MAD Architects menciptakan gedung apartemen yang disebut One River North (ORN), terletak di Colorado’s River North Art District (RiNo).


MAD Principal Architect, Ma Yansong, mengungkapkan bangunan ini sebagai canyon yang retak di jantung kota Denver dan lebih dari sekadar gedung apartemen. 




"Bayangkan tinggal di sebuah gedung tetapi merasa seolah-olah Anda tenggelam dalam lanskap alam, seperti tinggal di dalam canyon itu sendiri," kata Ma Yansong.


Hunian setinggi 16 lantai ini memiliki 187 unit untuk disewakan. Jalur canyon membentang dari lantai enam hingga sembilan, di mana penghuni dapat melintas dengan ditemani suara air terjun yang menenangkan. 




Terinspirasi oleh ekosistem kaki bukit dan canyon Colorado, MAD Architects berupaya menata kembali kehidupan perkotaan dengan memadukan pengalaman alam ke dalam arsitektur modern.


Pendekatan inovatif ini merupakan respon terhadap kondisi lingkungan Denver yang terkenal dengan pegunungan dan canyon yang mengelilingi area perkotaannya.


Desainnya mencerminkan budaya kota yang aktif dengan mendorong eksplorasi, kesejahteraan, dan hubungan dengan alam yang memperkuat ikatan penghuninya dengan lingkungan sekitar.




Terdapat ruang ritel seluas 9.000 kaki di lantai dasar yang menyuguhkan lanskap pemandangan jalan di sekitar.


Material eksterior dan tanaman terhubung dengan interiornya, sehingga memperkuat bagian dalam dan luar ruangan.


Permukaan lembut canyon yang diukir terinspirasi dari erosi alami dan dirancang dengan kontras garis geometris dari massa bangunan. Fitur ini mencakup lebih dari 1.208 m² teras lanskap yang tampak menggantung di ruang terbuka.


Fasad yang dilapisi kaca-kaca luas dihiasi canyon yang menjulang dan berpuncak di atap. Ruang yang terinspirasi dari pegunungan Alpen ini memiliki berbagai fasilitas, seperti kolam renang, spa, dan taman yang menyediakan pemandangan pegunungan Rocky dan cakrawala Denver.






Terdapat berbagai jenis pilihan kamar yang bisa menyesuaikan kebutuhan dan kenyamanan penghuni, mulai dari tipe 1BR, 2BR, 3BR, dan penthouse.






Hunian ini berhasil mendapatkan sertifikasi Fitwel, sebuah pengakuan bergengsi yang berkomitmen meningkatkan kesejahteraan fisik dan  


Sertifikasi ini diberikan kepada kurang dari 1.000 bangunan di seluruh dunia yang mencerminkan pendekatan inovatif proyek terhadap pengembangan penggunaan campuran. 





Telah melalui kurasi yang cermat dan menekankan penataan tempat untuk menumbuhkan kebersamaan, One River North menetapkan standar baru untuk hidup di perkotaan. 


 "One River North lebih dari sekadar tempat tinggal, ini adalah tempat untuk berkembang, di mana batas-batas antara lingkungan perkotaan dan alam menghilang," jelas Ma Yansong. 







Teks oleh: Nisrina Zahrani
Sumber foto: Iwan Baan