Menghias dinding yang tampak polos dan kosong dengan gambar atau lukisan merupakan cara paling mudah untuk mempercantik ruangan. Anda bisa mendekorasi dinding menggunakan bingkai atau frame lukisan minimalis yang unik, sehingga terlihat lebih menarik, tidak membosankan, dan lebih ‘hidup’. 

Berikut ini beberapa ide frame lukisan minimalis untuk mempercantik dinding ruangan di rumah Anda. Simak!


1. Frame Papan Jalan


Danielle Hatcher / katrinaleedesigns.com

Pernahkah Anda berpikir bahwa papan jalan atau clipboard bisa dimanfaatkan menjadi bingkai untuk lukisan atau gambar? Ternyata, sebuah gambar, foto, atau lukisan yang ditempelkan pada clipboard akan memberikan kesan menarik dan unik, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai hiasan dinding. 

Dinding rumah Anda akan terlihat lebih atraktif serta memiliki gaya dan keunikan tersendiri. Anda bisa menyusun beberapa clipboard dengan warna senada pada dinding ruangan yang tampak polos secara simetris dan sejajar.  


2. Frame Daun Artificial

Anda dapat memanfaatkan daun artificial untuk membuat frame lukisan minimalis yang anti mainstream. Meskipun menggunakan alat dan bahan yang sederhana, tetapi bingkai seperti ini dapat menciptakan kesan elegan pada ruangan.

Anda hanya perlu menyiapkan bingkai akrilik biasa, lalu tempelkan foto yang ukurannya dua kali lebih kecil dari bingkai. Kemudian, tempelkan daun artificial di bagian sudut bingkai menggunakan lem perekat 

Menyusun frame minimalis ini memang membutuhkan kreativitas dan keuletan, tetapi hasilnya dijamin memuaskan dan terlihat sangat menawan. Untuk menciptakan kesan glamor, Anda bisa menambahkan garis bingkai menggunakan cat berwarna gold. Gunakan tali atau penyangga untuk menggantungkan frame di dinding ruangan.


3. Frame Akrilik Sederhana


luminati.co.uk


Anda juga bisa menghias dinding rumah menggunakan frame akrilik dengan model sederhana. Anda bisa membeli frame akrilik di e-commerce, lalu hanya tinggal memasang gambar, foto, atau lukisan yang Anda inginkan. Pastikan Anda memasang gambar, foto, atau lukisan dengan benar sehingga tidak mudah bergeser. Anda bisa memajang frame lukisan minimalis ini di beberapa ruangan di rumah, seperti dinding kamar, ruang tamu, dan ruang keluarga.


4. Frame Paper


amazon.com

Buat Anda yang menyukai model frame yang simple dan minimalis, yang bisa memberikan kesan unik, frame paper mungkin bisa jadi pilihan tepat. Terlebih jika Anda adalah seorang DIYers

Untuk membuat frame paper terbilang cukup mudah, karena Anda hanya membutuhkan alat dan bahan sederhana seperti kertas tebal, gunting, cutter, lem dan penggaris.

Anda dapat menyesuaikan ukuran bingkai kertas sesuai keinginan atau sesuai dengan ukuran foto atau lukisan, misalnya ukuran 13 x 18 cm atau 15 x 20 cm.


5. Frame Bentuk Poster




Anna Liesemeyer / inhonorofdesign.com

Frame bentuk poster bisa menjadi ide bagi Anda yang ingin mempercantik dinding kamar. Anda dapat memasang gambar, foto, atau lukisan favorit di bingkai poster, lalu gantungkan menggunakan tali di dinding. Jika ingin hasilnya lebih indah, Anda bisa menggunakan kertas atau kain yang bertekstur.

Bahan yang dibutuhkan sangat mudah dicari, yaitu hanya dua potong kayu atau bambu dan tali untuk menggantung. Foto atau lukisan dijepit pada bagian atas dan bawah menggunakan kayu atau bambu, lalu digantung menggunakan tali.


6. Frame Stick Es Krim

Stik es krim bisa Anda manfaatkan sebagai frame lukisan minimalis yang unik dan menarik untuk mempercantik dinding ruangan. Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya cukup mudah, hanya stik es krim dengan warna senada, gambar atau lukisan yang Anda inginkan, dan perekat/lem. 

Anda perlu membersihkan dan mengeringkan stik es krim terlebih dahulu, lalu buat model bingkai sesuai ide imajinatif Anda. Rekatkan stik menggunakan lem, lalu bingkailah foto atau lukisan pada bingkai stik es krim tersebut. Untuk menggantungkan di dinding, gunakanlah tali, atau bisa juga secara langsung menempelkannya.


7. Frame Kayu Bekas

Apabila Anda memiliki kayu bekas yang tidak digunakan di rumah, Anda bisa memanfaatkannya untuk dibuat menjadi bingkai lukisan atau karya seni. 

Caranya sangat mudah, cukup susun kayu-kayu bekas tersebut menjadi bingkai berukuran besar, kemudian rekatkan satu sama lain dengan paku. Setelah itu, letakkan kumpulan foto, gambar, atau lukisan dalam bingkai dari kayu bekas tersebut. Untuk membuat frame kayu terlihat lebih kreatif, Anda bisa menambahkan berbagai dekorasi yang cantik di pinggiran bingkai.


8. Frame Anyaman Rotan

Anyaman rotan bisa Anda manfaatkan menjadi frame anyaman rotan untuk meletakkan gambar atau lukisan. Anyaman rotan bisa dibuat menjadi berbagai bentuk seperti persegi panjang, persegi, lingkaran, dan bentuk lainnya sesuai keinginan.

Foto atau lukisan favorit Anda bisa ditempelkan di bagian tengah bingkai, lalu gantungkan di dinding atau diletakkan di atas meja. Dijamin frame anyaman rotan ini bisa membuat ruangan minimalis tampak lebih ‘hidup’!


9. Frame Keramik

Anda bisa membuat frame lukisan minimalis sendiri menggunakan bahan keramik. Selain merupakan salah satu bahan yang kuat, keramik juga mudah dikreasikan menjadi bingkai foto untuk mempercantik ruangan.

Untuk membuat frame lukisan dari keramik cukup mudah, karena Anda hanya membutuhkan keramik ukuran kecil, gambar atau lukisan yang Anda inginkan, dan cat. Anda bisa memasang gambar atau lukisan pada permukaan keramik tersebut. Setelah itu, tempel frame keramik dengan foto pada dinding. Untuk membuatnya lebih menarik, Anda bisa menghias permukaan bingkai keramik dengan cat berwarna-warni favorit Anda. 


Itulah beberapa ide frame lukisan minimalis untuk mempercantik dinding ruangan di rumah Anda. 




(Penulis: Calvin)