Berada di Alchemy Yoga and Meditation Center terletak di kawasan Ubud, Bali, Lumi Shala ciptaan Ibuku Studio baru saja menoreh prestasi. Gedung berstruktur utama bambu dan menggunakan kombinasi material natural seperti limestone, copper dan clay ini berhasil meraih international award yaitu pemenang utama kategori Health and Wellbeing Project of The Year dalam Dezeen Awards 2023. Dirancang multifungsi, Lumi Shala dapat digunakan untuk berkumpul serta menaungi sejumlah kegiatan kesehatan dan meditasi. 




atap terdiri dari 5 kelopak lengkungan terbuat dari struktur bambu yang terikat gunakan sistem structural anticlastic grid shells. pada bagian eksterior, atap berkesan glossy dilapisi cooper ciptakan visual unik sembari tetap membaur dengan lingkungan hijau disekitarnya. di antara atap yang tersusun tumpang tindih, terdapat celah demi cahaya alami dapat masuk dan menyapu setiap interior. ini sekaligus ciptakan atmosfer agar lebih fokus saat sedang berlatih yoga.


proses pembangunan struktur bambu pada atap gedung



hasil struktur bambu pada bagian interior ruangan




struktur atap terlihat ditopang oleh sejumlah fondasi yang mengelilingi beberapa titik area ruang melingkar seluas 227 meter persegi ini. fondasi tersebut leburkan teknik craftmanship dari budaya bali dan india dengan membangun gundukan dan dinding terbuat dari bahan campuran mud-lime. ini turut menjadi penunjang keseimbangan struktur atap terhadap daratan sekaligus representasikan figur tubuh manusia untuk selalu grounding ke bumi sambil meraih ke atas saat latihan yoga.






Berkat kombinasi inovasi menggunakan material alami di Lumi Shala, ciptakan ruang berkesan airy dan lapang untuk beraktivitas. Ibuku Studio merupakan biro desain yang menjadikan bambu sebagai bahan dasar utama setiap ide-ide desain membangun sebuah arsitektur sembari mengawinkan dengan teknik modern.






Elora Hardy selaku pendiri dan Direktur Ibuku Studio memulai karirnya dengan ikut serta dalam perancangan Green School pada 2010 yang turut didirikan oleh ayahnya John Hardy. Beliau terinspirasi oleh keterampilan pengrajin lokal dan bervisi jadikan Bali sebagai pusat global dalam perancangan berbasis sustainability. Tujuan utamanya adalah mampu menyediakan ruang hidup manusia yang dapat ciptakan hubungan autentik dengan alam serta menyebarkan mimpi ini ke seluruh dunia.



Proyek lainnya yang pernah digarap oleh beliau seperti Green Village, Sharma Springs, dan Bambu Indah Hotel. Ibuku Studio telah membangun lebih dari 60 struktur bambu di Bali, Indonesia, dan di sekitar wilayah tersebut.



Sumber Foto: Ibuku Studio
Teks oleh: Asnaura