Saat ini, model rumah mezzanine minimalis sedang banyak diminati, karena dianggap bisa jadi solusi untuk mendapatkan ruang extra pada rumah kecil dengan biaya yang lebih murah. 

Mezzanine berasal dari kata mezzo yang berarti bagian tengah dalam bahasa Italia. Jadi, mezzanine adalah sebuah balkon di dalam ruangan atau lantai tambahan yang berada di tengah—di antara lantai bawah dengan langit-langit rumah dalam satu lantai—tanpa menambah lantai bangunan. 

Jika Anda tertarik untuk membuat mezzanine di rumah, berikut ini beberapa desain rumah dengan mezzanine minimalis yang bisa Anda jadikan inspirasi. 


1. Mezzanine untuk Kamar Tidur


(photo: aditkok (@aditkok) / arsitek & desainer interior: biroe (@biroearchitecture))


bagi anda yang ingin ruang extra pada kamar tidur kecil, lantai mezzanine adalah solusi yang tepat. anda bisa memanfaatkan lantai mezzanine untuk tempat tidur, dan bagian bawahnya sebagai ruang kerja, ruang belajar, atau sekedar tempat bersantai. selain bisa meningkatkan fungsi ruangan itu sendiri sebagai kamar tidur, lantai mezzanine juga mampu memberikan kesan unik, lho!


2. mezzanine untuk ruang privasi


(photo: julia zanette (@juliazanette) / arsitek : giselle de luca zanatta (@gisellezanattaarquitetura))


lantai mezzanine yang tertutup juga ideal difungsikan sebagai ruang privasi di rumah. pada lantai mezzanine, anda cukup menambahkan dinding dan jendela kaca guna membuatnya lebih privasi. gunakan jendela kaca model casement atau awning yang bisa dibuka dan ditutup, sehingga mampu memberi pertukaran udara dan pencahayaan alami yang baik, tapi tetap menjaga fungsinya sebagai ruang privasi. 


3. mezzanine sebagai tempat kerja


(design by zrobim architects)


anda juga bisa memanfaatkan mezzanine sebagai area untuk bekerja di rumah. anda bisa menciptakan ruang kerja mezzanine di tempat yang paling memungkinan di rumah, di atas pintu masuk, misalnya. meja ruang kerja tampak mengambang berkat pagar kaca, yang semakin menambah keunikan visual lantai mezzanine ini. selanjutnya, tata kursi dan peralatan kerja sesuai dengan selera dan luas dari lantai mezzanine.


4. mezzanine sebagai ruang serbaguna di rumah


(design by aleksandr andreychikov)


rumah mezzanine minimalis yang dirancang oleh aleksandr andreychikov ini menampilkan lantai mezzanine yang dibuat seolah-olah terhubung dengan perpustakaan di bawahnya, menjadikannya area baca tambahan dan ruang serbaguna yang nyaman di rumah. dibuat di atas platform kayu dan metal yang dicat warna hitam memberi sentuhan gaya industrial ke dalam rumah. 




5. desain ceiling berbentuk segitiga di atas mezzanine


(design by curly studio)


memiliki langit-langit rumah berbentuk segitiga tidak menjadi halangan untuk membuat lantai mezzanine. rumah mezzanine minimalis yang dirancang oleh curly studio ini menampilan lantai mezzanine di bawah langit-langit rumah berbentuk segitiga. meja kerja didesain tampak mengambang karena pagar kaca yang dipasang di antara meja dan rak kabinet di bawahnya. 

dilihat dari perspektif ruang tamu, lantai mezzanine ini tidak hanya dimanfaatkan sebagai area kerja tetapi juga kamar tidur. 


6. mezzanine sebagai teras 


(Design by Andrew Franz Architect / archdaily.com)


Lantai mezzanine yang dimanfaatkan sebagai teras luar ruangan dengan atap kaca karya Andrew Franz Architect ini bisa jadi inspirasi bagi Anda dalam memanfaatkan lantai mezzanine. Penggunaan atap kaca bisa memberi perlindungan dari hujan sambil tetap membiarkan sinar matahari masuk ke dalam rumah. Lantai mezzanine ini juga masih dibuat terhubung ke ruang tamu di bawahnya. 




(Penulis: Calvin)
(Teaser: Design by Curly Studio)