bagian integral dalam elemen dekorasi bergaya boho. anda bisa me-layer selimut dengan throw blanket. atau, me-layer karpet etnik di atas karpet simple polos dengan aksen tessel di sisi-sisinya. 


5. biarkan cahaya alami masuk ke dalam kamar


(photo & design by sarah yates mora / @sarahyatesmora on instagram)


jika anda perhatikan, kamar tidur dengan gaya bohemian selalu membiarkan pencahayaan alami masuk dan memberikan nuansa terang. untuk itu, jangan halangi sumber cahaya alami dengan tirai yang tebal, gelap, atau blackout. sebaiknya, gunakan tirai putih yang memungkinkan cahaya alami masuk ke dalam kamar tidur. 


6. tambahkan dekorasi unik dan memiliki kesan vintage


(Photo by @kshandesign on Instagram)


Untuk semakin menguatkan gaya bohemian di dalam kamar tidur Anda, tambahkan beberapa dekorasi unik, memiliki kesan vintage dan budaya global. Mungkin aksesori rumah yang Anda kumpulkan dari perjalanan Anda ke kota atau negara lain, Anda bisa membelinya di toko-toko barang antik, atau Anda bisa memanfaatkan barang-barang lama di rumah Anda menjadi dekorasi di kamar gaya boho. 



Itulah beberapa tips mendekorasi gaya modern boho untuk kamar tidur yang bisa Anda jadikan inspirasi.