Semua rumah pasti dilengkapi lampu di dalamnya. Lampu adalah alat penerangan yang mempunyai peran penting untuk menunjang eksistensi sebuah ruangan di dalam rumah. Penerangan yang baik di dalam rumah tentunya bisa memberikan kenyaman bagi seluruh anggota keluarga di rumah, menambah nilai estetika, dan membentuk suasana. 


Selain lampu yang dipasang pada ceiling atau langit-langit, sebuah ruangan juga membutuhkan lampu lantai (floor lamp) sebagai alat penerangan tambahan. Itu berfungsi untuk menyeimbangkan kecerahan yang ditawarkan oleh lampu ceiling dan menciptakan ambience, sekaligus sebagai dekorasi rumah. 


Anda mungkin menemukan berbagai jenis lampu lantai yang berbeda, yang setiap jenisnya memiliki fungsinya masing-masing. Jangan asal membeli, berikut ini AlaCASA akan menjelaskan setiap jenis dan fungsi lampu lantai, sehingga Anda bisa menentukan mana yang terbaik untuk ruangan di rumah Anda.  


1. Torchiere


(photo by spacejoy on unsplash)


torchiere adalah salah satu jenis lampu lantai populer dan mudah dikenali—dapat dikenali dari bentuknya yang berdiri tegak seperti obor dengan naungan pencahayaan yang mengarah ke atas. nama torchiere berasal dari kata “torch” dalam bahasa prancis yang berarti obor dalam bahasa indonesia. 


karena bentuknya yang ramping, versatile, dan simple, torchiere tidak membutuhkan banyak ruang dan dapat cocok untuk hampir semua desain interior ruangan. anda bisa meletakkan torchiere ini di sudut ruangan rumah anda untuk memberi pencahayaan ke atas, menuju langit-langit rumah. 


2. tray lamp


(lampsplus.com)


tray lamp adalah jenis lampu lantai dengan meja atau tray pada bagian bawahnya. tray pada lampu lantai ini dapat terbuat dari beragam material, dibuat dari kaca, kayu, marmer, plexiglass, dan lainnya yang disesuaikan dengan gaya desain masing-masing lampu lantai. 


jenis lampu lantai ini mampu memberikan nauangan pencahayaan di area sekitar lampu diletakkan, dan mungkin dapat memberikan penerangan yang cukup baik di ruangan kecil. 


karena berfungsi sebagai lampu lantai sekaligus meja kecil, tray lamp biasanya memiliki harga yang cenderung lebih mahal daripada lampu lantai lainnya. 


3. arched lamp


(photo by spacejoy on unsplash)


sesuai namanya, arched lamp merupakan jenis lampu lantai yang memiliki batang lampu melengkung, yang sangat bagus untuk memberikan naungan pencahayaan ke arah bawah. ini adalah lampu lantai yang disamarkan sebagai lampu gantung. tak hanya fungsional, arched lamp juga sangat indah dan kehadirannya sungguh sangat sophisticated untuk interior rumah anda. 




anda bisa menggunakan arched lamp ini sebagai lampu penerangan tambahan saat membaca buku.


4. swing arm lamp


(photo by karolina grabowska on pexels)


seperti namanya, swing arm lamp adalah jenis lampu yang dilengkapi dengan lengan pivot yang dapat diayunkan atau diputar ke sejumlah posisi, memungkinkan anda mengontrol posisi sumber pencahayaan sesuai keinginan. ini adalah jenis lampu yang lengannya dapat digerakkan ke berbagai arah. swing arm lamp dapat menjadi opsi lampu ideal lainnya untuk membaca dan bekerja. 


5. club lamp


(photo by spacejoy on unsplash)


lampu lantai club, atau club floor lamp, adalah jenis lampu lantai yang paling populer dengan desain basic dan simple yang cocok untuk hampir semua gaya desain interior rumah. jenis lampu lantai ini memiliki batang lampu yang kokoh dengan kap lampu sederhana di sekitar bola lampu yang memancarkan cahaya lembut. 


6. tower lamp


(photo by mk. s on unsplash)


di samping fungsi utamanya sebagai sumber pencahayaan tambahan, bentuknya yang unik membuat tower lamp juga memilki fungsi dekoratif yang sangat baik. lampu ini bahkan dapat berfungsi sebagai titik fokus yang bisa menambah daya tarik visual ruangan. ada banyak variasi bentuk tower lamp yang bisa anda pilih, mulai dari bentuk yang paling sederhana hingga bentuk sculpture modern


7. lampu lantai down bridge


(photo by kirill on unsplash)


lampu lantai down bridge adalah jenis lampu lantai yang memiliki batang lampu tegak kokok, namun pada bagian paling atas batang lampu sedikit melengkung ke bawah, membuat kap atau bohlam lampu seperti tampak menggantung. lampu ini mampu memberi naungan pencahayaan mengarah ke bawah yang cukup baik. jenis lampu lantai ini sangat bagus untuk ditempatkan di samping sofa atau meja kecil, dan merupakan salah satu pilihan lampu baca terbaik. 


8. tree lamp


(anthropologie.com)


Tree lamp merupakan jenis lampu lantai yang mencakup beberapa lampu individual yang dipasang ke batang lampu utama. Tree lamp biasanya mampu menambah pencahayaan ke berbagai area ruangan, sesuai dengan penempatan bohlam. 


Itulah beberapa jenis lampu lantai yang bisa Anda pilih untuk menambah pencahayaan di dalam ruangan. Mana jenis lampu lantai idaman Anda?