Keberadaan tanaman hias di dalam rumah tidak hanya berfungsi untuk menyegarkan dan membersihkan udara saja, tetapi juga bisa mengurangi stres dan memberikan pemandangan yang indah. Meskipun saat ini Anda sudah memiliki koleksi tanaman hias di dalam rumah, tetapi tidak ada salahnya untuk menambahkan tanaman-tanaman hias unik ini ke dalam koleksi Anda. Itu benar-benar akan mempercantik interior rumah Anda! Berikut ini beberapa tanaman hias unik yang ditambahkan ke dalam koleksi Anda. 


1. Shamrock Ungu


photo by elodie @leafinmotion on instagram


shamrock ungu, atau juga dikenal dengan bunga kupu-kupu, adalah tanaman hias unik dan langka yang memiliki bentuk daun mirip dengan sayap kupu-kupu berwarna ungu tua—seusai namanya. tak hanya bentuk daunnya yang unik, tanaman shamrock ungu juga memiliki keunikan lainnya, yakni daunnya akan menguncup saat malam hari. 

tanaman hias unik ini suka di tempat yang sejuk dan tidak terpapar banyak sinar matahari langsung, karena bisa membuat daunnya cepat layu. jadi, memang ideal menjadikan bunga kupu-kupu sebagai tanaman hias indoor. meletakkannya di dekat jendela adalah solusi terbaik, supaya tanaman hias ini tetap bisa mendapat sinar matahari untuk pertumbuhannya, tetapi tidak secara langsung. 


2. hoya hearts


photo by feey on unsplash


tanaman hoya hearts atau tanaman hoya kerii termasuk sukulen yang memiliki bentuk daun seperti hati atau love. itu membuatnya menjadi hadiah populer saat hari valentine. 

saat ditempatkan di dalam ruangan, tanaman hoya kerii membutuhkan banyak cahaya matahari dan kelembapan ekstra untuk pertumbuhannya—meskipun kelembapan rumah pada umumnya dapat diterima oleh tanaman hoya kerii. untuk itu, idealnya tempatkan tanaman hoya kerii di dekat jendela dengan tambahan humidifier di sekitarnya. 

hindari penyiraman berlebihan yang bisa menyebabkan pembusukan akar, dan biarkan tanah benar-benar kering di antara penyiraman. tanaman hoya kerrii tahan terhadap kekeringan dalam jangka waktu lama berkat daunnya yang tebal dan dapat menyimpan air. 


3. living stones


photo by summertrain on unsplash


living stones, atau disebut juga dengan lithops, merupakan tanaman hias unik yang termasuk jenis sukulen. tanaman hias ini terlihat seperti bebatuan kecil berwarna-warni. lithops hanya dapat tumbuh sekitar 2,5 sampai 3 sentimeter dari tanah. tanaman lithops membutuhkan cahaya sebanyak mungkin dan penyiraman yang tepat. saat diletakkan di dalam ruangan, tanaman hias unik ini membutuhkan tambahan cahaya buatan seperti lampu pertumbuhan tanaman, terlebih jika tidak ada tempat di dalam rumah yang mendapatkan cahaya cukup terang. 


4. corkscrew albuca


photo by garden lover @garden_lover2 on instagram


corkscrew albuca, juga disebut dengan albuca spiralis, merupakan tanaman hias unik dengan batang yang tumbuh memanjang ke atas lalu barulah muncul daun melengkung berbentuk spiral rapat. tanaman albuca spiralis juga memiliki bunga kuning beraroma seperti vanila. 

untuk mendukung pertumbuhannya, pastikan tanaman corkscrew albuca anda mendapatkan satu atau dua jam sinar matahari setiap harinya. dan, jangan pernah menempatkan tanaman corkscrew albuca di tempat gelap karena bisa menghambat pertumbuhannya. 


5. desert rose


photo by etsy.com


desert rose tumbuh subur di kondisi panas dan kering. tanaman hias unik ini menyerupai pohon bonsai dengan bentuk batang yang menggembung, sebagai tempat penyimpanan cadangan air pada kondisi kekeringan. desert rose memiliki beragam warna bunga, namun umumnya berwarna deep pink dengan bentuk bunga yang mirip seperti terompet. menambahkan desert rose ke dalam koleksi tanaman hias anda, itu akan memberi sentuhan pop-up color ke dalam rumah.

karena berasal dari tempat yang panas dan kering, tanaman desert rose menyukai cahaya matahari yang banyak dan drainase yang baik. desert rose dapat tumbuh dengan baik di dalam maupun luar ruangan. di dalam rumah, anda bisa meletakkan tanaman hias ini di dekat jendela atau di tempat lainnya yang mendapatkan cukup banyak sinar matahari. 


6. lipstick plant


photo by amanda rae wright @amandaraewright on instagram




lipstick plant, atau yang memiliki nama ilmiah aeschynanthus radicans, merupakan tanaman hias unik dan langka lainnya dalam daftar! seperti namanya, lipstick plant merupakan tanaman hias yang mekar dengan kuncup berwarna merah terang yang terlihat seperti tube lipstik. karena termasuk tanaman rambat, tanaman hias unik ini akan terlihat sangat menawan saat digantung. 

lipstick plant dapat tumbuh dengan baik di kondisi cahaya redup, dan tidak perlu banyak disiram, karena permukaan daunnya yang berlilin sangat bagus dalam mempertahankan kelembapan. sirami tanaman hias unik ini ketika bagian atas tanahnya sudah mulai terasa kering. 


7. hindu rope hoya


photo by angelika sverdrup @plantefascinasjon on instagram

hindu rope hoya, atau hoya carnosa compacta, adalah tanaman hias gantung cantik dan unik yang bisa mempercantik interior rumah anda—dan, tanaman hias ramah pemula! tanaman hias hoya carnosa compacta memiliki bentuk daun curly acak-acakan berwarna hijau berkilau, dengan bunganya yang harum dan indah berwarna putih kemerahan—kadang sedikit berwarna pink—berbentuk seperti bintang, yang membuat tanaman hias unik ini semakin menawan. 

selama mendapat banyak cahaya matahari terang namun tidak langsung, serta penyiraman secara teratur dan tidak berlebihan, tanaman hias unik ini akan tumbuh dengan subur. 


8. flamingo lily


(anselandivy.com)

flamingo lily, atau anthurium andraeanum, termasuk tanaman hias anthurium unik dengan bentuk daun seperti hati atau love berwarna merah dan tangkainya berwarna kuning-putih. tak hanya dapat memberi warna pada sudut rumah anda, flamingo lily juga dapat membantu menjernikan dan melembapkan udara di dalam rumah, menurut nasa clean air study. 

dari segi perawatan, tanaman hias unik dan langka ini terbilang cukup mudah. anda hanya perlu memastikan tanaman flamingo lily mendapatkan cahaya matahari yang cukup dan melakukan penyiraman sesuai musim; lakukan penyiraman rutin pada musim kering dan kurangi penyiraman pada musim yang lebih dingin. 


9. begonia rex


photo by thesill.com


jika anda bosan dengan tanaman hias berdaun hijau, anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk memasukkan begonia rex ke dalam koleksi tanaman hias anda. meskipun mekar dengan bunga kecil berwarna putih, namun kebanyakan orang menanamnya karena alasan daunnya yang unik dan indah. 

tanaman hias unik ini memiliki daun lebar dengan tepian bergerigi berwarna merah anggur kombinasi guratan-guratan berwarna lebih gelap di seluruh daunnya. serupa dengan daunnya, batang tanaman ini juga memiliki warna merah anggur. 

begonia rex sangat menyukai kelembapan, sehingga usahakan untuk sering melakukan penyiraman—namuan pastikan tanah kering sebelum penyiraman—dan letakkan di tempat yang terkena sinar matahari sedang-tidak langsung. 


10. begonia polkadot


Photo by Kulbir on Pexels


Begonia polkadot adalah tanaman hias unik dan langka (dan eksotik) yang bisa dikatakan sebagai tanaman hias easy-to-care. Selama Anda menaruhnya di bawah sinar matahari sedang-tidak langsung, menjaga kelembapannya, dan menyimpannya di dalam pot yang memiliki drainase baik, tanaman Begonia polkadot akan tumbuh subur dan cantik. 

Begonia polkadot memiliki bentuk daun yang mirip dengan sayap malaikat—karena itu kadang-kadang disebut sebagai Begonia sayap malaikat—dengan corak polkadot di seluruh daunnya. Tanaman hias ini juga mekar dengan kumpulan bunga putih kecil yang menambah keindahannya. 



Itulah beberapa tanaman hias unik yang bisa Anda tambahkan ke dalam koleksi Anda, dan mempercantik interior rumah Anda.