Ventilasi adalah salah satu bagian penting dari sebuah rumah. Fungsi utama ventilasi yaitu mengalirkan udara dari luar ke dalam rumah, dan sebaliknya, sehingga terjadi pertukaran udara yang baik dan sehat. Inilah yang membuat udara di dalam rumah terasa lebih sejuk dan adem. 

Tanpanya, kualitas udara, suhu, dan kelembapan di dalam rumah akan terganggu. Hal itu juga akan meningkatkan potensi kerusakan yang lebih cepat pada struktur dan material bangunan. 

Salah satu sistem ventilasi yang paling sering digunakan dan dianggap paling ideal untuk hunian, yaitu ventilasi silang atau cross ventilation. Sistem ventilasi silang ini dinilai sangat efektif untuk membantu mengurangi ketergantungan pada alat pendingin ruangan, sehingga bisa menghemat energi dan biaya bulanan rumah tangga secara keseluruhan. 

Dalam artikel ini, CASA telah merangkum semua yang perlu Anda ketahui tentang sistem ventilasi silang atau cross ventilation. Simak!


Apa itu sistem ventilasi silang?


Ventilasi silang atau cross ventilation merupakan sistem ventilasi alami yang memanfaatkan dua bukaan yang letaknya saling berhadapan di dalam satu ruangan, seperti jendela, pintu, atau lubang ventilasi.


designingbuildings.co.uk


Cara kerja ventilasi silang cukup sederhana. Dua bukaan, seperti jendela, pintu, atau lubang ventilasi, ditempatkan saling berhadapan di dalam satu ruangan. Ketika hembusan angin masuk melewati bukaan ini, maka akan menciptakan jalur sirkulasi udara; udara segar yang masuk dari satu sisi bukaan menggantikan udara pengap di dalam ruangan, kemudian dikeluarkan melalui bukaan di sisi berlawanan di dalam satu ruangan, sehingga menghasilkan aliran udara yang sejuk dan aman sepanjang hari. 


Manfaat Ventilasi Silang di Dalam Rumah


1. Meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan


Arsitek: 85 Design


Satu manfaat utama sistem ventilasi silang yaitu dapat membantu meningkatkan kualitas udara dengan menghilangkan debu, polutan, bau tidak sedap, dan kelembapan berlebih di dalam ruangan. 

Udara yang terperangkap di dalam ruangan tertutup—sirkulasi udara buruk—dapat mengumpulkan bau dan kelembapan berlebih, yang membuat ruangan pengap dan berbau apek. Sirkulasi udara yang buruk juga dapat memicu penumpukan alergen, jamur, dan kontaminan lainnya yang bisa mengganggu kesehatan. 

Dengan menerapkan sistem ventilasi silang, pertukaran udara di dalam rumah menjadi lebih optimal, sehingga bisa membantu mengeluarkan bau tidak sedap dan mengurangi kelembapan, lalu menggantinya dengan udara yang lebih segar.  


2. Sebagai pendingin udara alami


Arsitek: Quesnel arquitectos / Fotografer: Manolo R. Solis




Dengan masuknya udara segar dari luar ke dalam rumah, dan keluarnya udara pengap dari dalam ke luar rumah, itu bisa menghasilkan udara yang lebih sejuk dan adem di dalam ruangan. Sederhananya, sistem ventilasi silang dapat membantu memaksimalkan sirkulasi udara dan mengontrol suhu, sehingga udara di dalam ruangan akan terasa lebih segar. 


3. Efisiensi energi


Arsitek: Estudio GMARQ


Dengan suhu di dalam ruangan yang lebih sejuk dan adem, maka pemakaian alat pendingin ruangan seperti air conditioner (AC) di dalam rumah pun bisa lebih ditekan. Itu artinya bisa menurunkan konsumsi energi dan mengurangi emisi karbon.


4. Hemat Biaya


Arsitek: Juarranz & de Andres / Fotografer: Miguel Fernández-Galiano


Satu lagi manfaat penting menerapkan sistem ventilasi silang pada hunian, yakni hemat biaya. Menerapkan ventilasi silang pada hunian dapat membuat suhu di dalam ruangan terasa lebih sejuk dan adem, sehingga bisa mengurangi kebutuhan akan alat pendingin ruangan. 

Dengan mengurangi pemakaian air conditioner (AC) dan memaksimalkan ventilasi silang di dalam rumah, itu dapat meminimalkan maintenance cost yang perlu dikeluarkan setiap bulannya. 

Selain itu, bukaan besar juga bisa membantu memaksimalkan pencahayaan alami di dalam rumah, sehingga Anda bisa mengurangi penggunaan lampu terutama pada siang hari cerah.  


Lantas, gimana cara menerapkan ventilasi silang di rumah?


Meletakkan sistem ventilasi silang di rumah perlu diperhatikan, supaya fungsinya dapat lebih optimal. Buatlah bukaan angin masuk yang tegak lurus dengan datangnya arah angin, dan bukaan angin keluar yang letaknya berseberangan dengan bukaan angin masuk, yang memiliki ukuran sama besar atau lebih besar. 



Itulah tadi semua yang perlu Anda ketahui tentang sistem ventilasi silang atau cross ventilation pada hunian. Ventilasi silang adalah sistem ventilasi alami yang menawarkan banyak manfaat, termasuk meningkatkan kualitas udara, mengontrol suhu ruangan, efisiensi energi, dan hemat biaya. Dengan memanfaatkan sirkulasi udara alami, itu dapat menciptakan rumah yang lebih sehat dan nyaman bagi penghuninya.