Keindahan teater tak hanya dinilai dari segi sejarah ataupun seberapa besar gedung tersebut. Beberapa teater di dunia ada yang sudah dibangun sejak berabad-abad silam dan ada juga yang kurang dari satu dekade.

Begitupun rancangan bangunan ada yang bergaya mewah, memiliki ornamen abad ke-19, dan dibuat terlihat modern. Meskipun beberapa teater dianggap lebih mecolok dari yang lainnya karena memiliki desain yang unik, inovatif, dan terlihat memukau. Berikut 8 teater yang paling Indah di dunia:


1. Harbin Grand Theater (Harbin, Tiongkok)



(fotografi: adam mark)


bangunan yang dirancang oleh mad architects dan secara resmi dibuka pada tahun 2015. ruangan teater ini dilengkapi dengan berbagai jenis tempat, seperti teater besar, kecil, dan beberapa ruang khusus latihan. teater dengan lengkungan halus di bagian atas ini membuatnya terlihat futuristik.



(Fotografi: Hufton+Crow)


2. Walt Disney Concert Hall (Los Angeles, California)



(Fotografi: Philipp Rummele)


Walt Disney Concert Hall merupakan rumah dari Los Angeles Philharmonic. Gedung teater ini dirancang oleh Frank Gehry dan diresmikan pada tahun 2003. Struktur bangunan yang luas dengan gaya arsitektur dekonstruktivisme, bangunan ini dianggap menjadi tempat pertunjukan akustik paling modern di dunia.



(fotografi: los angeles philharmonic association)


3. palau de la música catalana (barcelona, spanyol)


(Fotografi: Fikri Rasyid)


Teater ini terletak di Barcelona, Palau de la Música Catalana menonjolkan desain Catalan Art Nouveau. Bangunan ini dirancang oleh Lluís Domènech i Montaner, tujuan awalnya difungsikan untuk paduan suara, Orfeó Català. Teater megah ini dinyatakan sebagai situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1997.





4. Sydney Opera House (Sydney, Australia)



(Fotografi: Jorn Utzon)


Sebagian orang dengan cepat mengenali desain teater yang satu ini, Sydney Opera House. Atap dari teater yang berbentuk seperti layar dari kejauhan akan terlihat membelah lautan. Desain dari bangunan ini dianggap sebagai mahakarya kontemporer. Teater yang dirancang oleh arsitek Denmark Jørn Utzon, memiliki serangkaian sejarah pembuatan yang dramatis.





5. Teatro di San Carlo (Naples, Italia)


(Fotografi: Vlah Dumitru)


Salah satu teater bersejarah di dunia, Teatro di San Carlo di Italia ini dibangun saat pemerintahan Bourbon King Charles VII dari Naples pada tahun 1773. Bangunan opera tertua hasil karya arsitek Giovanni Medrano ini hingga sekarang masih aktif digunakan.


6. The Vienna State Opera (Vienna, Austria)




(Fotografi: Pedro Menezes)


Bangunan teater ini memiliki nilai sejarah yang kental. Sebab, menjadi saksi kebangkitan renaisans yang dirancang oleh arsitek August Sicard von Sicardsburg dan Eduard van der Nüll. Teater ini selesai dibangun pada tahun 1869 menjadi bangunan pertama yang ada di Bulevar di sekeliling distrik Innere Stadt. Pada peresmiannya Kaisar Franz Joseph I dan Permaisuri Elisabeth dari Austria hadir.


(Fotografi: Miguel Alcântara)


7. Opéra Garnier (Paris, Prancis)



(fotografi: caleb maxwell)


gedung teater yang dibangung dibawah kekuasaan kaisar napoleon iii, dikenal juga dengan nama the palais garnier. bangunan yang dirancang oleh charles garnier, gaya dari arsitektur bangunan ini sesuai dengan keinginan napoleon iii dengan tambahan ornamen dan elemen gaya arsitektur baroque palladio renaissance. fasadnya menampilkan koleksi pahatan dengan tema harmoni, musik instrumental, dan tarian. terdapat pula patung kontemporer terkenal, seperti beethoven, mozart, dan rossini.


(fotografi: mana5280)


8.  lobero theatre (santa barbara, california)



(fotografi: lobero)


pada bulan februari 2023, teater yang terletak di santa barbara ini merayakan hari jadi ke-150 tahunnya. dirancang oleh arsitek terkenal asal california, george washington smith bekerja sama dengan lutah maria riggs. dibuat dengan keindahan gaya kontemporer spanyol, kini menjadi identitas kota.





Sumber foto: archdaily.com
Penulis oleh: Rafi Fadillah