Ruang makan menjadi salah satu tempat yang penuh kehangatan, di mana keluarga akan berkumpul untuk bersantap bersama.


Pengelolaan ruang mulai dari tata letak, fungsi, kebersihan, dan kenyamanan menjadi perhatian khusus dalam perancangannya.




desiree burns interiors


tidak jarang, ruang makan memiliki ukuran yang kecil karena keterbatasan ruang. oleh karena itu, penting untuk memaksimalkan setiap area yang ada.


namun, ada beberapa cara agar ruang makan terlihat lebih besar, berikut di antaranya:


1. buat pola melingkar


arbor & co.


elemen melingkar dapat menciptakan ruang kosong di sekitar sudut, sehingga memberikan ilusi area yang lebih luas dan terbuka.


2. beri ruang untuk cermin


brexton cole interiors


mungkin tidak banyak ruang makan yang meletakkan cermin di dalamnya. namun ternyata, penempatan cermin juga bisa berpengaruh untuk membuat ruangan terlihat lebih besar. 




cermin dapat menghadirkan cahaya dan pantulan di sekitarnya, sehingga dapat menghadirkan kesan ruangan lebih besar. 


3. mengisi sudut dengan tanaman


esther schmidt


tempatkan tanaman di sudut ruangan dan pilihlah tanaman yang mencolok, sehingga dapat memberikan sentuhan baru di ruang makan. penempatan tanaman juga bisa memberikan kesan segar di ruang makan. 


4. memanfaatkan dinding


charlie interior design


jika anda memiliki ruang lantai yang terbatas, cobalah manfaatkan dinding sebagai gantinya. anda dapat mengisi dinding dengan hiasan atau foto-foto keluarga, sehingga suasana ruangan akan terasa lebih hangat. 


5. gunakan cat mengilap


Design by JK Interior Living


Menggunakan cat mengilap dengan warna yang cukup terang, bisa menjadi salah satu teknik untuk menciptakan ilusi ruangan yang lebih besar. Hasil kilauan dari cat juga akan membuat pantulan cahaya yang indah.



Teks oleh: Nisrina Zahrani