Belakangan, dinding roster mulai banyak digunakan sebagai material dinding pada fasad rumah. Dinding roster ini dikenal juga dengan sebutan ventilation block, karena memang bentuknya yang berlubang untuk menyalurkan udara segar ke dalam rumah.

Model roster sangat beragam, masing-masing memiliki tampilan dan daya tariknya tersendiri yang cocok dengan berbagai desain rumah. Berikut ini jenis-jenis dinding roster, termasuk kelebihan dan kekurangannya. Simak!

Apa itu Roster?

Dinding roster adalah jenis material dinding yang memiliki pola atau motif, yang berfungsi sebagai ventilasi udara dan sebagai material dekoratif. Dinding roster ini memang tidak bisa menggantikan struktur dinding utama, sehingga seringkali dibuat sebagai second layer pada dinding utama atau jendela. 

Pada awalnya, pengaplikasian roster hanya sebatas untuk meningkatkan sirkulasi udara dan pencahayaan alami di dalam rumah saja. Namun sekarang, beberapa desain rumah menambahkan roster untuk tujuan estetika dan kepraktisan. 

Jenis-jenis dan Harga Roster

Jenis-jenis roster dapat dibedakan berdasarkan bahan dasar pembuatnya. Berikut ini jenis-jenis roster yang paling umum digunakan untuk rumah, antara lain:


1. Roster GRC


arsitek: phidias indonesia / fotografer: andreaswidi


sesuai namanya, roster grc adalah jenis roster yang terbuat dari material glassfiber reinforced concret (grc), atau jenis beton yang dibuat dari campuran semen, komposit, dan serat kaca yang tahan alkali.

pembuatan roster grc sepenuhnya menggunakan mesin, sehingga menghasilkan kualitas dan cetakan yang konsisten. roster ini relatif ringan dengan warna putih bersih, yang cocok untuk diaplikasikan pada rumah minimalis modern. harganya mulai dari rp145.000 untuk ukuran 54x54 sentimeter.

2. roster keramik

terbuat dari material keramik, jenis roster ini memiliki ciri khas pada tampilannya yang lebih mengkilap. material keramik yang digunakan juga menghasilkan roster dengan kualitas baik dan tahan terhadap kelembaban tinggi.

roster keramik memiliki beragam motif dan pola serta warna yang bisa anda sesuaikan dengan selera dan desain hunian. harganya mulai dari rp 61.000 ukuran roster ukuran 20x40 sentimeter.


3. roster tanah liat


arsitek: saota / fotografer: adam letch


jenis roster ini memiliki warna cokelat sedikit oranye (kadang kemerahan) eksotis, karena terbuat dari tanah liat. roster tanah liat dapat membantu menjaga suhu rumah tetap sejuk dan nyaman, karena bahan tanah liat yang dikenal sebagai isolasi termal yang baik. 

menambahkan roster tanah liat pada bagian fasad atau eksterior rumah, bahkan juga memasangnya sebagai second layer di bagian ceiling rumah, dapat menambah nilai visualnya. 

namun sayangnya, tampilan warna roster tanah liat mungkin dapat memudar dari waktu ke waktu jika sering terkena air hujan, sehingga perlu perawatan ekstra untuk menjaga keeksotisan warnanya. harga roster tanah liat untuk ukuran 18x18 sentimeter sekitar rp6.500/buah.


4. roster batako


arsitek: andyrahman architect / fotografer: mansyur hasan


berikutnya, ada roster batako yang memiliki kekuatan cukup bagus, tapi memiliki harga yang lebih murah. jenis roster ini dapat memberikan sentuhan yang lebih menarik pada rumah anda. 

anda bisa mengaplikasikan roster dari batako pada dinding interior maupun eksterior rumah sebagai second layer pada dinding utama. untuk roster batako berukuran 15x30 sentimeter biasanya dijual dengan harga sekitar rp26.000/buah


5. roster beton


Arsitek: Somia Design / Fotografer: Mario Wibowo


Roster beton termasuk jenis dinding roster yang kuat dan tahan lama. Sesuai namanya, roster beton terbuat dari beton polos yang kemudian dicor dengan pola tertentu, menghasilkan roster dengan motif, warna alami, dan tekstur yang unik dan menarik. Harga roster beton mulai dari Rp14.000 untuk ukuran 20x20 sentimeter.




6. Roster Aluminium

Roster berbahan aluminium memiliki keunggulan pada bobot dinding yang lebih ringan dan tahan korosi, dengan tampilan yang tidak kalah modern dan futuristik.

Berkat tampilannya yang unik, roster aluminium sangat cocok diaplikasikan pada fasad rumah untuk meningkatkan daya tarik visualnya. Untuk kualitas yang bagus dari roster aluminium, Anda perlu merogoh kocek cukup dalam, mulai dari Rp185.000 per buah untuk ukuran 80x15 sentimeter.


7. Roster Kayu

Satu lagi jenis dinding roster yang bisa Anda gunakan untuk dinding rumah, yaitu roster kayu. Jenis roster kayu ini sangat cocok untuk menghadirkan nuansa alami pada rumah. Roster ini terbuat dari potongan-potongan kayu yang membentuk suatu pola. 

Kualitas kayu yang digunakan menentukan kualitas dinding roster. Jadi, perlu memilih jenis kayu yang tepat untuk mendapatkan roster yang kuat dan tahan lama. Harganya pun tergantung jenis kayu yang digunakan, mulai dari Rp 25.000 untuk kayu kualitas standar dengan ukuran roster 13x40 sentimeter. 


Kelebihan dan Kekurangan Roster

Kenapa memilih dinding roster untuk rumah? Material ini menawarkan sejumlah kelebihan dan kekurangannya, meliputi:

Kelebihan

1. Memiliki lubang atau rongga yang dapat berfungsi sebagai ventilasi udara. Jadi, sirkulasi udara di rumah menjadi lebih baik, lebih lancar, dan membantu menjaga ruangan tidak terlalu pengap maupun panas.

2. Lubang pada dinding roster dapat memberi jalan bagi sinar matahari untuk masuk ke dalam rumah. Itu artinya, Anda bisa lebih menghemat penggunaan listrik di siang hari.

3. Tampilan dinding lebih estetik dan menarik dibanding dinding biasa.

4. Mudah dipasang untuk berbagai konsep bangunan.

5. Harga roster cukup beragam, mulai dari yang murah hingga mahal, yang bisa Anda sesuaikan dengan budget yang Anda miliki. 

Kekurangan

1. Dinding roster tidak cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan privasi di dalam rumah.

2. Tidak semua roster terbuat dari bahan yang kuat sehingga tidak dapat menggantikan fungsi struktur dinding utama.

3. Berpotensi untuk berdebu dan serangga mudah masuk karena permukaan dinding yang berongga.

4. Saat musim hujan, suhu di dalam ruangan ikut dingin seperti suhu di luar.


Itulah pembahasan mengenai jenis-jenis dinding roster beserta serta kelebihan dan kekurangannya. Bagaimana, tertarik memasang dinding roster pada rumah Anda?





(Penulis: Calvin)