PT Allure Cipta Persada, sebuah biro yang mengawali karirnya dari sebuah studio desain interior kecil di Palembang ini berhasil memenangkan juara satu kategori "Conceptual Interior Design F&B for Professional" dan berhasil membawa pulang berbagai reward, seperti piagam, uang penghargaan sebesar RP30.000.000.00, dan reward lainnya. Kemenangannya ini diumumkan di awarding night di Hotel The West In Jakarta Java Ballroom, pada akhir bulan November 2023 lalu.






daikin desaign award 2023 dilaksanakan dengan berbagai konsep yang berbeda, bertujuan untuk membuka ruang bagi peserta untuk mengeksplor tentang hunian yang nyaman dan estetis. pt allure cipta persada pun telah menunjukkan keberhasilannya dalam sebuah kafe bernuansa jepang yang berlokasi di bsd, tangerang, yang bernama daikinyama.


konsep kafe yang bisa membawa pengunjungnya untuk bernostalgia dengan kisah dari salah satu drama jepang di tahun 90an yang berjudul oshin. desainnnya dibuat dari berbagai elemen dekoratif mulai dari dinding hingga langit-langitnya, sehingga bisa memberikan kesan kehidupan desa di jepang.




terdapat ornamen utama yang dibuat menyerupai bentuk ombak yang menerpa seorang perempuan yang mewakili sosok oshin tersebut, menjadi salah satu hal iconic dengan berbagai makna tersirat di dalamnya yang mempercantik dekorasi di lantai satu kafe ini.




beralih ke lantai dua, di sana juga mengeksplorasi unsur bentuk, elemen dekoratif, dan material yang mengandung berbagai filosofi dari sosok oshin yang iconic. terdapat lampu berbentuk lampion dan taman kecil di sudut ruangan dengan memainkan pencahayaan yang meyerupai deretan gunung akan memeberikan kesan ramah yang menemani pengunjung.




nuansa yang berbeda akan sangat terasa di lantai tiga. di sana pengunjung akan merasakan nuansa saat berada di dalam sebuah kereta jepang. tatanan meja dan kursinya disusun saling berhadapan ditambah dengan ornamen dekoratif pada langit-langit dan beberapa koper yang disimpan, akan membuat pengunjung seolah benar-benar sedang menikmati makanan di dalam sebuah gerbong kereta.




keseluruhan desain dan perancangannya perlu memikirkan penataan keseluruhan sistem tata udara yang membuat pengunjung tidak menyadari keberadaannya, penggunaan ragam ac daikin home central diterapkan pada seluruh lantainya.




di lantai satu, biro yang sedang melebarkan sayapnya di jakarta ini menerapkan ac daikin home central 3d airflow simplisitas berbentuk indoor pada ac dengan menggunakan pemipaan yang tersimpan pada langit-langitnya.




vrv ceiling mounted duct menjadi pilihan di lantai dua, sehingga memberikan kesan estetis dan kenyamanan pada kesederhanaan desainnya.


agar dapat bersanding dengan konsep yang dirancang, di lantai tiga ini berusaha mempertahankan keseluruhan bentuk dekorasinya dengan memilih indoor ac daikin vrv cassette duct yang memiliki bentuk unik dengan bentuk persegi sebagai alur penghisapan udara dari dalam ruangan.




terdapat juga empat sambungan pemipaan yang menyerupai tentakel tersembunyi rapi pada langit-langit, memberikan fleksibilitas tinggi bagi penggunanya dalam memilih penempatan lubang keluarnya udara.




keunikan yang diusung ole desain biro ini adalah dengan mengambil konsep dari sebuah cerita film atau budaya tertentu dalam desainnya, mereka pun membuktikannya dalam desain arsitektur daikinyama ini. untuk mendukung keseluruhan desainnya, mereka membutuhkan sebuah solusi sistem tata udara yang sesuai dengan konsep desain yang telah dirancang.


adanya keterbatasan desain unit dan teknis pengimplementasian pada ruang, sistem tata udara tentunya menjadi hal yang harus diperhatikan. karena jika penempatannya tidak tepat, maka akan mengganggu desain ruang tersebut. oleh karena itu, pilihan ac daikin yang variatif sangat mendukung setiap desain pada ruang.


"membuat kreativitas kita dalam mendesain ceiling tak terhalang benturan teknis dalam penerapan sistem tata udara,” ujar oei fan kiat, desainer interior daikinyama.