Televisi menjadi benda yang sering diperdebatkan karena masing-masing orang memiliki posisi nyamannya ketika menonton begitu juga dengan meletakkannya di dalam kamar tidur. Berikut ini beberapa faktor yang menjadi pertimbangan untuk meletakkan TV beserta ide yang bisa dicontoh.


Faktor pertama yang harus Anda perhatikan adalah sudut kenyamanan menonton dari dalam kamar. Jika Anda ingin menonton dari tempat tidur pastikan TV dapat terlihat ketika berbaring. Sedangkan, jika terdapat tempat duduk di kamar tidur pastikan berada di posisi tengah yang sejajar dengan Anda.


Hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah jendela. Pastikan posisi TV tidak berseberangan dengan jendela karena membuat layar menjadi silau dan tidak berada di sebelah jendela yang mengakibatkan mata menjadi tegang.


1. Diletakkan di Dinding




Salah satu pilihan yang paling umum dengan memasang TV di dinding. Anda dapat membuatnya masuk ke dalam bagian dinding dengan ukuran yang disesuaikan. Pencahayaan TV membuat dinding Anda terlihat lebih estetis.


2. Dibuat Layaknya Lukisan




Smart TV umumnya akan menampilkan karya seni seperti lukisan pada saat tidak digunakan. Oleh sebab itu, Anda bisa meletakkan TV layaknya menggantung lukisan pada dinding ruangan.


3. Letakkan di atas Lemari Rias




Menaruh TV di atas lemari rias merupakan salah satu yang cukup populer. Umumnya kamar tidur terdapat banyak lemari salah satunya adalah lemari rias yang bagian atasnya dapat dimanfaatkan. Anda dapat menggantungnya di dinding atau di atas lemari rias sekalipun untuk memanfaatkan ruang.


4. Digabungkan dengan Frame Foto




Menambahkan frame foto pada sekitaran TV membuat yang melihat akan fokus juga dengan foto dan lukisan yang ditempel. Hal itu agar TV tidak terlalu mendominasi dinding dan memperhalus kehadirannya. Misalnya Anda dapat menambahkan foto atau karya seni hitam-putih agar ketika TV mati lebih menyatu secara alami dengan ruangan.


5. Tempatkan di Dekat Kursi Duduk




Selain meletakkan di atas lemari rias dan dekat tempat tidur, TV juga dapat diletakkan di dekat kursi duduk. Ide penempatan ini cocok untuk Anda yang ingin menciptakan sudut pribadi agar lebih santai dan nyaman tanpa harus naik ke tempat tidur.


6. Menyembunyikan TV dari Penglihatan




Bagi Anda yang kurang menyukai tampilan TV maka ide yang satu ini cocok untuk diterapkan. Jauhkan TV dari pintu agar ketika keluar masuk kamar menjadi tidak terfokus pada TV. Tergantung pada selera Anda mungkin bisa meletakkannya di sisi yang tidak terlihat tapi tetap nyaman untuk menonton.


7. Meletakkan di dalam Kabinet atau Lemari






Ide yang satu ini menjadi populer untuk sebagian orang karena terdapat lemari khusus yang dibuat untuk menyimpan TV. Lemari yang sudah dibuat khusus tersebut dapat menutup seluruh bagian TV ketika tidak digunakan.


8. Tempatkan di Rak




Ide lainnya dengan membuat rak yang disusun berdasarkan kemauan Anda. Rak yang disusun di salah satu sudut ruangan, Anda dapat meletakkan TV pada bagian tengah rak. Anda bisa menambah dekorasi seperti tanaman, buku, atau vas agar tidak terpaku pada layar TV. Bahkan, dapat menambahkan panel geser untuk menyembunyikan TV.


Sumber Foto: Unsplash
Penulis: Rafi Fadillah