Kenyamanan serta ambience yang dihadirkan dalam sebuah restoran menjadi hal yang perlu diutamakan, tidak hanya cita rasa menu saja yang disajikan. Salah satu restoran yang masuk daftar penghargaan Asia’s 50 Best Restaurants ada di Indonesia!




Restoran August yang berlokasi di Sequis Tower, Sudirman Central Business District (SCBD) Jakarta, menduduki urutan ke-46 dalam penghargaan Asia’s 50 Best Restaurants. Hal ini menjadikan August dinobatkan sebagai Best Restaurant in Indonesia karena satu-satunya restoran yang masuk dalam daftar penghargaan tersebut.




Berdiri pada November 2021, restoran August memberikan suasana modern tanpa kesan intimidatif. Menariknya lagi, restoran ini sajikan menu kuliner dengan teknologi DNA yang menghasilkan menu lebih bergizi dan mengutamakan cita rasa khas Indonesia.




Nama August sendiri berasal dari bulan kelahiran sang pemilik dan memiliki arti sebagai tujuan mereka untuk dihormati dan bersinar. Makna ini jadi sebuah tema yang diterjemahkan langsung oleh August dalam kualitas layanan dan sajian yang berikan.




Pemiliki sekaligus chef yang sudah terakreditasi dalam dunia kuliner yaitu Hans Christian dan Budi Cahyadi sebagai managing partner. Keduanya berhasil menciptakan pengalaman unik para pelanggan saat berkunjung dan menikmati sajian di restoran August.






Nuansa elegan kontemporer yang ditonjolkan berikan kesan ruang makan menarik. Restoran berkapasitas 50 tempat duduk ini menggunakan konsep penerangan dengan lampu redup yang menghadirkan suasana warm dan cozy. Terdapat area dapur terbuka yang bisa dilihat oleh para pengunjung, dilengkapi juga dengan furnitur rak-rak buku menambah kenyamanan menyeluruh.




Terdiri dari 16 hidangan termasuk enam menu camilan dalam Chef’s Journey Tasting Menu yang memiliki cerita masing-masing pada tiap hidangan. Chef Hans mengutamakan menu dengan cita rasa Indonesia dalam restoran August lewat bahan dan bumbu lokal, yang diinterpretasikan dengan modern.




Setiap bahan dan bumbu diambil dari pemasok berbagai daerah di Indonesia, beberapa diantaranya telur dari peternakan James & Jen di Bogor, keju dari Mazaraat Cheese di Yogyakarta, sayuran dari perkebunan di Lembang, dan vanilla pod yang dipasok dari Experience Vanilla di Sukabumi.

Ini dia beberapa rekomendasi menu signature di August

1. Squid, Black Bean, Green Chili

Menu seafood cumi-cumi yang direndam dalam citrus dan kecap lalu dipanggang. Disajikan dengan cabai hijau dan saus hitam yang terbuat dari kacang hitam, zaitun hitam, dan tinta dari cumi.






2. White Fish, Bilimbi, Ginger Flower

White fish dengan lapisan gula lemon, dilengkapi bunga jahe, belimbing sayur pada sajiannya. Aroma kaldu kuning yang menjadi signature dalam menu ini dan minyak dari daun kari.




3. Tomato, Kalamansi, Smoked Fish

Potongan tomat dengan sirup kalamansi, telur ikan salmon yang dimarinasi, dan black tea jelly atau teh tubruk, dilapisi dengan daging asap ikan seabream.






4. Foie PB&J (Crispy Toast, Foie Mousse, Peanut Praline, Pickled Grapes)

Hidangan dengan tampilan unik ini berupa roti lapis dengan selai kacang yang diberi tambahan foie mousse, dan sentuhan akhir dari acar anggur.




5. Frozen ‘Garut’ Coffe

Menu dessert kopi Garut yang disajikan dengan gula aren, jahe, dan coconut nectar. Dilapisi dengan torched meringue coffee.






Sumber gambar: August Restaurant
Teks oleh: Desvita Aulia R.