Kaktus merupakan jenis sukulen yang semakin populer di kalangan kolektor tanaman hias. Bentuknya yang unik, bunganya yang indah, memiliki daya tahan kuat dan mampu tumbuh dengan baik di lingkungan sulit, serta kebutuhan perawatan yang relatif rendah, menjadi beberapa alasan utama banyak orang memilih merawat kaktus di rumah. 

Meskipun sebagian besar jenis kaktus memiliki harga yang cukup terjangkau, namun ada beberapa jenis kaktus yang memiliki harga mahal dan menempatkannya dalam kategori jenis kaktus termahal. Berikut ini, AlaCASA sudah merangkum 6 jenis kaktus termahal dengan bentuknya yang unik, yang bisa Anda tambahkan ke koleksi tanaman hias Anda—namun bersiaplah untuk merogoh kocek yang cukup dalam!


1. Euphorbia abdelkuri


photo by @insane_succulents on instagram


kaktus euphorbia abdelkuri merupakan jenis kaktus termahal yang cukup populer. harga jenis kaktus ini bisa bervariasi tergantung pada ukuran dan bentuknya, tapi biasanya berkisar antara rp850.000 hingga rp2.500.000.

kaktus euphorbia abdelkuri memiliki bentuk silinder yang memanjang ke atas berwarna hijau keabu-abuan dengan umumnya memiliki enam tulang dan permukaannya yang tampak agak berkeriput. jenis kaktus ini memiliki getah berwarna kekuningan yang sangat beracun jika tertelan dan bisa menyebabkan iritasi saat bersentuhan dengan kulit. oleh karena itu, jauhkan dari jangkauan hewan peliharaan dan anak-anak di rumah. 

jika anda tertarik untuk memiliki jenis kaktus ini dirumah, pastikan kaktus euphorbia abdelkuri mendapatkan banyak sinar matahari. letakkan jenis kaktus termahal ini dekat dengan jendela untuk memaksimalkan pertumbuhannya. 

euphorbia abdelkuri sangat sensitif terhadap tanah basah, jadi siram secukupnya saja. pilihlah pot yang memiliki drainase baik dan tanah yang tidak terlalu banyak menahan kelembapan, seperti perlit atau vermikulit. 


2. echinocactus grusonii


photo by @lasucucienta on instagram


echinocactus grusonii juga merupakan varietas kaktus yang paling populer dan banyak dicari. jenis kaktus termahal ini termasuk langka dan terancam punah. berbeda dengan bentuk kaktus pada umumnya, echinocactus grusonii memiliki bentuk bulat dan duri berwarna kuning keemasan yang mencolok. 

echinocactus grusonii menyukai banyak sinar matahari. jika diletakkan di dalam ruangan, setidaknya membutuhkan lima jam sinar matahari langsung setiap harinya. jika menanam jenis kaktus termahal ini di luar ruangan, letakkan di tempat yang mendapat banyak sinar matahari tapi tetap cukup teduh untuk melindunginya dari sinar matahari yang sangat terik di tengah hari. 

echinocactus grusonii diketahui tidak beracun untuk hewan peliharaan maupun manusia. meski begitu, durinya yang panjang dan sangat tajam bisa melukai siapapun. untuk itu, tetap jauhkan dari jangkauan hewan peliharaan dan anak-anak serta berhati-hatilah saat merawat jenis kaktus ini. 

harga echinocactus grusonii bisa bervariasi, namun biasanya berkisar antara rp4.500.000 hingga rp8.000.000.


3. copiapoa cinerea


photo by @leafy_works on instagram


copiapoa cinerea juga menjadi salah satu kaktus yang paling banyak dicari karena penampilannya yang menarik dan unik! nama cinerea berasal dari bahasa latin untuk ash yang berarti abu dalam bahasa indonesia, mengacu pada warna permukaannya yang berwarna putih keabu-abuan. copiapoa cinerea memiliki bentuk bulat berdiameter sekitar 20 sentimeter dan tinggi 1 meter, dengan umumnya memiliki 30 tulang dan duri berwarna hitam atau cokelat tua. copiapoa cinerea juga tumbuh dengan bunga berwarna kuning di bagian tengah atasnya. 

copiapoa cinerea termasuk jenis kaktus termahal yang dihargai sekitar rp8.000.000 hingga rp30.000.000 untuk copiapoa cinerea dewasa. 


4. yavia cryptocarpa


photo by eleanora @spiky.friend on instagram




yavia cryptocarpa merupakan spesies kaktus yang berasal dari yavi, argentina, dan dianggap sebagai salah satu jenis kaktus paling langka dengan kurang 1000 tanaman yang tersisa di alam liar. yavia cryptocarpa memiliki bentuk subglobular, yang biasanya sedikit lebih lebar di bagian atas daripada di bagian bawah. tingginya bisa berkisar antara 3 hingga 4 sentimeter. karena termasuk spesies kaktus langka, membuat harga yavia cryptocarpa sangat mahal bisa mencapai 30 juta rupiah (atau bahkan lebih). 


5. seven star cactus


photo by @cacteeausth_by_alley on instagram


seven star cactus, atau yang memiliki nama ilmiah ariocarpus retusus, merupakan spesies kaktus indoor paling favorit, berkat daya tahannya yang baik terhadap kekeringan—dapat hidup tanpa air selama beberapa minggu. ariocarpus retusus memiliki ciri khas tuberkel segitiga tebal—bentuknya seperti daun—berwarna hijau tua keabu-abuan dan juga tumbuh dengan bunga berwarna putih-pink atau putih-oranye di atasnya. seven star cactus adalah tanaman geophyte yang tumbuh secara lambat. 

meskipun cukup toleransi terhadap kekeringan, ariocarpus retusus tetap membutuhkan air dalam jumlah yang cukup dan tidak overwatering untuk mendukung pertumbuhannya. 

jenis kaktus termahal ini menyukai cahaya terang dan tahan terhadap sinar matahari langsung, namun pindahkan di bawah naungan teduh saat sinar matahari terlalu terik. jenis kaktus termahal ini biasanya dihargai sekitar rp2.000.000.


6. paper spine cactus

Photo by Amilly @of_roots_and_leaves on Instagram


Paper Spine Cactus, atau dikenal dengan Tephrocactus articulatus, merupakan jenis kaktus termahal dan langka (dan unik) berikutnya dengan kisaran harga sekitar Rp2.300.000 hingga Rp3.700.000. Paper Spine Cactus terkenal dengan duri tipis—mirip seperti tali rafia atau pita tipis—berwarna putih yang tumbuh dari batangnya yang berwarna hijau keabu-abuan berbentuk pine-cone, yang saling menempel satu sama lain. Meskipun jarang, Tephrocactus articulatus tumbuh dengan bunga berbentuk lonceng berwarna putih. 



Itulah enam jenis kaktus termahal dengan bentuk yang unik, bahkan beberapa diantaranya termasuk jenis kaktus langka, yang bisa Anda tambahkan ke koleksi tanaman hias Anda di rumah.