Philodendron merupakan salah satu jenis tanaman hias dari famili Araceae, yang populer di kalangan pecinta tanaman hias. Daya tarik utama tanaman philodendron terletak pada daunnya yang besar dan mengkilap. Ini juga termasuk tanaman hias yang mampu beradaptasi dengan baik di dalam maupun luar ruangan, dan yang terpenting, mudah dirawat. 

Tidak hanya satu, ada lebih dari 400 varietas philodendron di seluruh dunia. Dari ratusan varietas yang ada, berikut ini CASA telah merangkum beberapa jenis-jenis tanaman philodendron yang bisa jadi pilihan Anda—sesuai preferensi—untuk menambahkan sentuhan alam yang menyegarkan ke dalam atau luar ruangan di rumah. Simak!


1. Heartleaf philodendron


Photo by Sasha Kim on Pexels


Sesuai namanya, Heartleaf philodendron, atau juga sering disebut dengan tanaman sweetheart, memiliki daun berwarna hijau mengkilap berbentuk hati. Ini merupakan salah satu jenis tanaman philodendron yang paling terkenal. 

Bukan hanya karena keunikan bentuk daunnya, tetapi juga karena kemampuan beradaptasi yang baik dengan berbagai kondisi cahaya. Meskipun begitu, Heartleaf philodendron dapat tumbuh subur di kondisi cahaya terang dan tidak langsung, serta sedikit penyiraman. 

Heartleaf philodendron termasuk tanaman hias gantung merambat yang panjangnya bisa mencapai 150 sentimeter saat diletakkan di dalam ruangan. 


2. Split-leaf philodendron


Photo by Layanne on Pexels


Split-leaf philodendron merupakan jenis tanaman philodendron yang memiliki ciri daun besar yang terbelah atau split-leaf—sesuai dengan namanya—berwarna hijau tua mengkilap. Itu adalah daya tarik utama tanaman hias ini. 

Perawatannya mudah dan mampu beradaptasi dengan baik di berbagai kondisi cahaya, menjadikannya pilihan tanaman hias terbaik untuk diletakkan di dalam maupun di luar ruangan di rumah Anda. Jenis tanaman philodendron ini mampu memberikan sentuhan alam yang menyegarkan dan dramatis pada ruangan atau taman mana pun!


3. Brasil Philodendron


Photo by Jeanyn Santiano on Unsplash


Sekilas, tanaman Brasil philodendron memang hampir mirip dengan tanaman Heartleaf philodendron, karena keduanya sama-sama memiliki daun berbentuk hati. Namun, perbedaan paling mencolok diantara keduanya yakni terletak pada warna daunnya. Jika Heartleaf philodendron memiliki warna daun hijau mengkilap, sedangkan Brasil philodendron memiliki warna daun hijau kekuningan. Sama dengan dua jenis tanaman philodendron sebelumnya, tanaman Brasil philodendron juga termasuk tanaman yang mudah tumbuh dan memiliki perawatan rendah, sehingga sangat cocok bagi pemula. 


4. Philodendron micans


Photo by feey on Unsplash


Philodendron micans merupakan jenis tanaman philodendron yang benar-benar menawan! Bagaimana tidak, varietas tanaman philodendron satu ini memiliki warna daun hijau tua-keungunan (terkadang juga bisa berwarna hijau tua-merah marun) dan bertekstur beludru (velvet). Itulah mengapa, Philodendron micans juga sering disebut sebagai Velvet philodendron. Mirip dengan Brasil philodendron, Philodendron micans juga memiliki daun berbentuk hati.

Tanaman hias ini tumbuh paling baik dalam cahaya tidak langsung intensitas sedang hingga terang, serta harus disiram setelah tanah hampir sepenuhnya kering. 


5. Philodendron Birkin


Photo by feey on Unsplash


Cukup unik dan berbeda dari varietas philodendron lainnya, Philodendron birkin memiliki daun berwarna hijau tua berukuran sedang dengan garis-garis putih di seluruh bagian daunnya.

Jika Anda mencari tanaman hias dekoratif untuk mempercantik ruangan di rumah Anda, Philodendron birkin adalah pilihan yang tepat dan sangat cocok untuk sebagian besar desain interior. Tanaman Philodendron birkin akan tumbuh subur di tempat yang mendapatkan banyak cahaya terang tidak langsung. 


6. Philodendron Rojo Congo


Photo by Cori Sears / thespruce.com


Philodendron Rojo congo merupakan jenis tanaman philodendron yang sangat cantik dan elegan, dengan warna daunnya yang hijau mengkilap. Terkadang, warna daunnya hampir hitam dengan rona dasar hijau. 

Berkat tampilannya yang sangat menawan dan perawatannya yang rendah, Philodendron Rojo congo menjadi salah satu varietas philodendron yang populer di kalangan penggemar philodendron dan pecinta tanaman hias.

Namun, Philodendron Rojo congo—sama seperti semua varietas philodendron—dianggap beracun bagi hewan peliharaan dan anak-anak jika tertelan. Jadi, sebaiknya letakkan tanaman hias ini di tempat yang jauh dari jangkaun anak-anak dan hewan peliharaan Anda. 




7. Philodendron Erubescens


Photo by Etsy


Philodendron erubescens juga termasuk jenis tanaman philodendron yang paling favorit di kalangan penggemar philodendron dan pecinta tanaman hias. Philodendron erubescens dikenal juga dengan sebutan Philodendron pink princess, karena memiliki daun lebar berwarna hijau tua (hampir hitam) dengan rona merah muda. 

Varietas philodendron satu ini membutuhan sinar matahari yang cukup dan kelembapan tinggi, untuk mendapatkan warna daun yang cantik. Jadi, pertimbangkan untuk menggunakan humidifier atau menyemprot tanaman secara teratur.


8. Philodendron Black Cardinal


Photo by Cori Sears / thespruce.com


Philodendron black cardinal adalah jenis tanaman philodendron paling unik, karena daunnya mampu berubah-ubah warna. Ini bukan magic, hanya saja warna daunnya bisa berubah seiring dengan bertambahnya usia tanaman. Daun baru biasanya muncul dalam warna red-wine, lalu berubah menjadi warna hijau dan kemudian berwarna hitam saat dewasa. 

Berikan tanaman Philodendron black cardinal sinar matahari yang cukup, terutama pada pagi dan sore hari, yang akan membantunya tumbuh subur dan menonjolkan warna daunnya. 


9. Philodendron ‘Prince of Orange’


Photo by @greenqueen_plants on Instagram 


Varietas philodendron satu ini terkenal dengan warna daun barunya yang mencolok, yaitu berwarna hijau oranye keemasan yang kemudian akan berubah menjadi warna hijau muda saat dewasa. Tanaman Philodendron ??’Prince of Orange’ sangat menyukai sinar matahari tidak langsung dengan intensitas sedang hingga terang agar warnanya tetap cerah, tetapi juga dapat mentolerir kondisi teduh.


10. Philodendron White Knight


Photo by @only.my.plants on Instagram 


Philodendron white knight merupakan varietas philodendron langka dan memiliki harga mahal. Bentuk daunnya panjang dan runcing berwarna hijau dengan percikan warna putih dan hijau muda di seluruh bagian daunnya. 

Philodendron white knight membutuhkan cahaya terang dan tidak langsung, serta tanah yang lembap secara konsisten, agar dapat tumbuh subur dan sehat, serta menonjolkan warna dan corak daunnya yang unik dan menawan. 


11. Philodendron Plowmanii


Photo by @sydneyplantguy on Instagram


Selain Philodendron white knight, Philodendron plowmanii juga termasuk varietas philodendron yang paling langka (di dunia), tapi tetap sangat dicari karena tampilan daunnya yang sangat cantik. 

Philodendron plowmanii memiliki daun berbentuk hati berwarna hijau zamrud dengan urat daun yang menonjol berwarna putih atau hijau muda, memberikan tekstur daun yang lembut dan bergelombang. 

Sama seperti varietas philodendron lainnya, Philodendron plowmanii juga menyukai cahaya terang dan tidak langsung agar dapat tumbuh subur dan sehat. Selain itu, pastikan anak-anak dan hewan peliharaan tidak menelan bagian mana pun dari tanaman Philodendron plowmanii ini, karena sangat beracun. 



Itulah beberapa jenis-jenis tanaman philodendron dari sekian banyak varietas philodendron yang beragam dan sangat cantik. Siap menambah koleksi tanaman hias di rumah?