Rumah merupakan tempat paling aman dan nyaman untuk beristirahat dan berkumpul dengan keluarga. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memperhatikan interior dalam rumah dengan sangat baik, agar bisa memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para penghuninya saat beraktivitas di dalamnya. 

Menata interior dalam rumah ini termasuk bagian dinding, lantai, warna cat, furnitur, hingga elemen dekorasi, harus benar-benar diperhatikan dan disesuaikan dengan konsep interior rumah Anda. Hal ini dimaksudkan agar terciptanya keseimbangan dan nilai estetika ruangan. Berikut ini beberapa tips menata interior dalam rumah yang dibagi berdasarkan fungsi ruangan itu sendiri. 


1. Desain interior ruang tamu


photo: kristoffer johnsson


sesuai namanya, ruang tamu adalah salah satu ruangan yang berfungsi untuk menerima tamu yang berkunjung ke rumah. ruang tamu juga sebagai salah satu ruangan penentu kesan pertama dari keseluruhan rumah. itulah mengapa sangat penting untuk menata interior ruang tamu dengan baik. 

sebelum memulai menata interior ruang tamu, pertama-tama anda harus mengetahui secara detail ukuran luas ruangan tamu. dengan pengukuran yang tepat, itu akan membantu anda menata interior dalam rumah dengan akurat, seperti memilih perabotan, ukuran karpet, dan lainnya. sehingga anda bisa memaksimalkan fungsi ruang tamu itu sendiri. 

selanjutnya, dalam memilih warna cat dinding untuk ruang tamu sebaiknya pilih dan gunakan warna-warna netral dan terang yang bisa menciptakan ilusi ruangan yang lebih lapang, bersih, dan modern. warna-warna seperti ini juga bisa menjadi warna dasar yang sempurna untuk dikombinasikan dengan warna-warna yang lebih mencolok pada furnitur, tekstil, atau elemen dekorasi lainnya. tambahan hias indoor sebagai sentuhan akhir yang sempurna di ruang tamu!


2. desain interior kamar tidur


design interior by alvhem / alvhem.com


kamar tidur merupakan salah satu ruangan vital di dalam rumah. asal dalam menata interior kamar tidur bisa memengaruhi kualitas tidur yang berakibat pada gangguan kesehatan fisik dan mental. 

sama seperti menata interior dalam rumah lainnya, anda harus mengetahui secara detail ukuran luas kamar tidur. setelah itu, pilih warna cat kamar tidur yang menenangkan seperti putih, abu-abu muda, soft green, teal, biru muda, lavender, atau peach. 

hindari memasukkan banyak barang dan furnitur ke dalam kamar tidur, yang akan membuat terasa sempit dan sulit bergerak. cukup gunakan furnitur utama saja, seperti kasur, lemari pakaian, meja rias/meja belajar, meja nakas, dan sedikit dekorasi ruangan. tambahkan pencahayaan dekoratif dengan warna-warna hangat untuk memberikan nuansa yang positif di dalam kamar.

jika memungkinkan, anda disarankan untuk tidak membawa meja kerja ke dalam kamar. hal ini bertujuan untuk menciptakan zona no-teknologi di dalam kamar yang seharusnya digunakan sebagai tempat beristirahat.


3. desain interior kamar anak


photo & desain interior: dok. sarah vandy / instagram


khusus untuk kamar anak, buatlah agar tetap sederhana dengan meminimalkan penggunaan dekorasi dan perabotan yang berlebihan. anda bisa menggunakan warna-warna cerah yang bisa menghadirkan suasana ceria, positif, menyenangkan, dan penuh semangat. karena pada dasarnya anak-anak menyukai warna. beberapa pilihan warna-warna cerah untuk kamar anak seperti biru, hijau muda, biru muda, dan pink. 

jika anak menginginkannya, anda bisa memilih sprei, gorden, atau tempat tidur dengan karakter kartun, superhero, atau tokoh fiksi favoritnya. perhatikan penataan furnitur dan pastikan anak tetap bisa bergerak dan beraktivitas dengan leluasa di dalam kamarnya. plus, pastikan anda menyediakan tempat penyimpanan untuk menyimpan mainan-mainan anak yang jumlahnya banyak. 


4. desain interior ruang keluarga


photo & desain interior: hannah / @thistle.harvest on instagram


ruang keluarga adalah salah satu area di dalam rumah yang tak kalah penting, yang berfungsi sebagai tempat berkumpul dan bercengkrama seluruh anggota keluarga. oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan desain interior ruang keluarga dengan baik. 



sementara ruang tamu biasanya memiliki desain yang lebih formal, anda bisa menata interior dalam rumah area ruang keluarga dengan desain yang lebih cozy dengan sofa yang nyaman, karpet lembut, dan bantal cushion yang empuk. 

hindari menggunakan warna-warna gelap sebagai warna yang dominan pada area ruang keluarga. lengkapi dengan furnitur basic seperti lemari penyimpan, televisi, dan sedikit elemen dekorasi, agar terasa lebih nyaman dan homey. tambahan tanaman hias indoor yang bisa menghadirkan kesan fresh pada ruang keluarga, sekaligus sebagai filter udara alami agar ruang keluarga lebih bersih dan sehat.


5. desain interior dapur


photo: ikea usa @ikeausa on instagram


ada banyak ide desain dapur yang bisa anda sesuaikan dengan keinginan dan ketersediaan ruang, seperti dapur modern minimalis, dapur dengan desain kontemporer hingga dapur tradisional yang tampil dengan konsep klasik. namun, satu hal penting yang anda perlu diperhatikan dalam menata interior rumah area dapur ini adalah pemilihan dan penempatan furnitur, serta memperhatikan ukuran kitchen set yang ideal, agar anda tetap merasa nyaman saat memasak dan mempersiapkan makanan di dapur.

pada bagian lantai sebaiknya gunakan material lantai yang aman dan tidak mudah licin. lengkapi juga dengan penerangan yang cukup agar kegiatan di dapur menjadi lebih nyaman.


6. desain interior kamar mandi


Photo & Design: Design-Milk / design-milk.com


Seperti halnya ruangan lainnya, kenyamanan dan keamanannya pada area kamar mandi juga perlu diperhatikan. Pasalnya, kondisi kamar mandi yang sering basah dan mudah licin bisa menyebabkan munculnya masalah kelembaban, ini termasuk dinding berjamur. Serta, bisa membahayakan keselamatan anggota keluarga jika penataannya dibuat asal-asalan. 

Pilih dan gunakan material dinding kamar mandi yang tahan air, kuat, serta tahan jamur dan lumut, seperti wallpaper vinyl, ubin keramik, glass tile, bearboad, dan stone tile

Untuk lantai kamar mandi, pilih dan gunakan lantai yang tidak licin, tahan lembap dan tahan air (dan tetap stylish), seperti ubin porselen atau keramik, concrete, lantai vinyl, batu alam, dan kayu solid. Gunakan rak dinding untuk menyimpan berbagai perlengkapan mandi. Lengkapi dengan meletakkan tanaman hias indoor, untuk menghadirkan kesan segar dan membantu mengurangi kelembaban di dalam kamar mandi. 


Itulah beberapa tips menata interior dalam rumah berdasarkan jenis dan fungsi ruangan itu sendiri. 





Penulis: Calvin