Seni kontemporer merupakan sebuah cabang seni yang sering dianggap abstrak, rebellious, dan bahkan membingungkan, karena kerap menunjukkan karya seni inovatif yang mencerminkan modernitas yang kompleks. Seni kontemporer mulai dikenal sejak akhir abad ke-20 dan awal abad ke-21, yang mencakup hasil karya berupa lukisan, patung, fotografi, hingga instalasi. 

Namun, apa sebenarnya definisi seni rupa kontemporer? Dan apa saja contoh karya seni kontemporer? CASA sudah merangkumnya untuk Anda!


Apa itu seni rupa kontemporer?


Seni kontemporer sering disebut sebagai “the art of today,” yang artinya seni masa kini. Seni kontemporer mulai dikenal sejak akhir abad ke-20 dan awal abad ke-21. Karya seni kontemporer yang dihasilkan oleh seniman kontemporer biasanya menampilkan karya seni inovatif dan tidak seragam. Oleh karena itu, gaya seni yang satu ini mungkin sulit dideskripsikan secara tepat, karena memang memiliki pendekatan atau gaya tersendiri yang membedakannya dengan cabang seni yang lain. 

Beberapa orang berpendapat bahwa, pendekatan dasar dari gaya seni ini yaitu anggapan bahwa seni itu adalah sarana untuk mengekspresikan diri, untuk mengeksplorasi ide-ide baru, melampaui batas-batas tradisional, dan sebagai cara untuk merespons atau terlibat dalam isu sosial dan budaya terkini. Itu artinya, seni kontemporer tidak memiliki aturan konvensional ataupun tidak memiliki sudut pandang objektif yang tunggal, sehingga menghasilkan karya seni yang inovatif, dinamis, unik, dan bisa menggugah pikiran. 

Para seniman seni kontemporer dapat terinspirasi dari banyak hal yang ada di sekitar mereka. Seringkali karya-karyanya mengeksplorasi identitas budaya, isu-isu sosial dan tren terpopuler, atau minat dan ekspresi diri sendiri. Hasil karya seni kontemporer bisa berupa lukisan, patung, fotografi, videografi, seni pertunjukan, sastra, digital art, hingga instalasi. 

Seniman kontemporer juga sering menggunakan material non-tradisional untuk mengekspresikan pesan yang ingin disampaikan lewat karyanya, seperti benda daur ulang dan bahan-bahan tidak biasa lainnya. Hal ini tidak hanya melampaui batas-batas tradisional saja, tetapi juga merespons isu penggunaan sumber daya keberlanjutan. 


Seniman Kontemporer dan Contoh Karya Seni Kontemporer


1. Yayoi Kusama


@yayoikusama_ 


Yayoi Kusama merupakan seniman kontemporer asal Jepang yang terkenal karena karya-karyanya yang khas dan unik, yakni menggunakan pola polkadot berulang dan warna-warna berani yang memukau. Menurut Kusama, dengan satu pola polkadot saja itu sudah bisa merepresentasi banyak hal di alam semesta ini, termasuk matahari, bulan, bumi, dan ratusan juta bintang. Salah satu karya seni kontemporer Yayoi Kusama yang terkenal dan memikat penikmat seni di seluruh dunia, yaitu Infinity Mirror Room (1965) yang memungkinkan pengunjung memasuki ruangan tanpa batas. Dan, karyanya yang berbentuk labu dengan motif polkadot secara berulang. 



Infinity Mirror Room—Phalli’s Field. Hirshhorn Museum and Sculpture Garden. Photo: Cathay Carver



Pumpkins Screaming About Love Beyond Infinity. 2017. Yayoi Kusama Museum. @yayoikusamamuseum


2. Ai Weiwei


Sunflower Seeds. 2010. Tate Modern London


Ai Weiwei adalah seniman kontemporer asal Tiongkok yang karya-karyanya banyak merespon isu politik dan sosial terkini. Seringkali karya Ai Weiwei juga berfokus pada hak asasi manusia dan kebebasan berekspresi. Karya-karya seni kontemporer dari Ai Weiwei yang terkenal diantaranya yaitu "Sunflower Seeds" (2010), “Forever Bicycles” (2014), dan “Iron Tree Trunk” (2015).



Forever Bicycles. 2014. The Contemporary Austin. Photo: Brian Fitzsimmons



Iron Tree Trunk. 2015. The Contemporary Austin. Photo: Brian Fitzsimmons


3. Takashi Murakami


@takashipom


Bersama dua nama sebelumnya, Takashi Murakami juga merupakan seniman kontemporer yang sudah terkenal dalam kancah seni kontemporer internasional. Takashi Murakami dikenal dengan karya seni khasnya yang berbentuk bunga berwarna-warni yang menarik dan menawan, terinspirasi dari bentuk anime dan manga Jepang. 




4. Jeff Koons


jeffkoons.com


Jeff Koons merupakan seniman kontemporer asal Amerika Serikat yang terkenal dengan karya-karya seninya yang sangat besar. Salah satu karyanya yang paling terkenal yaitu “Balloon Dog”, yang melambangkan kehidupan manusia. “Kita adalah balon. Anda menarik napas untuk hidup, dan itu adalah optimisme. Anda menghembuskan napas, dan itu semacam simbol dari kematian.” Dengan kata lain, udara sangat penting bagi kita, sama seperti balon-balon ini yang juga membutuhkan udara. 


5. Jean-Michel Othoniel


Photo: Estudio em Obra, Simões de Assis



@othoniel_studio


Jean-Michel Othoniel dikenal oleh banyak orang sebagai seniman kontemporer yang memiliki karya-karya menakjubkan yang terbuat dari hand-blown glass. Kegemarannya terhadap material glass, khususnya hand-blown glass, telah menjadi ciri khas karya-karyanya sejak awal tahun 1990-an. Karya-karya seninya yang memukau telah dipamerkan di mana-mana, seperti “The Flowers of Hypnosis” di Brooklyn Botanic Garden dan “Under Another Sun” di Gallery Simoes de Assis, Sao Paulo, Brazil. 


6. Damien Hirst



Damien Hirst merupakan seniman kontemporer asal Inggris yang mendapatkan ketenaran berkat karya-karya seni kontemporernya yang kontroversial dan mengejutkan, tapi sangat memukau. Karya-karya Damien Hirst banyak bertemakan tentang kehidupan, kematian, dan kondisi manusia, yang mencakup lukisan, pahatan, dan instalasi. 

Salah satu karya seni kontemporernya yang paling terkenal, ikonik, dan tentu saja sangat kontroversial yaitu "The Physical Impossibility of Death in the Mind of Someone Living," yang menampilkan ikan hiu besar yang diawetkan dalam formaldehida dalam etalase berpanel kaca.


7. Anish Kapoor


Cloud Gate. anishkapoor.com


Anish Kapoor merupakan seniman kontemporer Inggris-India yang karya-karyanya banyak berfokus pada karya seni pahatan. Anish Kapoor sering membuat karya seni pahatan berskala besar menggunakan beragam material, termasuk material reflektif. Tak hanya dipamerkan di museum, karya-karya Anish Kapoor juga kerap dipamerkan di tempat-tempat publik. Misalnya saja, "Cloud Gate" yang terletak di Millennium Park Chicago, “Sky Mirror” di Houghton Hall, dan “Descension” di Brooklyn Bridge Park. 



Sky Mirror. lissongallery.com



Descension. lissongallery.com



Itulah semua yang perlu Anda ketahui tentang definisi seni kontemporer, sekaligus contph karya-karya seni kontemporer dari seniman kontemporer yang mendunia. Seni kontemporer memiliki pendekatan atau gaya tersendiri yang membedakannya dengan cabang seni yang lain, menghasilkan karya seni yang dinamis, memukau, bisa menggugah pikiran, unik, dan tidak seragam.