Lantai granit menjadi salah satu pilihan material lantai paling populer, karena dianggap kuat, tahan lama, tampilannya bisa menambah nilai estetika, dan bahkan dapat menaikkan nilai jual bangunan. Ada beragam ukuran lantai granit yang bisa Anda pilih, tapi umumnya granit lantai 60x60 yang paling banyak dipilih. Ukuran tersebut terbilang standar, yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Buat Anda yang sedang membangun atau merenovasi rumah, berikut ini beberapa tips menghitung kebutuhan granit lantai 60x60. Simak!


1. Ukur luas ruangan


Arsitektur: FMD Architects / Fotografer: Dianna Snape

Langkah pertama yang tidak boleh dilewatkan untuk mengetahui kebutuhan lantai granit, yaitu mengukur luas ruangan yang akan Anda pasangi lantai granit. Cara sederhana untuk mengukur luas ruangan yakni dengan mengalikan panjang dan lebar ruangan.

Penghitungan ini sangat berguna sebagai patokan berapa banyak granit lantai ukuran 60x60 yang akan dibutuhkan nantinya. Apabila Anda melewatkan langkah penting ini, maka banyak granit yang dibutuhkan tidak dapat dihitung dengan baik.

Sebagai contoh, apabila ukuran panjang sebuah ruangan adalah 7 meter dengan lebar 6 meter, maka ukuran luas ruangan tersebut adalah 7x6 meter = 42 meter persegi. Aplikasikan juga penghitungan tersebut pada ruangan lain yang perlu Anda pasang granit lantai.


2. Hitung granit yang diperlukan


Arsitektur: Field Office Architecture (@fieldoffice.arch) / Fotografer: Kristoffer Paulsen (@kristofferpaulsen)

Setelah menghitung berapa luas ruangan yang akan dipasang lantai granit, maka langkah selanjutnya adalah menentukan berapa banyak granit lantai 60x60 yang dibutuhkan. Anda dapat menghitung kebutuhannya per meter persegi.

Terlebih dahulu, perlu diketahui jika granit lantai dengan ukuran 60x60 sama dengan 3.600 sentimeter persegi atau 0,36 meter persegi. Setelah itu, Anda dapat mengukur luas ruangan yang akan dipasangi granit lantai, misalnya 7x6 meter = 42 meter persegi. 

Selanjutnya, Anda dapat menghitung kebutuhan lantai granit 60x60 tersebut dengan membagi luas ruangan dan ukuran granit. Dengan demikian, keping granit yang dibutuhkan untuk ruangan dengan luas 42 meter persegi yaitu:

42 meter persegi ÷ 0,36 meter persegi = 116,67 (dibulatkan menjadi 117 buah).


3. Sediakan stok tambahan


Arsitektur: SAOTA / Fotografer: Adam Letch dan Enda Cavanagh

Meskipun Anda sudah menghitung jumlah keping lantai granit ukuran 60x60, tetapi ada baiknya Anda tetap menyediakan 5 sampai 10 persen lebih banyak dari jumlah yang dihitung sebelumnya. Hal ini dimaksudkan sebagai stok cadangan untuk keperluan tak terduga. 

Ambil contoh penghitungan lantai granit untuk ruangan 42 meter persegi di atas. Setelah dibulatkan menjadi 117 buah granit, lalu ditambahkan 10 persen lebih banyak menjadi: 

10% x 117 = 11,7, atau sama saja dibulatkan menjadi 12 keping tambahan granit lantai 60x60.

Dengan kata lain, total granit lantai berukuran 60x60 yang Anda butuhkan untuk menutup ruangan seluas 42 meter persegi adalah kurang lebih 117 + 12 = 129 keping lantai granit. Penambahan ini dilakukan sebagai cadangan apabila ada kerusakan keping granit atau faktor lainnya yang tidak terduga. 


Memilih Lantai Granit yang Tepat


Selain membuat penghitungan sebelum membeli granit lantai, ada baiknya Anda juga memahami cara memilih granit yang tepat. Dengan demikian, granit lantai tersebut tidak hanya akan tepat guna namun juga dapat dipakai secara lebih efisien. Berikut beberapa tipsnya:


1. Pastikan tujuan penggunaan




Arsitektur: SAOTA / Fotografer: Adam Letch

Ketika akan menggunakan granit lantai, Anda mesti tahu material tersebut diperuntukkan untuk hal apa. Maka dari itu, sebelum membeli granit lantai Anda perlu memahami fungsi ruangan, lalu sesuaikan dengan ukuran ruangan yang akan dipasangi granit. 

Jika digunakan untuk memberikan kesan luas pada sebuah ruangan, Anda dapat memilih granit lantai 60x60. Akan tetapi jika Anda ingin memberikan kesan yang compact dan rapat, lantai granit yang berukuran 30x60 juga sudah cukup.


2. Pilih granit berkualitas


Arsitektur: Melanie Beynon Architecture (@melaniebeynon_architecture) / Fotografer: Tom Blachford (@blachford)

Selain itu, memilih granit lantai berdasarkan kualitas juga harus senantiasa diperhatikan, karena tidak semuanya benar-benar dibuat dari granit berkualitas terbaik. Untuk itu, pastikan Anda memahami grade dari granit tersebut sebelum memilihnya.

Semakin tinggi grade-nya, kualitasnya dianggap semakin tinggi dan tentu saja sepadan dengan harganya. Anda dapat memilih grade 3 yang paling baik dengan pilihan motif yang lebih unik dan permukaan yang lebih berkilau.

Selain itu, pastikan juga permukaan pada lempengan granit yang akan dipilih, seperti tidak ada keretakan, goresan, atau warna yang tidak merata. Periksa juga ukuran dan ketebalan produk, karena semakin tebal maka akan semakin kuat pula granit lantai tersebut.


3. Warna dan tampilan


Arsitektur: SAOTA / Fotografer: Adam Letch dan Enda Cavanagh

Tidak dapat dipungkiri, pemilihan warna hingga motif pada granit lantai juga berpengaruh terhadap kualitas granit lantai tersebut. Terlebih, kualitas warna granit dapat dilihat dari seberapa pengaruhnya terhadap bahan kimia tertentu.

Apabila granit yang Anda inginkan mudah menyerap bahan kimia asam, maka kemungkinan granit tersebut akan mudah keropos. Selain itu, jika warnanya cepat pudar, itu menandakan jika granit tidak berasal dari warna alami melainkan penambahan pigmen warna buatan.


4. Sesuaikan dengan budget


 Arsitektur: Davidov Partners Architects / Fotografer: Veera Patel

Granit lantai dengan kualitas terbaik memang biasanya dihargai dengan harga yang sangat mahal. Wajar saja, granit lantai dengan kualitas terbaik biasanya memiliki tampilan yang unik dan mewah, serta lebih kuat dan tahan lama. 

Tapi secara umum, granit lantai dengan ukuran 60x60 yang dikemas dalam satu dus berisi 4-12 buah dihargai sekitar Rp115.000 sampai dengan Rp540.000 per dus, tapi harga bisa berbeda-beda tergantung merek. 

Kendati demikian, ada baiknya Anda tetap menyesuaikan pemilihan granit lantai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Pastikan Anda memilih material granit dengan harga yang terjangkau namun tidak mengurangi kualitas granit lantai tersebut.


Itulah beberapa hal mengenai pemilihan dan penghitungan kebutuhan granit lantai 60x60 untuk suatu ruangan. Meskipun pada praktiknya sering terjadi beberapa perubahan, namun tips di atas bisa menjadi panduan Anda dalam memilih granit sesuai kebutuhan. 




(Penulis: Calvin)