Anda yang menyukai karya arsitektur tentunya sudah tidak asing dengan sosok arsitek terkenal Frank Lloyd Wright. Arsitek kelahiran 1867 ini memang memiliki banyak karya mendunia, yang bahkan beberapa di antaranya merupakan UNESCO World Heritage, atau karya-karya yang memiliki nilai universal yang luar biasa bagi umat manusia sehingga wajib dilindungi agar dapat terus diapresiasi dan dinikmati oleh generasi mendatang.


frank lloyd wright, 1900 / @flwunitytemple

frank lloyd wright terkenal memiliki gaya arsitektur yang inovatif namun unik. bahan-bahan yang digunakan cenderung alami dengan pemakaian dan fungsi yang teratur dan memperhatikan keindahan geometris. berikut ini beberapa hasil karya frank lloyd wright yang mendunia, antara lain:


1. fallingwater, pennsylvania (as)



@visitfallingwater

fallingwater merupakan salah satu karya arsitek terkenal frank lloyd wright yang paling terkenal dan dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia. fallingwater adalah nama untuk sebuah rumah atau tempat peristirahatan yang berada di pedesaan di negara bagian pennsylvania yang didesain sekitar tahun 1935.

faktor utama yang menjadikan fallingwater sangat menarik yakni dari segi desainnya yang menyatukan unsur alami seperti batuan besar serta air terjun dengan bangunan itu sendiri. terlebih, rumah ini dibangun di atas air terjun.

menariknya, terdapat satu ruangan dengan kaca besar yang memungkinkan pengunjung melihat derasnya air terjun secara langsung dari dalam. ruang tamu pada rumah ini berukuran cukup luas dengan plafon tinggi. teras rumah juga dihadapkan pada lembah.


2. solomon r guggenheim, new york city (as)



@guggenheim

solomon r guggenheim menjadi suatu karya desain dari arsitek terkenal frank lloyd wright lainnya, yang juga banyak dikagumi oleh masyarakat luas. gedung ini menjadi museum seni modern dan kontemporer yang didirikan oleh keluarga guggenheim pada tahun 1939.

keluarga guggenheim merupakan seorang pengusaha amerika kaya raya dan terkenal pada waktu itu. jadi, tak mengherankan jika kemudian mereka memilih wright untuk mendesain gedung unik menyerupai ramp yang melingkar.

ramp ini membentuk spiral pada sekitar kubah sentral. desain yang melingkar ini memungkinkan setiap pengunjung untuk menikmati karya seni dengan cara yang tidak biasa. mereka dapat berjalan di sepanjang ramp dan melihat karya seni dari banyak sudut pandang.


3. unity temple, illinois (as)



tom rossiter / @flwunitytemple 

unity temple yang berada di oak park, illinois, amerika serikat, merupakan sebuah tempat ibadah agama universalis yang didesain pada awal tahun 1900-an, tepatnya pada tahun 1905. pada waktu itu, unity temple dianggap sebagai suatu karya desain dan arsitektur yang luar biasa. 

gaya arsitektur dari unity temple ini terbilang sangat khas dengan penggunaan material utama seperti beton, kaca, kayu, dan batu bata. bentuknya sangat minimalis dan sederhana, namun tetap mengedepankan nuansa yang indah dan elegan. 

unity temple memiliki daya tarik tersendiri dari cahaya alami yang dapat masuk ke dalam bangunan lewat jendela kaca pada dinding dan sederet kaca timah pada bagian atap. adanya cahaya memberikan nuansa damai dan khusus saat kita berada di dalam rumah ibadah tersebut.


4. johnson wax headquarters, wisconsin (as)



atlasofplaces.com

johnson wax headquarters, yang terletak di racine wisconsin, amerika serikat, merupakan sebuah gedung perkantoran sekaligus markas besar dari johnson wax company, suatu perusahaan lilin amerika.

bangunan ini memiliki beberapa keunikan, termasuk lantai kaca yang dirancang sendiri oleh wright. lantai kaca tersebut berfungsi untuk menyerap suara dan memberikan banyak cahaya untuk ruangan di bagian bawah.

kantor pusat ini juga mencakup great workroom, sebuah menara tinggi untuk memberikan kesan ruang terbuka yang luas. gedung ini disokong oleh 18 tiang beton dan atap melengkung yang menjadikannya terlihat estetik.


5. marin county civic center, california (as)



northbaybusinessjournal.com

karya-karya arsitek terkenal frank lloyd wright banyak dipakai sebagai public place, salah satunya sebagai gedung pemerintahan marin county civic center, ang didesain pada tahun 1959 dan dibangun pada 1962. gedung pemerintahan ini terletak di san rafael, california, amerika serikat. 

gedung ini sendiri merupakan pusat pemerintahan marin county yang terdiri dari kantor gubernur, kantor distrik, pengadilan, dan kantor layanan publik. gedung marin county civic center bahkan sudah diakui sebagai salah satu situs bersejarah amerika serikat sejak tahun 1991.

marin county civic center terdiri dari dua bangunan yang terhubung dengan jembatan berlapis kaca. desainnya unik dengan atap yang melengkung dan bentuk bangunannya yang menyerupai ufo. terdapat pula kolam renang dan taman yang mengelilingi.


6. price tower, oklahoma (as)





atlasobscura.com

bisa dikatakan, price tower merupakan satu-satunya gedung pencakar langit karya arsitek terkenal frank lloyd wright. price tower memiliki 19 lantai dengan tinggi sekitar 67 meter, yang dibangun di atas padang rumput bartlesville, oklahoma. gedung ini mulai dibangun pada tahun 1952 dan selesai 4 tahun setelahnya.

sesuai namanya, gedung ini awalnya digunakan sebagai markas besar perusahaan hc price company, suatu perusahaan minyak amerika serikat. 

gedung ini terbilang unik karena memiliki beberapa bagian menyerupai pohon dengan cabang-cabang. price tower juga dilengkapi dengan jendela segitiga yang terbuat dari tembaga dan kaca, sehingga mampu memberi banyak cahaya masuk pada bangunan.


7. taliesin west, arizona (as)



andrew pielage / @taliesinwi 

taliesin west merupakan suatu kompleks bangunan yang ada di daerah gurun arizona. bangunan ini didirikan oleh wright sebagai tempat tinggal, studio, serta sekolah arsitek yang ia dirikan pada tahun 1937.

bangunan yang ada di kompleks ini didesain dengan mempertimbangkan lingkungan gurun di sekitarnya. beberapa hal begitu dipikirkan seperti penggunaan sistem ventilasi dan pendingin yang membuatnya nyaman meskipun di tengah gurun yang panas.

terdapat juga taman dan area pertanian yang indah. area pertanian ini bahkan menjadi pemasok bahan makanan bagi para penghuninya. semua ini dibuat wright untuk menciptakan tempat yang nyaman meskipun di tengah gurun.


8. the frederick c. robie house



james caulfield / archeyes.com

the frederick c. robie house, atau yang juga disebut dengan robie house, merupakan salah satu situs bersejarah amerika serikat yang saat ini berada di area kampus university of chicago, illinois. bangunan ini didirikan sekitar tahun 1909 sampai 1910.

bisa dibilang, gaya arsitektur bangunan ini termasuk unik dan dianggap sebagai hasil sempurna dari gaya prairie ala frank lloyd wright. bangunan ini juga menjadi penanda bagaimana mesin, industrialisasi, serta pemikiran maju berpengaruh pada kehidupan as.

secara visual, rumah ini tampak seperti bertengger di atas alas yang besar. dinding bangunan ini cukup khas dengan ditutup beton yang membatasi tepiannya dengan jelas. tidak lupa rancangan banyak jendela yang memungkinkan cahaya alami masuk secara maksimal.


9. hollyhock house



joshua white / @hollyhockhouse

the aline barnsdall hollyhock house, atau yang biasa disingkat dengan hollyhock house, merupakan sebuah private house yang terletak di los angeles, california. dibangun pada tahun 1919 sampai 1921, bangunan ini sekarang menjadi pusat dari barnsdall art park.

di tahun 2019, bangunan ini masuk ke dalam salah satu daftar situs warisan dunia unesco. hal ini menjadikannya sebagai karya arsitektur modern amerika pertama yang masuk ke dalam penghargaan tersebut. 

desain rumah ini terbilang cukup menarik karena menggabungkan antara area living space bagian indoor dan outdoor. tidak mengherankan jika beberapa bagian rumah ini pernah menjadi latar syuting dari film berjudul cannibal women in the avocado jungle of death (1989).


10. herbert and katherine jacobs house



David Heald & James Steakley 

Bangunan yang juga disebut dengan Jacobs House ini merupakan rumah keluarga Herbert Jacobs yang terletak di Wisconsin, AS. Bangunan rumah keluarga jurnalis ini bahkan telah ditetapkan sebagai situs bersejarah, baik itu di Amerika maupun di dunia.

Menariknya, keluarga ini tidak hanya memesan satu buah rancangan rumah, melainkan dua rumah. Rumah pertama terletak di 441 Toepfer Avenue yang dibangun pada 1937, sementara rumah kedua berada di 3995 Shawn Trail yang dibangun pada 1946-1948.

Kedua rumah tersebut sama-sama masuk ke dalam daftar situs bersejarah Amerika. Khusus untuk rumah pertama bahkan sudah masuk ke dalam daftar warisan dunia UNESCO pada 2019 lalu.


Itulah beberapa karya mengesankan dari arsitek terkenal Frank Lloyd Wright. Terlihat unik dan sangat menarik, bukan? Semoga bisa menjadi salah satu inspirasi buat Anda!





(Penuis: Calvin)