Bespoke Architects di Lagoa, Portugal menciptakan sebuah villa yang mencampurkan fiksi ilmiah dengan filosofi Taoist ke dalam desainnya. Disebut Sky Base One, karya ini menyajikan sebuah rumah yang selaras dengan alam, di mana desainnya disesuaikan dengan geometri fraktal dan rasio emas.






Terdapat kolam renang di bagian atasnya yang memaksimalkan hubungan bangunan dengan lingkungan pesisirnya. Villa ini menyeimbangkan bentuk dan fungsi dengan menyajikan pemandangan laut yang indah.




Jendela atapnya menyerupai palka pesawat ruang angkasa yang memenuhi ruangan melingkar, berfungsi sebagai inti villa dengan pencahayaan alami.


Dasar yang bernuansa gelap memberikan kontras dengan bagian atas yang lebih terang, sehingga memberikan kesan membumi. Bagian tengahnya dibalut warna emas yang memberikan kesan mewah dengan sentuhan akhir minimalis yang menambah estetika furistik villa.




Merupakan penggemar film fiksi ilmiah, klien membayangkan rumahnya memiliki variasi dari villa tradisional. Hal inilah yang membawa Bespoke Architects memadukan arsitektur dengan prinsip-prinsip Taoist tentang keseimbangan dan kesatuan.


Dibangun di sebidang tanah kecil Carvoeiro, bangunan villa ini memiliki bangunan yang minimalis dari luar, tetapi megah di bagian dalam.


Terasnya menawarkan koneksi langsung dengan alam. Terdapat halaman minimalis di pintu masuk yang menyajikan suasana gurun, dilengkapi pepohonan menjulang dan kaktus.






interior dalamnya menampilkan kemewahan dengan konsep monokrom yang didominasi hitam, sekaligus memanfaatkan penggunaan kaca dengan baik.





Pada siang hari, pencahayaan alami dari matahari akan menyinari bangunan dengan nuansa warna netral ini. Sedangkan pada malam hari, pencahayaan akan mengubah struktur bangunan sehingga menciptakan lingkungan yang tenang dari lampu di setiap sudutnya.




Teks oleh: Nisrina Zahrani
Sumber foto: João Morgado