Rumah sakit biasanya memberikan tampilan yang bersih namun membosankan, tetapi tidak dengan rumah sakit anak yang berada di Zurrich, Swiss.






Arsitektur Herzog & de Meuron menyelesaikan proyek seluas 96.200 meter persegi yang mencakup rumah sakit anak dan gedung penelitian.

Kawasan ini ditanami lebih dari 250 pohon yang dihrapkan sebagai peningkatan kesejahteraan pasien.




Rumah sakit ini dirancang menyerupai kota yang asri dan hangat dengan menggunakan kayu sebagai material utama.





Baca Juga: Rumah Sakit Anak di Thailand ini Penuh Kegembiraan!


Rumah sakit tiga lantai ini terletak di samping kompleks utama rumah sakit, di area perumahan Zurich. Bangunan ini berbagi halaman depan dengan Klinik Psikiatri Universitas yang dikenal sebagai Burghölzli, sejak 1869.




Pintu masuk rumah sakit ditandai dengan gerbang besar yang mengarah ke halaman bundar. Fasad bangunan memiliki desain bertingkat dengan panel kayu hangat yang memberikan kesan ramah dan alami.

Lantai pertama gedung berisi apotek, area pengajaran dan 600 ruang kerja untuk staff.




Pada lantai atas diisi dengan 114 kamar dengan konsep yang bertajuk pondok kayu. Sedangkan area lantai tiga dirancang meniru rumah-rumah kayu kecil.








Setiap lantai memiliki koridor utama yang membentang di tengah, melewati taman hijau yang memberikan orientasi bagi pengunjung dan membawa sinar matahari alami ke dalam bangunan.




Baca Juga: Bukan Rumah Sakit! Intip Lokasi Drama Hospital Playlist


Penataan ini memastikan suasana terang dan alami di seluruh gedung, sambil tetap menjaga suasana hangat dan ramah bagi para pasien.

Menurut Herzog & de Meuron bangunan ini menunjukkan arsitektur dapat berkontribusi dalam proses penyembuhan, dengan desain yang mempertimbangkan kenyamanan dan kesehatan pasien.




Di atas bukit komplek rumah sakit ini, terdapat gedung pengajaran dan penelitian. Dirancang berbentuk silinder, untuk mendorong kolaborasi antar peneliti serta memaksimalkan pemandangan di sekitarnya.




Kedua bangunan yang terlibat berhasil mencapai standar tertinggi dari Swiss Sustainable Building Council, yaitu sertifikasi platinum, yang menandakan pencapaian luar biasa dalam aspek keberlanjutan.




Sumber Foto: Maris Mezulis
Teks Oleh: Asnaura