Antoni Gaudí merupakan salah satu arsitek terkenal asal Catalunya, Spanyol. Arsitek terkenal Antoni Gaudí adalah tokoh utama gaya arsitektur Modernisme Catalunya, yang karya-karya mencerminkan individualis dan tidak biasa. Hasil karya Gaudi pada dasarnya tidak terlepas dari pengaruh agama Katolik Roma yang dipadukan dengan keindahan alam.


antoni gaudí / @basilicasagradafamilia  

berikut beberapa hasil karya arsitek terkenal antoni gaudí yang mengagumkan, yang bahkan beberapa diantaranya masuk dalam situs warisan dunia. simak!


1. la sagrada familia



@basilicasagradafamilia

la sagrada familia adalah salah satu gereja basilika katolik besar yang belum selesai dibangun di barcelona, spanyol. pada awalnya, geraja ini dikerjakan oleh arsitek francisco paula de villar selama satu tahun, hingga pada tahun 1883 mulai diambil alih oleh antoni gaudí. saat kematian antoni gaudí pada tahun 1926, gereja ini sudah selesai sekitar kurang dari seperempatnya. proyek la sagrada familia direncanakan rampung pada 2026 mendatang—bertepatan dengan peringatan seratus tahun kematian antoni gaudí.

bangunan ini digadang-gadang akan menjadi gereja tertinggi dan terindah di dunia. selain itu, desainnya juga sangat detail yang menggabungkan gaya arsitektur gothic dan gaya art nouveau.

meskipun belum sepenuhnya jadi, namun anda sudah bisa mengunjungi, berdoa, dan menikmati keindahan la sagrada familia. bahkan, gereja ini juga sudah terdaftar sebagai situs warisan dunia unesco.


2. palau güell (güell palace)



@palauguell

??palau güell (güell palace) merupakan sebuah mansion milik keluarga eusebi güell yang dirancang oleh arsitek terkenal antoni gaudí. kini, mansion ini menjadi salah satu karya antoni gaudí paling terkenal yang dinobatkan sebagai aset budaya nasional pada tahun 1886 dan masuk sebagai situs warisan dunia unesco pada tahun 1984. bangunan ini banyak memiliki detail besi tempa, kaca patri, dan mozaik yang menjadi salah satu ciri khas antoni gaudí. 


3. park guell



@parkguell

antoni gaudi pun mendesain suatu taman yang kemudian diberi nama park guell. daya tarik dari taman ini salah satunya dari hiasan mozaik yang dapat ditemukan di hampir semua tembok dan atap gedung yang ada di sekitarnya.

kompleks taman ini terdiri dari dua pavilion di pintu masuk, sebuah tangga dan patung kadal, tiga viaduk yang mengelilingi taman, dua rumah, dan suatu gedung sekolah. rumah di tengah taman inilah yang kemudian dihuni oleh keluarga guell dan gaudi.


4. gereja colonia guell



@criptagaudi

lagi dan lagi, guell meminta gaudi untuk merancang sebuah bangunan lain untuknya. kali ini sebuah gereja yang diberi nama colonia guell. gereja ini memiliki bentuk bangunan yang unik dan tidak biasa dengan detail kaca patri dan mozaik yang menjadi ciri khas antoni gaudi. 

di tengah-tengah pembangunannya, keluarga guell mengalami krisis yang membuat proyek colonia guell terhenti, dengan lantai dasar gereja yang sudah berhasil diselesaikan. pada tahun 2000, beberapa arsitek lokal mencoba memperbaiki colonia guell sehingga menjadi bangunan yang menarik. meskipun hasilnya tidak sesuai dengan rancangan awal, namun bangunan ini masih sangat menarik dan unik yang masih menonjolkan ciri khas arsitek terkenal antoni gaudí.




5. casa mila


@lapedrera_barcelona

sebagai seorang arsitek dengan gaya modernis yang kerap memadukan dengan unsur-unsur naturalis, untuk proyek casa mila, antoni gaudi banyak mengambil inspirasi dari bebatuan. casa mila menjadi karya arsitek terkenal antoni gaudí yang banyak menuai pujian karena fasad bangunan batu bergelombang. lengkungan gelombang ini dibuat karena terinspirasi batuan yang secara alami tidak memiliki garis lurus dan sudut yang tajam.

casa mila dibangun antara tahun 1906 hingga 1912, dan menjadi salah satu karya terakhir antoni gaudi. pada awalnya, casa mila merupakan kediaman pribadi milik pasangan pere mila dan rose segimon, namun setelah beberapa kali berganti pemilik, kini casa mila dibuka sebagai museum. 


6. casa battlo



@casabatllo

awalnya, keluarga battlo membeli bangunan tua tidak layak huni, kemudian meminta antoni gaudi untuk mengubahnya menjadi rumah layak huni. 

inspirasi dari desain casa battlo ini diyakini berasal dari anatomi naga. hal ini didasarkan pada bagian atap yang berbentuk lengkungan dan memiliki sisik layaknya punggung naga. tiang-tiang di luar dan dalam rumah juga terlihat sangat ramping layaknya tulang binatang.

di bagian dalam, anda akan menemukan sejumlah tangga yang meliuk-liuk layaknya tubuh naga yang sedang tidur. tidak lupa detail mozaik khas antoni gaudi. berkat rancangannya yang menarik ini, tidak mengherankan kalau casa battlo menjadi salah satu destinasi wisata menarik yang wajib dikunjungi.


7. casa vicens



@zuckerandspice & @magrifas / @casavicens

Satu lagi karya terbaik dari arsitek terkenal Antoni Gaudí yaitu Casa Vicens. Casa Vicens adalah rumah antik dengan gaya modernis dan art nuveau yang merupakan salah satu karya terbesar di awal karirnya. Bangunan yang berdiri pada 1877 ini mulanya sebuah rumah pribadi milik keluarga seorang pengusaha bernama Manuel Vicens, yang kini beralih fungsi menjadi sebuah museum dan salah satu destinasi wisata Barcelona. Dalam proyek Casa Vicens, Antoni Gaudi lebih mengedepankan penggunaan warna-warna cerah dengan memerhatikan setiap detailnya, menjadikannya benar-benar sangat ikonik! Meski sempat direnovasi pada tahun 1925, ciri khas bangunan ini masih tetap dipertahankan.


Itulah beberapa karya arsitek terkenal Antoni Gaudí yang paling terkenal. Mungkin mengunjungi dan menikmati keindahan karya Antoni Gaudí bisa jadi pilihan destinasi wisata di liburan nanti?





(Penulis: Calvin)