Ada banyak seniman-seniman lukis Indonesia yang diakui di kancah seni internasional. Bahkan, karya mereka bisa bersanding dengan karya-karya seniman lukis dunia. Lukisan-lukisan hasil karya seniman Indonesia banyak menampilkan esensi keindahan alam, kekayaan budaya, dan isu sosial bangsa ini, menjadikannya karya seni yang penuh cerita dan makna. 

Berikut ini, CASA sudah mengumpulkan 10 lukisan Indonesia terkenal yang mendunia. Simak! 

1. Ibuku – Affandi


Galeri Nasional Indonesia / gni.kemdikbud.go.id


Selama hidup dan karirnya, Affandi telah menghasilkan ribuan karya seni lukis yang penuh cerita dan ikonik, yang dipamerkan di berbagai pameran seni di dunia seperti di Asia, Eropa, Amerika, dan Australia. Salah satu lukisannya yang terkenal yaitu potret sang ibu yang diberi judul Ibuku.

Lukisan ini merupakan salah satu karya awal Affandi yang menampilkan kemampuannya dalam melukis potret realis, sekaligus ungkapan kecintaannya kepada sang ibu. Pada lukisan Ibuku ini, Affandi melukiskan figur sang ibu dengan sangat detail, yang menampilkan raut wajah yang tampak bersedih. 

 

2. Penangkapan Diponegoro – Raden Saleh


Istana Negara Jakarta


Raden Saleh dianggap sebagai salah satu pelukis pionir di Indonesia. Lukisan yang berjudul Penangkapan Diponegoro merupakan salah satu karyanya yang terkenal dan mendunia. 

Pada lukisan ini, Raden Saleh memberikan detail-detail kecil peristiwa pengkhianatan Belanda kepada Pangeran Diponegoro dengan lebih akurat. Raden Saleh melukis Pangeran Diponegoro lengkap dengan busana khasnya dan raut wajah yang marah dan tegas. Ia juga melukis para pengikut Pangeran Diponegoro dengan mengenakan pakaian tradisional Jawa. Lukisan ini merupakan masterpiece yang menampilkan keakuratan peristiwa sejarah. 


3. Nyi Roro Kidul – Basoeki Abdullah


Lukisan Nyi Roro Kidul karya maestro pelukis Indonesia, Basoeki Abdullah, adalah hasil karya seni lukis yang sangat fenomenal. Lukisan ini memiliki nilai budaya dan legenda Nusantara yang kental. Lukisan Nyi Roro Kidul ini dipercaya sebagai penggambaran dari sosok Nyi Roro Kidul, penguasa pantai selatan, berdasarkan ingatan dan imajinasi Basoeki Abdullah sendiri. Lukisan Nyi Roro Kidul yang asli kini disimpan di Istana Kepresidenan Republik Indonesia. 


4. Perburuan Rusa – Raden Saleh


Mesdag Museum, The Hague


Tak hanya lukisan Penangkapan Diponegoro, lukisan berjudul Perburuan Rusa karya Raden Saleh juga menjadi salah satu lukisan Indonesia terkenal. Lukisan ini tidak hanya menggambarkan aksi perburuan saja, tetapi juga menggambarkan perjuangan untuk bertahan hidup.


5. Badai Pasti Berlalu – Affandi


Lukisan karya Affandi lainnya yang juga terkenal dan mendunia, yaitu lukisannya yang berjudul Badai Pasti Berlalu. Pada lukisan ini digambarkan sebuah kapal yang sedang mengarungi lautan dan memecah badai. Lukisan Badai Pasti Berlalu ini menceritakan tentang perjuangan manusia dalam melewati setiap rintangan, yang pada akhirnya setiap rintangan akan terlewati dan membawa kita ke tempat yang baik. 


6. Kawan-kawan Revolusi – S. Sudjojono


@sscenter


Dikenal sebagai bapak seni modern Indonesia, karya-karyanya banyak menampilkan tentang kondisi faktual bangsa Indonesia dan semangat patriotisme, seperti yang tergambar dalam lukisannya yang berjudul Kawan-kawan Revolusi. Dalam lukisan ini, Sudjojono menggambarkan teman-teman sesama seniman dan tentara perjuangan kemerdekaan seperti Kartono Yudhokusumo, Soedibio, Soerono, Basuki Resbowo, dan Trisno Sumardjo. Sepanjang hidupnya, Sudjojono percaya bahwa para seniman harus menjadi nasionalis dan berpihak pada tanah air dan rakyat. 




7. Rose Istriku – S. Sudjojono


archive.ivaa-online.org


Selain menampilkan semangat perjuangan menuju kemerdekaan, Sudjojono juga kerap mengungkapkan kecintaan dan kekagumannya terhadap sang istri dan keluarga melalui karya-karyanya. Salah satunya yaitu lukisan yang berjudul Rose Istriku. Dalam lukisan itu, Sudjojono melukis potret sang istri, Rose Pandanwangi, yang sedang duduk dengan sebuah buku di pangkuannya. 


8. Pengorbanan Ibu – Hendra Gunawan


ciputraartpreneur.com


Pengorbanan Ibu karya Hendra Gunawan merupakan lukisan Indonesia terkenal yang penuh makna, melukiskan beberapa figur wanita yang berjalan bersama anak-anak mereka dengan selembar daun pisang untuk memayungi mereka dari hujan. Dalam lukisan itu, Hendra menggambarkan bentuk kaki para wanita yang tampak lebih besar, untuk menunjukkan betapa kuatnya kaum wanita untuk menopang kehidupan keluarga. 


9. Bedhoyo Ketawang – Srihadi Soedarsono


archive.ivaa-online.org


Lukisan Indonesia terkenal berikutnya yaitu lukisan karya Srihadi Soedarsono yang berjudul Bedhoyo Ketawang. Dalam lukisan ini, Srihadi Soedarsono melukiskan dua penari yang sedang menarikan tarian tradisional Bedhoyo Ketawang yang hanya dipertunjukkan ketika ada penobatan kenaikan tahta raja. Dengan sapuan kuasnya yang halus dan didominasi warna hitam, lukisan ini mencerminkan unsur budaya tradisional yang kental. 


10. Self Portrait and His Pipe – Affandi


archive.ivaa-online.org


Satu lagi lukisan Indonesia terkenal, yaitu lukisan karya Affandi yang berjudul Self Portrait and His Pipe. Affandi sering melukis potret dirinya sambil menghisap cerutu atau pipa rokok, yang merupakan ciri khas penampilannya. Lukisan ini benar-benar menampilkan gaya ekspresionis khas Affandi, yang menekankan emosi dan perasaan pelukisnya. 



Itulah beberapa karya lukisan indonesia terkenal dan mendunia. Lukisan-lukisan ini banyak menampilkan keragaman budaya, semangat perjuangan, dan ungkapan kecintaan dan kekaguman kepada istri, ibu, dan keluarga.