Museum merupakan tempat yang menawarkan pengalaman untuk mengagumi kreativitas para seniman, mengapresiasi karya-karya mereka, memahami sejarah, dan melihat dunia dari perspektif yang berbeda. Di seluruh dunia, ada banyak sekali museum seni. Bahkan beberapa diantaranya telah menjadi destinasi wisata tersendiri, yang wajib dikunjungi oleh semua pecinta seni.

Berikut ini CASA telah merangkum beberapa museum seni terkenal dan terbaik di dunia, yang bisa Anda masukkan ke dalam daftar tempat untuk dikunjungi saat berlibur ke negara-negara ini. Simak daftarnya!


1. The Museum of Modern Art (MoMA), New York


@themuseumofmodernart

the museum of modern art (moma) merupakan salah satu museum seni terkenal dan bergengsi di dunia, yang berada di manhattan, new york city, amerika serikat. museum seni ini menampilkan berbagai karya seni modern “klasik” dan kontemporer terbaik, termasuk mahakarya seperti "the starry night" karya vincent van gogh, “les demoiselles d'avignon” karya picasso, “the persistence of memory” karya dali, “campbell's soup cans” karya andy warhol, dan “self-portrait with cropped hair” karya frida kahlo. 

selain lukisan, the museum of modern art (moma) ini juga menampilan banyak karya sculpture, fotografi, instalasi, screen printing, ilustrasi, film, arsitektur dan desain. serta memiliki lebih dari 300.000 buku dan majalah mengenai sejarah seni dan profil para seniman. 


2. musée d'orsay, paris


sophie crépy / @museeorsay


@sua.and.mom / @museeorsay


musée d’orsay terletak tepi sungai seine, paris, prancis. museum seni ini terkenal karena merupakan tempat bagi sebagian besar mahakarya seniman prancis, termasuk lukisan, sculpture, furniture, dan fotografi. museum ini menyimpan dan menampilan koleksi mahakarya dari claude monet, vincent van gogh, paul gauguin, paul cézanne, pierre-auguste renoir, Édouard manet, jean-françois millet, dan masih banyak lainnya. separuh dari pengalaman berkunjung ke musée d’orsay ini adalah menikmati kemegahan arsitekturnya, yang mengusung gaya arsitektur beaux-arts dengan langit-langit kaca berkubah. 


3. louvre, paris


olivier ouadah / @museelouvre


antoine mongodin / @museelouvre


louvre dianggap sebagai museum seni terbaik dan terkenal di dunia, yang berada di dalam louvre palace. louvre merupakan rumah bagi lebih dari 35.000 karya seni kuno, klasik, dan renaisans terbaik di dunia, termasuk mahakarya lukisan terkenal “mona lisa” karya leonardo da vinci dan patung “venus de milo” dan “winged victory of samothrace”.


4. tate modern, london



tate modern merupakan salah satu museum seni paling terkenal di dunia, yang memiliki koleksi karya seni modern dan kontemporer nasional britania raya. tempat ini juga menampilkan banyak mahakarya terkenal dunia lainnya, mulai dari karya pablo picasso, salvador dali, mark rothko, hingga marcel duchamp. selain menampilkan koleksi tetap, tate modern juga kerap menggelar pameran karya seni instalasi yang menakjubkan. sama seperti musée d'orsay, selain koleksi karya seni di dalamnya, daya tarik lain dari tate modern ini berasal dari arsitekturnya sendiri, yang mengusung gaya contemporary architecture


5. the metropolitan museum of art, new york


@sheridan_proctor / @metmuseum


the metropolitan museum of art adalah museum seni terbesar dan terkenal di dunia, yang terletak di new york, amerika serikat. koleksi permanen museum ini menyimpan karya seni dunia dari zaman near east kuno, mesir kuno, postmodern, modern, hingga kontemporer, yang mencakup lukisan, patung, dan karya seni lainnya. 

museum ini juga merupakan rumah bagi koleksi ensiklopedis alat musik, kostum, seni dekoratif dan tekstil, serta senjata dan baju besi antik dari seluruh dunia. di antara karya-karya seni terkenal, anda dapat melihat dan mengangumi lukisan “the gulf stream” karya winslow homer, “view of toledo” karya el greco, “self-portrait with straw hat” karya vincent van gogh, dan “the oxbow” karya thomas cole. 


6. guggenheim museum, new york



@guggenheim


bangunan guggenheim museum, new york, merupakan salah satu mahakarya desain dari arsitek terkenal frank lloyd wright. guggenheim museum menyimpan banyak koleksi karya seni impresionisme, modern, hingga seni kontemporer. di tempat ini, anda akan dapat melihat dan mengagumi karya-karya seniman terkenal dunia seperti juan gris, kandinsky, georges braque, dan paul klee, serta arsitekturnya sendiri. 


7. van gogh museum, amsterdam




dari namanya saja kita sudah tahu kalau museum ini didedikasikan untuk mahakarya seni dari vincent van gogh. vincent van gogh merupakan salah satu tokoh paling berpengaruh dalam seni modern, yang dikenal di seluruh dunia karena karya-karyanya yang khas. van gogh museum di amsterdam ini menampung banyak koleksi mahakarya seni van gogh, dan juga memamerkan sketsa dan surat pribadi miliknya. museum ini telah menjadi landmark ikonik ibu kota belanda.


8. the british museum, london


andras stefuca / pexels




@britishmuseum


tak hanya menjadi salah satu museum terkenal dan terbaik di dunia, the british museum juga merupakan salah satu museum tertua di dunia. the british museum berada di distrik bloomsbury, london, uk, yang menyimpan koleksi-koleksi yang didedikasikan untuk sejarah peradaban manusia. di museum ini, anda bisa menelusuri sejarah dan budaya manusia dari awal hingga zaman modern. 


9. uffizi gallery, florence


@uffizigalleries


uffizi gallery berada di florence, italia, yang menjadi salah satu museum paling terkenal di dunia. uffizi gallery termasuk salah satu museum modern tertua yang memamerkan banyak karya seni renaisans italia yang luar biasa, termasuk koleksi milik keluarga medici. 

di dalam museum ini, anda bisa melihat dan mengagumi keindahan karya-karya seperti “the birth of venus” dan "primavera" karya sandro botticelli, "medusa" karya caravaggio, "adoration of the magi" dan "the annunciation" karya leonardo da vinci, dan “the holy family" karya michelangelo.


10. tokyo national museum, tokyo



@tokyonationalmuseum


menampung lebih dari 117.000 karya seni dan artefak dari jepang dan wilayah asia lainnya, tokyo national museum ini termasuk museum nasional tertua dan terbesar di jepang (dan di dunia). museum ini memamerkan banyak karya seni jepang dari zaman prasejarah hingga akhir abad ke-19, yang mencakup patung, lukisan, woodblock prints, dan tembikar. 


11. musée national d'art moderne, paris


Pierre Antoine / @museedartmodernedeparis


Musée National d'Art Moderne, atau lebih dikenal dengan Centre Pompidou, adalah salah satu museum di Eropa yang secara eksklusif didedikasikan untuk memerkan karya seni modern. Diantara banyaknya koleksi di Musée National d'Art Moderne, beberapa karya terkenalnya yaitu "Man With a Guitar" karya Georges Braque, "Pure Painting" karya Theo van Doesburg, dan "To the Unknown Voice" karya Wassily Kandinsky. 

Selain mengangumi koleksi karya seni di museum ini, Anda juga bisa mendapatkan pengalaman menikmati arsitekturnya yang juga merupakan sebuah karya seni kontemporer yang penuh warna dan eksperimental, baik pada fasad maupun interiornya. 


12. Museo del Prado, Madrid



Museo del Prado yang berada Madrid, Spanyol, merupakan museum seni dan patung terbaik di dunia. Museo del Prado merupakan rumah bagi koleksi seni Spanyol terlengkap, yang mencakup karya-karya terkenal seperti “ Las Meninas” karya Diego Velázquez, “Black Paintings” karya Francisco Goya, dan “The Garden of Earthly Delights” karya Bosch yang sebelum berada di istana kerajaan Spanyol, El Escorial.



Itulah beberapa museum seni terkenal dan terbaik di dunia yang bisa Anda masukkan ke dalam daftar tempat untuk dikunjungi saat mengunjungi negara-negara tersebut. Setiap museumnya, dengan koleksi yang berbeda, menawarkan pengalaman mengagumi kreativitas dan melihat dunia dari perspektif yang berbeda-beda.