Mengajak anak berakhir pekan tidak harus jauh-jauh hingga keluar kota. Anda bisa mengajak si kecil menghabiskan akhir pekan di taman bermain indoor yang ada di Jakarta. Di taman bermain indoor ini, anak-anak bisa bermain dan bereksplorasi, sambil mendukung perkembangan fisik-motorik, melatih komunikasi dan sosialisasi, serta merangsang imajinasi anak. 


Intinya, taman bermain di dalam ruangan adalah tempat yang menyenangkan sekaligus dapat membantu anak meningkatkan berbagai keterampilan penting untuk pertumbuhannya—dan, harga terjangkau.


Dalam artikel ini, AlaCASA punya rekomendasi taman bermain indoor untuk anak di Jakarta yang bisa Anda dan Si Kecil kunjungi untuk bersenang-senang di akhir pekan. Simak!


1. Kidzania 


Berbicara mengenai rekomendasi taman bermain indoor di Jakarta, Kidzania adalah salah satu pilihan tempat terbaik untuk mengajak anak berakhir pekan. Di tempat ini, si kecil bisa bermain peran dan belajar tentang profesi-profesi yang ada di dunia. Ini termasuk dokter, pilot, polisi, guru, pembuat kue, pembawa berita, pemadam kebakaran, jurnalis, penyiar radio, dan masih banyak lagi. 


Mengajak anak ke Kidzania akan membantunya mengenal, belajar, merasakan, dan memiliki pengalaman layaknya pekerja di kehidupan nyata—tentunya, versi anak-anak. 


Nantinya, anak-anak akan diberikan uang Kidzania yang disebut KidZos, yang bisa digunakan untuk membeli barang-barang dan jasa. Dan di setiap profesi yang dijalani Si Kecil, ia bisa mendapatkan tambahan KidZos sebagai imbalan. 


Lokasi Kidzania Jakarta berada di Pacific Place Mall lantai 6, buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 19.00. Harga tiket one day pass anak Rp335.000 dan half day pass anak Rp295.000. Sementara harga tiket one day pass dewasa Rp285.000 dan half day pass dewasa Rp235.000. Untuk anak-anak usia dibawah 8 tahun wajib didampingi oleh orang dewasa. 


2. Kidzooona


Terletak di berbagai mal di Jakarta (dan luar Jakarta), Kidzooona adalah taman bermain anak di dalam ruangan lengkap yang terinspirasi dari playground di Jepang. Taman bermain indoor ini menawarkan berbagai zona bermain yang menghibur, mengedukasi, dan mendukung tumbuh kembang anak. Ada area bermain bola, bermain peran, water zone, toy corner, dan masih banyak lainnya. 


Harga tiket masuk Kidzooona berbeda-beda sesuai dengan lokasi cabang. Untuk Kidzooona Grand Indonesia—salah satu Kidzooona terbesar di Indonesia—harga tiket masuk one day pass Rp150.000 di weekday dan Rp200.000 di weekend. Harga tiket masuk untuk 1 jam Rp100.000 di weekday dan Rp130.000 di weekend. Harga tiket masuk untuk 2 jam Rp120.000 di weekday dan Rp160.000 di weekend. Harga tiket tersebut sudah termasuk 1 pendamping. Untuk pendamping tambahan dikenakan biaya Rp40.000 per orang. 


3. FunWorld


photo: funworld indonesia @funworld 


berlokasi di berbagai mal di jakarta, funworld menyediakan berbagai macam permainan dan aktivitas yang menarik untuk anak-anak. di sini, anak-anak bisa menikmati permainan arcade yang menyenangkan sekaligus bisa membantunya mengasah kemampuan problem solving, meningkatkan kecerdasan visual-spasial, meningkatkan koordinasi tubuh, dan memperkenalkan teknologi. selain itu, di tempat bermain keluarga ini juga disediakan permainan arcade dan wahana untuk dinikmati anak-anak yang lebih besar dan orang dewasa. jadi, anda dan si kakak yang sudah lebih dewasa juga bisa ikut bermain bersama!


beberapa lokasi funworld di jakarta yang bisa anda dan anak-anak kunjungi, antara lain: mall ciputra jakarta, central park, grand indonesia, pondok indah mall, puri indah mall, mall of indonesia, aeon jakarta garden city, dan mall taman anggrek. 


untuk menikmati permainan di funworld, anda perlu membeli kartu bermain, funcard, yang diisi dengan sejumlah saldo sesuai keinginan. 


4. kidzlandia


kidzlandia merupakan taman bermain anak di dalam ruangan yang populer dengan area ocean ball, wahana zigzag & transparent climbing, area sandpit, mini trampolin, area roleplay, dan wahana seluncuran. di tempat ini juga sering diadakan fun activity yang bisa membantu mengasah kreatifitas si kecil. taman bermain indoor ini menawarkan berbagai zona bermain yang menghibur, mengedukasi, sekaligus mendukung tumbuh kembang anak.


beberapa lokasi kidzlandia di jakarta yang bisa anda dan anak-anak kunjungi, yaitu di mall of indonesia, mall taman anggrek, pondok indah mall, puri indah mall, grand indonesia west mall, dan aeon mall jakarta garden city. 




harga tiket masuk kidzlandia bisa berbeda-beda sesuai dengan lokasi cabang. untuk kidzlandia mall of indonesia, harga tiket masuk one day pass rp180.000 di hari senin-jumat dan rp200.000 di hari sabtu-minggu. harga tiket masuk untuk 1 jam rp100.000 di hari senin-jumat dan rp120.000 di hari sabtu-minggu. harga tiket masuk untuk 2 jam rp140.000 di hari senin-jumat dan rp170.000 di hari sabtu-minggu. dan, untuk pendamping dikenakan rp20.000 per orang.


5. playtopia



playtopia, yang terletak di mal gandaria city, adalah taman bermain indoor yang terkenal dengan permainannya yang lengkap dan menarik. serta, memberikan pengalaman bermain dan belajar tanpa rasa khawatir bagi anak-anak dan orang tua.


di tempat ini, anak-anak bisa bermain trampolin, wall climbing, air coaster, ball pool, sand pool, playtopia splash, berseluncur ban, bermain peran (roleplay), dan outbond indoor. semua wahana bermain anak di playtopia dirancang untuk mendorong kreativitas, mengembangkan keterampilan motorik, dan interaksi sosial—yang pastinya menyenangkan untuk si kecil. 


selain di mal gandaria city, playtopia juga terdapat di lippo mall puri, pondok indah mall, lippo mall kemang, pluit village, dan lotte shopping avenue. harga tiket masuk playtopia bisa berbeda-beda sesuai dengan lokasi cabang. untuk playtopia mal gandaria city, harga tiket masuk untuk 2 jam rp150.000 di hari senin-kamis dan rp200.000 di hari jumat, sabtu, minggu, dan hari libur bersama. 


6. miniapolis


Photo: Miniapolis Playground @miniapolisplayground


Miniapolis merupakan taman bermain anak di dalam ruangan terlengkap yang berlokasi di Plaza Indonesia. Miniapolis memiliki banyak wahana menyenangkan dan aman yang semuanya baik untuk mendukung tumbuh kembang anak. 


Anak-anak bisa bersenang-senang sambil mengasah kreatifitas, meningkatkan kemampuan motorik halus dan kasar, meningkatkan daya imajinasi, dan mendukung perkembangan fisik. Wahana yang tersedia di tempat ini yaitu area giant ball pool, kolam pasir kinetik, area roleplay, area hideout, dan imaginarium. Miniapolis juga menyediakan baby area yang pastinya aman dan nyaman untuk anak-anak yang lebih kecil. 


Harga tiket masuk untuk 2 jam/per session Rp250.000 di weekday dan weekend. Itu belum termasuk harga tiket masuk pendamping yang dikenakan Rp30.000 per orang dan tiket masuk imaginarium Rp100.000 per session. 


7. Bounce Street Asia Trampoline


Untuk anak-anak yang lebih besar, Anda bisa mengajaknya bersenang-senang di akhir pekan di Bounce Street Asia Trampoline, yang merupakan trampoline park terbesar di Indonesia. Di tempat bermain indoor yang berlokasi di Kelapa Gading ini anak-anak bisa bermain trampolin, foam pit, spider tower, wall climbing, dan masih banyak lagi. 


Meskipun sederhana, ternyata bermain trampolin bisa bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi kesehatan dan jantung, memperkuat otot, meningkatkan sirkulasi oksigen untuk membantu menambah energi, dan tentunya baik untuk kesehatan mental. Tak usah khawatir, anak-anak yang lebih kecil tetap bisa ikut bermain, tapi dengan pengawasan ketat, ya!


Untuk harga tiket masuk dikenakan Rp150.000 per orang di weekday dan Rp175.000 per orang di weekend. 



Itulah beberapa taman bermain indoor di Jakarta yang menawarkan kesenangan dan mendukung tumbuh kembang anak untuk berakhir pekan bersama Si Kecil. Sebelum mengunjungi taman bermain indoor di mana pun, ada baiknya untuk memeriksa situs web atau sosial media resmi untuk memastikan jam operasional, harga tiket masuk, wahana yang tersedia, dan keamanan wahana. Mengajak anak bermain di taman bermain anak di dalam ruangan di Jakarta ini pasti akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan dan menyenangkan untuk Si Kecil!